ABO UNIVERSE

3.2K 203 22
                                    

Hallo...

Siapa di sini yang suka baca manga/manhwa/manhua omegavers?

Angkat tangan! 🤚

Kalau kalian udah senior, udah lama baca genre ini saya yakin kalian paham tentang seluk beluk dunia ABO (Alpha Beta Omega)

Kenapa saya kasih penjelasan lagi?

Karena mungkin beberapa pembaca masih baru dan ngga terlalu paham dengan detail omegavers di setiap cerita tulis atau bergambar.

Silahkan BACA sampai HABIS ya. Karena saya akan bahas tentang versi saya sendiri. Biar kalian ngga bingung nih. 🙂

1. ABO (ALPHA BETA OMEGA)

Pada beberapa cerita terkenal, ABO disebutkan termasuk dalam GENDER.

a) Alpha : gender paling kuat dan mendominasi dari segala aspek: otak cerdas, fisiknya jauh lebih mudah berkembang dan kuat dari BO

b) Beta : Manusia tanpa feromon dan tidak bisa merasakan feromon dari AO. Atau lebih gampang, manusia yang biasa-biasa saja.

c) Omega : gender paling lemah: masa otot tidak sekuat AB, keibuan, dan lemah lembut. Dalam sosial budaya, omega seperti sama perannya dengan wanita.

SEMUA SIFAT ABO BUKAN MUTLAK.

MANUSIA PADA DASARNYA MEMILIKI KEHENDAK ATAS HIDUPNYA SENDIRI. APAKAH DIA MAU MENJADI KUAT ATAU LEMAH, TERGANTUNG POLA PIKIRNYA.

* ALPHA TAK SELALU MENDOMINASI, BISA JADI LEMAH DAN BURUK DALAM BEBERAPA ASPEK.

* BETA BISA BERPERAN SEBAGAI ALPHA ATAU OMEGA DI LINGKUNGAN SOSIAL  MASYARAKAT.

* OMEGA BISA MENJADI PEMIMPIN DAN MENDOMINASI, TAK SELALU JADI IBU RUMAH TANGGA.

Udah kaya pelajaran aja :v

———

2. TINGKATAN ABO

a) Dominan: berarti gen ABO mendominasi (90% - 100%). Contoh, alpha dominan artinya gen dalam tubuhnya dominan alpha. Omega dominan artinya gen dalam tubuhnya didominasi omega. Sehingga penjelasan sifat pada nomor 1 di atas menjadi lebih menonjol.

b) Resesif: gen ABO bercampur, *Alpha resesif artinya gen alpha dalam tubuhnya hanya 70% - 89%.
*Beta resesif artinya ada gen AO dalam tubuhnya, sehingga rawan terjadi perubahan gender.
*Omega resesif artinya ada gen beta lebih dari 45%. Sehingga agak sulit dibuahi oleh alpha.

———

3. FEROMON

Aturan ini HANYA ada di cerita SAYA.
*Tidak ada tawar-menawar.
*Sifatnya paten.

–——

A. JENIS FEROMON

1) Tymominus : keluar saat marah. Sifatnya menindas dan beracun pada AO.

2) Sanplus : keluar saat senang atau dalam keadaan normal. Feromon sanplus beraroma samar dan tidak berpengaruh terhadap orang lain. 
Tapi ABO bisa tahu suasana hati dari pihak yang mengeluarkan feromon sanplus.

3) Seks : keluar saat terangsang, rut dan heat (istilah periode masa kawin AO). Sifatnya seperti afrodisiak, merangsang orang, dan bisa menaikkan gairah seksual.

*Feromon itu aroma tubuh yang keluar dari kelenjar di leher. Aromanya macam-macam, seperti yang kalian tahu, ada yang aroma tumbuhan, buah dan lain sebagainya.

*Aroma tiga jenis feromon sama. Efeknya yang berbeda.

*Analoginya gini, kamu pakai parfum aroma bunga.
Dalam keadaan normal, itu terasa biasa saja dan membuat orang nyaman (feromon sanplus)
Kalau kalian pakai saat dengan suami, wanginya akan membangkitkan gairah dan meningkatkan mood seksual (feromon Seks)
Lalu saat kalian menggunakan parfum itu secara berlebihan, efeknya akan buruk, menyengat di hidung, bikin mual dan pusing  (feromon tymominus).

*Efek tiga feromon berkali lipat lebih peka dirasakan oleh pasangan fated pair.

4. FATED PAIR

Ada tiga cara mengenali fated pair:

a. Aroma feromon
Dalam kasus MODUS, Naruto langsung tes kecocokan feromon dengan Sasuke. Dan hasilnya memang sesuai. Kalau mereka bukan fated pair, Sasuke tidak akan banyak bereaksi kalau Naruto mengeluarkan feromonnya.
Contoh, feromon tymominus akan menakuti orang lain saat keluar. Tapi Sasuke tidak takut, dia justru meluk Naruto.

b. Link
Ini semacam bisikan dari hati, kayak ilham dari tuhan, 'dia mate mu.' Tapi ini jarang terjadi, karena link itu bentuk perkenalan generasi leluhur ABO: WEREWOLF.

Kalau kalian pernah baca novel werewolf. Ada ALPHA yang punya pasangan LUNA. Mereka punya serigala dalan diri mereka sehingga ketika ketemu mate, itu bisa langsung dikenali.

Karena ini versi modern, link sudah tidak ada dan hampir punah. Karena memang tidak ada werewolf.

c. Feeling

Feeling ini ada banyak jalurnya, bisa jadi ketika salipan sekilas, pasangan itu bisa langsung tahu kalau mereka mate, "oh waw, dia mate ku", atau ada juga kalau sudah bersentuhan baru tahu. Macam-macam.

———

APAKAH FATED PAIR/MATE/SOULMATE TIDAK BISA MERASAKAN APA YANG TERJADI PADA PASANGANNYA?

Pada versi saya, tidak ada semacam firasat tajam, "perasaanku tidak enak. Jangan-jangan terjadi sesuatu pada kekasihku."

Di versi modern lebih ke firasat tidak pasti. Perasaannya memang tidak enak, tapi dia ngga bisa langsung tahu apa penyebabnya dan cuma bisa menebak-nebak secara kasar.

Simpelnya, walau fated pair, firasat terhadap pasangan tidak ada.

Karena ini versi saya, jadi mungkin berbeda dengan versi penulis lain.

POKOKNYA DASAR OMEGAVERS INI CUMA ADA TIGA.

ABO, RUT/HEAT DAN FEROMON.

DETAIL LAIN TERGANTUNG PADA SELERA PENULIS.

KALAU ADA YANG MAU DITANYAKAN, SILAHKAN 😁

MODUS Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang