Sore hari bersama pisang goreng dan kopi kapalfire

117 19 2
                                    

"Ya gitu bang, sifat orang itu bisa berubah kapan saja"

Itu suara mas Jamal yang lagi ngasih wejangan ke Jaewoo di teras rumah. Niatnya, Zaina sama mama mau nyamperin abis goreng pisangnya selesai. Woojae? Woojae lagi main bareng Odin, anaknya bang Johnny, padhal bang John udah namain anaknya dengan nama yang ditata sedemikian rupa menjadi "Haikal Richardson" tapi Woojae lebih milih buat manggil "Odin".

"Gorengannya... Dua ribu dapet tiga... " Perbincangan antara papa sama abang terjeda sama mama yang dateng dari dalam sambil bawa sepiring pisang goreng dan Zaina di belakangnya ngebuntutin.

"Nahhh. Pas banget kan ngumpul ngumpul gini sambil makan pisang goreng. Ini kalo.. Sambil ngopi lengkap sih" Kata papa.

"Bilang aja minta dibikinin kopi"

"Tuh kan, kalo mama mah beda. Peka eehe. Sekalian lah, biar rada pinter. Kayak biasanya ya takarannya"

"Kan udh ditakar dari sananya. Kopi Kapalfire. Diaduk gk?

"Nggak deh"

"Wokee"

Akhirnya mama mau nggak mau musti balik lagi ke dapur buat bikin kopi.

"Abang mukanya memprihatinkan" Kata Zaina, pas setelah mama masuk.

"Ganteng ganteng gini masa memprihatinkan sih" Biasalah, Jaewoo narsisnya nggak ilang-ilang.

"Eheu. Sini Zaina duduk deket papa" Zaina nyamperin papa terus duduk di sebelahnya.

Sekitar 2 menitan berlalu, finally mama selesai buat kopinya. Setelahnya mama ikut duduk di samping papa. Kebetulan Woojae pulang liat orang rumah pada kumpul, tanpa banyak tanya dia langsung duduk di deket abang.

"Orang tua itu bukannya pilih kasih. Tapi emang kadang setiap anak kan beda. Cara memperlakukannya pun beda. Ya.. Sesuai takaran lah" Kata papa.

"Kalo papa sama mama mungkin nggak akan memperlakukan kalian dengan sama. Walupun kalian ini sama-sama anak mama sama papa tapi kan karakternya beda-beda, kebutuhannya beda-beda. Iya nggak?"
Anak-anak cuma manggut-manggut paham.

"Gini bang, dulu mama pernah dengerin wejangan begini juga dari  kakek kalian. Katanya, anak pertama itu cenderung manja, anak tengah yang biasanya mandiri, anak bungsu ya... Sebenernya mandiri juga, tapi biasanya nggak mau dirangkul jadi kadang orang tua itu khawatir. Nah.. Anak bungsu biasanya emang lebih diperhatikan dari abangnya kalo dipikir-pikir ya?"- Mama

"Iya. Kenapa ya ma? Mama sama papa juga begitu, kadang" Woojae setuju sih sama apa yang dibilang mama, kebanyakan anak bungsu yang pernah ia temui pasti lebih diperhatikan sama orang tuanya ketimbang kakak kakaknya.

"Yaaa.. Gimana ya. Gini loh mas. Kebanyakan orang tua kan nggak bisa nganterin anak yang bungsu. Nganterin gimana maksudnya? Mengantar, membawa sampai jenjang pernikahan  Jadi mungkin kadang orang tua itu lebih memperhatikan anak bungsunya. Bukan apa apa. Cuma khawatir nggak bisa nganterin aja.. Tapi, sebisa mungkin nggak membedakan juga, semua anak berhak diperlakukan dengan adil. Gimana? Ya dengan memperlakukannya sesuai takaran. Ada yang tau pengertian dari adil?"- Mama

"Menempatkan sesuatu pada tempatnya"-Woojae

"Nah itu. Jadi kadang kalo abang dapet seratus ribu, Zaina nggak bakal dapet jatah yang sama, karena kebutuhannya juga sudah jelas berbeda, iya toh? Ukuran bajunya aja udah beda. Otomatis jatah abang sama mas lebih besar dari Zaina. Kalo dapet jatah sama ya namanya bukan adil, tapi sama rata"- Papa

"Tapi gini loh pa, kadang Jaewoo tuh sering banget mikir begini 'Aku jadi anak kok yo kayk nggak berguna banget'. Biasanya klo hari libur, bangun tidur, Woojae udah beres-beres aja bantuin mama, Zaina juga, lah abang? Bangun siang, papa udah pergi dines, rumah udah bersih, kok abang kayak plonga plongo ngopi kayak nyantai banget, kaya nggak punya tujuan gitu loh. Di sekolah? Abang tau abang nggak sepinter Zaina sama Woojae, kerjaannya juga tidur di kelas" Woojae sama Zaina yang denger abang bilang gitu diem-diem nggak setuju, karena biarpun abang begitu tapi abang ahli di beberapa bidang, mungkin kurang di mata pelajaran. Tapi di luar itu, abang bisa melakukan banyak hal yang Woojae sendiri mengaku belum tentu bisa melakukannya.

Jamal FamilyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang