Aku ya Aku

8 0 0
                                    

Pernah nggak sih dibanding-bandingun sama orang lain bahkan sama keluarga sendiri?
Aku sih pernah, bahkan sering. Nggak tau juga kenapa divanding-bandingin sama yang lebih dari aku. Mungkin mereka bandingin dengan harapan aku bisa seperti yang jadi pembanding ku, bisa sama-sama baik.

Tapi terkadang aku juga berpikir, kenapa kalau ingin lebih baik harus dibandingin? Nggak bisa dinasehati aja?
Sering aku berpikir seperti itu saat keluargaku membandingkan ku dengan orang lain.
Aaku memang manusia biasa yang banyak kurangnya, banyak jelek nya, banyak ngeluhnya dan kurang bersyukurnya.
Aku juga tau aku tidak bisa apa-apa, mungkin cuma bisa jadi beban aja.

Tapi
Bukan berarti mereka bisa menyalahkanku dan membandingkanku dengan kamu atau dengan orang lain. Mereka tidak punya hak untuk itu. Sering aku berpikir tentang hal apapun yang akan atau sudah kulakukan.
Kalau aku mau ini baik nggak ya? Bakal dibandingin nggak ya? Yang aku lakukan tadi jahat nggak ya?

Sering kali penyesalan datang, aku terlalu banyak berpikir kalau yang sudah aku lakukan itu ternyata tidak baik menurut mereka, padahal menurutku baik. Mungkin itu akibat dari sering banyaknya aku dibandingkan. Lebih mendengarkan omongan dan pandangan orang lain terhdap perilaku yang kulakukan.
Aku juga sering ragu untuk mencoba hal baru, hanya karena takut pandangan orang lain terhadap perbuatanku.

Jadi tolong, anggap Aku ya memang Aku
Terima aku yang sebagaimana aku
Jika memang ada yang harus diperbaiki maka bilang dan tegur
Jangan bandingkan aku, karena bisa jadi itu membuat mentalku jatuh
Berpikir bahwa aku memang harus seperti dia, sempurna
Padahal setiap orang punya sempurna versi mereka sendiri
Setiap orang punya manfaat nya sendiri-sendiri
Seperti adanya langit, pohon dan hujan. Mereka memang berbeda, tetapi mereka saling melengkapi dan memberi berkah yang luar biasa

Setiap orang punya bahagianya sendiri
Jangan buat orang lain yang dibandingkan membuat topeng yang tebal hanya karena ingin jadi sempurna
Tolong terima dan syukuri adanya Aku
Karena Aku sudah menjadi terbaik dengan diriku sendiri
Tanpa topeng dan kepura-puraan.

------------------

Apa kabar hari ini? Semoga masih semangat dan percaya diri ya, kamu sudah terbaik versi kamu kok. Jadi lebih baik aja ya, jangan jadi orang lain yang memang lebih baik.
Semangatt

Semoga cerita yang aku tulis ini bermanfaat ya,,,

-23 November 2021-

cerita kehidupanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang