Hay!!!
Sebelum lanjut ke cerita, aku mau kenalin diri dulu.
Namaku Aisyah Nisrina, u can call me Aisyah. Aku salah satu mahasiswi di salah satu perguruan tinggi yang cukup terkenal di pulau Jawa dan mengambil jurusan Sains Informasi Geografi.
Okey lanjut..Menjadi seorang maba yang baru menempuh perkuliahan selama 2 semester sudah cukup banyak memiliki beberapa laporan dan praktikum.
Survey Terestris, ya! Salah satu mata kuliah kami yang memiliki praktikum yang cukup sulit, membaca alat, menghitung ketinggian tanah, dan menggambar sketsa peta. Cukup sulit bukan?Sabtu, 07:30 dinihari kami dikumpul di halaman tepat samping lab tranport.
Dengan wajah yang masih bearface sebab kali pertama kami masuk kelas pagi, apalagi hari sabtu, yang harusnya waktu libur:)
Perkenalan alat dilakukan oleh beberapa asisten dosen (asdos) yaitu kakak tingkat kami sendiri yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut.
Setelah perkenalan alat selesai, kami langsung diarahkan ke lokasi-lokasi praktikum yang terdiri dari 14 praktikan dan 2 asdos untuk tiap kelompoknya.
Dengan beberapa alat yang kami bawa, seperti theodolite, payung, meteran, patok, alat tulis dan rambu ukur.
"Sampailah di lokasi praktikum!" Ujar salah satu asdos kami, Kak Nisa namanya.
Sembari melihat-lihat lokasi, kami ber-14 langsung membagi tugas.
Ohiya! Ber-14 yaitu, aku, revi,sinta,adam,aji,rio,yaya,dimas,yayat,wanda,aul,ray,adit,dan bima.
Mulailah kami membagi tugas.
"Siapa yang mau jadi umbrella girl? Hahaha" Tanyaku dengan suara lantang.
"A,,aku, aku aja deh soalnya aku gatau ngebaca alat gituan hihi" jawab yaya.
Dari kejauhan bima berteriak "Heh emangnya waktu pengenalan alat kamu ngapain aja!!!"
"Paling cuma ngeliatin asdos yg ngejelasin aja itu hahaha". Jawab adam dengan mengejek.
"Sstt, sudahsudahh, buruan kita praktik, udah keburu siang ini" ujar Rio.
"Kak, pembacaannya sudah selesai nih, trus apalagi kak?" Tanya Aji dengan nada ngos-ngosan.
"Oh yasudah, untuk alat theodolite nya hari ini sudah selesai yaa." Jawab kak Nisa.
"Ohiya, satu persatu gambar poligon hasil praktikum kalian tadi, dan akan saya berikan beberapa pertanyaan!" Seruan asdos lainnya yaitu Kak Haykal.
Jlepp!! Seketika kita ber-14 saling tatap-tatapan memberi kode seakan ada yang tidak beres:)
"Sekarang!!"tegas kak Haykal.
"Baik kak!!" Jawab kami serentak
Seketika kami langsung membentuk kerumunan di halaman parkir dekat dengan tempat praktikum kami untuk menggambar dan mempelajari kembali hasil praktikum selama di lapangan tadi.
"Pensil oyy, siapa yang punya pensil lebih?" Tanya sinta dengan buru-buru.
"Ini nih, awas ya jangan sampe ilang. Cape tau nyolong hehe" Jawab yayat dengan candaan.
"Heleh, pensil hasil nyolong aja bangga" ujar Sinta.
"Kalo sering-sering berantem biasanya jodoh sih, ya kan guys? Hahaha" ejek Wanda dan beberapa lainnya.
Beberapa menit kemudian, mulailah satu persatu dari kami menghadap kak Haykal untuk memperlihatkan sembari menjawab beberapa pertanyaan darinya.
Waktu menunjukkan pukul 17:30 dinihari.
"Oke, hari ini kita sudahi dulu ya, ingat! Besok datang lebih awal lagi, jangan ada yang lambat! Oke? Besok kita perkenalan alat waterpass!". Perintah Kak Nisa asdos kami.
"Siap kak, terimakasih kak!!" Jawab kami serentak.
"Kembali ke lokasi awal, jangan sampai ada yang tertinggal!! Ujar Kak Haykal jutek.Seluruh praktikan dari masing-masing kelompok terlihat sudah selesai dan berkumpul ke lokasi awal untuk mengabsen dan mengembalikan alat.
Setelah itu, kami pulang ke rumah masing-masing.
KAMU SEDANG MEMBACA
Asdos dan Praktikan
RomansaWarning!! "Apabila ada kesalahan penulisan, mohon dimengerti:)"