A. Pengertian Skizofrenia
Apa sih, skizofrenia itu?
Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan kronis ketika pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan dalam berpikir, dan perubahan sikap. Umumnya, pengidap skizofrenia mengalami gejala , yaitu kesulitan membedakan antara kenyataan dengan pikiran pada diri sendiri.
Hal ini yang membuat skizofrenia disamakan dengan psikosis, padahal keduanya ternyata berbeda. Psikosis hanya salah satu gejala dari beberapa jenis gangguan mental, termasuk skizofrenia.
Seseorang yang mengalaminya tidak dapat membedakan antara realita dan khayalan. Seperti yang sudah disebutkan diatas, skizofrenia dapat menyebabkan halusinasi, delusi, dan gangguan berpikir yang menyebabkan kelainan perilaku dan berbicara. Pengidapnya berpotensi untuk kehilangan fungsinya sebagai manusia secara utuh akibat gangguan berpikir dan motorik.
Seorang penderita skizofrenia memerlukan perawatan seumur hidup. Apabila penanganan dapat dilakukan lebih awal, gejala-gejala skizofrenia dapat dikendalikan, sehingga dapat mengurangi tingkat keparahan jangka panjang.
B. Gejala Skizofrenia
Apa saja sih, gejala-gejalanya?
Pengidap skizofrenia mempunyai masalah dalam mengendalikan emosi, pikiran, dan perilakunya. Tanda-tanda dan gejala skizofrenia bermacam-macam, namun biasanya skizofrenia memiliki gejala berupa delusi, halusinasi, dan berkata-kata dengan tidak wajar.
a. Delusi
Delusi adalah kondisi dimana seseorang merasa atau meyakini sesuatu yang bukan kenyataan terjadi. Misalnya, merasa memiliki kemampuan terbang padahal tidak, merasa dipukul atau disakiti secara fisik oleh orang lain padahal tidak, merasa sedang menggendong seorang anak padahal tidak ada yang digendong, dan lain sebagainya.
b. Halusinasi
Halusinasi adalah mendengar dan melihat sesuatu yang tidak nyata. Orang yang menderita skizofrenia dapat melihat dan mendengar hal-hal ini seperti orang normal.
c. Kelainan Berpikir dan Berbicara
Skizofrenia akan menyebabkan seseorang kesulitan untuk berkomunikasi. Hal ini dikarenakan gangguan pada proses berpikir yang dialaminya. Seorang pasien skizofrenia umumnya memiliki gangguan bicara sehingga sulit dimengerti oleh orang lain.d. Perilaku Abnormal
Gejala lainnya dari skizofrenia adalah bertindak dan berfungsi tidak normal secara fisik atau motorik. Seperti tidak memiliki respon terhadap panggilan sama sekali, memiliki ekspresi wajah dan postur tubuh yang tidak wajar, dan seakan tidak memiliki emosi.Tanda dan gejala skizofrenia akan berbeda-beda tergantung dari tingkat keparahan skizofrenia yang dialami. Skizofrenia pada laki-laki umumnya mulai muncul pada sekitar usia 20-an, dimana skizofrenia pada wanita muncul saat memasuki usia 30 tahun. Kasus skizofrenia pada seseorang yang berusia 45 tahun ke atas sangat jarang terjadi.
Yang perlu kalian ketahui, skizofrenia terbagi menjadi dua kategori, yaitu positif dan negatif.
1. Gejala Negatif
Gejala skizofrenia negatif muncul ketika sifat dan kemampuan yang dimiliki orang normal, seperti konsentrasi, pola tidur normal, dan motivasi hidup menghilang.Umumnya, gejala tersebut ditambah dengan ketidakmauan seseorang bersosialisasi dan merasa tidak nyaman saat bersama orang lain. Ciri-ciri orang yang mengidap gejala skizofrenia negatif, yaitu terlihat apatis dan buruk secara emosi, tidak peduli terhadap penampilan diri sendiri, dan menarik diri dari pergaulan.
2. Gejala Positif
Sementara itu, gejala positif dari skizofrenia biasanya berupa delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan adanya perubahan pada perilaku.
KAMU SEDANG MEMBACA
Lost || Haikyuu X Reader
أدب الهواة• one shoot • {BAHASA INDONESIA} [Sensitive content - 16+ allowed] "Don't cry infront of them, please just fight back the tears. Please, just don't let them see me cry." • • • An absurd fanfiction written by Vyaschelav 🍵 • • • || WARNING ! || • Mor...