Sebentar lagi udah mau lebaran saja . Makin ke sini anak-anak makin susah dibangunin, apalagi Jaewoo. Nggak cukup dibangunin satu sampai tiga kali. Dia bakal bangun kalo ada suara dari masjid setempat "Jam empat tepat. Saudara muslimin muslimat, jam empat tepat. Sing durung bangun monggo bangun, bangun. Sahurrrrrrr!" Itupun terpaksa bangunnya.
Kayak hari ini aja, Zaina sama papa udah selesai sahur, sekarang lagi duduk di teras. Woojae bentar lagi juga selesai makan bareng mama. Jaewoo masih nungging nungging di atas kasurnya, ngumpulin nyawa yang pada akhirnya nggak ngumpul sepenuhnya.
Selesai makan, mama nyamperin ke kamar, ini udah ke 4 kalinya mama bolak balik ke kamar si kembar.
"Bang, udah jam empat loh. Bangun bangun, mau sahur nggak?"
"Heem..."
"Jangan heem heem tok. Mbok ya bangun gitu loh. Bentar lagi imsak, mama mau ke teras depan. Cepet bangun"
"Iya iyaaa"
Dari yang tadinya nungging, sekarang duduk. Matanya masih ketutup sih. Sampe sekitar satu menit, Jaewoo beranjak ke kamar mandi buat cuci muka, setelahnya minum air putih sebelum nyari-nyari sesuatu yang bisa di makan sama dia. Sebenernya udah ada nasi di piring sama lauk-lauknya sih. Tadi mama yang nyiapin, tapi Jaewoo lagi nggak begitu mood makan nasi. So, dia pergi ke dapur buat bikin susu.
"Minum susu aja lah, nanti minum air putih agak banyakan. Biar nggak capek ngunyah, paling habis ini kembung" katanya yang males ngunyah.
"Mama udah nyiapin nasi buat Abang loh..." Suara Woojae yang tau-tau udah di belakang Jaewoo.
"Ehehe" Jaewoo cuma berhehe ria setelah susu digelasnya habis.
"Ish ish ishh..."
"Mau gimana lagi? Perut sama mulut menolak hehe. Eh ke depan kuy" Sementara Woojae geleng-geleng kepala karena kelakuan abangnya, Jaewoo mengambil air putih segelas penuh buat dibawa ke teras. Niatnya nanti biar kalo imsak bisa langsung minum.
Sementara itu...
"Pa, pengen berhenti aja deh jadi osis" Kata Zaina pagi itu.
"Loh.. Kenapa?" Tanya Pak Jamal setelah rampung menyeruput kopinya.
"Capek loh, Pa... Dari kemarin banyak banget kegiatan, nanti aja harus berangkat pagi banget buat kumpulan, besok habis libur lebaran bakal ada acara lagi di sekolah" Keluhnya, mama cuma dengerin aja, si kembar yang baru dateng juga cuma duduk. Jaewoo yang tadinya mau ngerusuh, mengurungkan niat.
"Namanya juga osis..."
"Yaa... Tapi gimana ya? Capek... Pengen berhenti aja.."
"Semangat dong. Dulu siapa coba yang bilang sama Papa pengen jadi osis? Jadi osis itu keinginan Zaina sendiri atau keinginan orang lain? Hm? Siapa yang milih buat jadi osis di sekolah?"
"Zaina.."
"Nah kan. Zaina pernah denger istilah berani berbuat berani bertanggung jawab nggak?" Tanya papa, Zaina cuma ngangguk, yang lain masih khusyuk mengamati keduanya.
"Itu juga hampir sama. Zaina sudah memutuskan buat jadi osis, jadi Zaina harus bertanggung jawab sama keputusan itu."
"Tapi Pa.."
"Capek?" Sambung mama, Zaina ngangguk.
"Itu sudah jadi konsekuensinya toh? Nggak pa-pa. Jalani aja dulu, kalo capek nanti Zaina kan bisa istirahat biarpun sebentar"
"Dulu aja gegayaan pengen ikut jadi Dewan Ambalan juga. Coba kalo jadi, gimana tuh?" -Jaewoo
"Berisik deh!"- Zaina
"Ssuuuutttt..."- Papa
"Nanggung kalo berhenti Za. Udah mau kelas tiga kan? Semester selanjutnya kamu udah kelas tiga. Sabarin aja dulu sampe nanti jabatanmu diganti sama adek kelasmu. Dan nanti, pas masuk SMA eh nggak, nanti habis ini, kalo Zaina mau memutuskan sesuatu, coba pikirkan dulu kedepannya tentang keputusan itu. Kayak... Gimana ya nanti kalo aku pilih ini? Gimana ya kalo aku pilih itu? Kira-kira bisa nggak ya aku bertanggung jawab atas keputusan itu? Jadi nggak nyesel nanti kalo udah di tengah jalan. Tapi yang namanya capek pasti bisa dateng kapan aja dan di mana aja. Kalo udah dapet capek, usahakan jangan sampe kamu kepikiran buat berhenti, ngeluh aja lagi nggak pa-pa, tapi jangan dibiasakan. Nggak baik soalnya" Kata Woojae. Jaewoo yang di sampingnya menatap Woojae dengan tatapan tidak percaya. Pasalnya, jarang-jarang Woojae ngomong sepanjang itu. Sampe Woojae berhenti ngomong pun, abang nggak berhenti liatin Woojae.
"Boleh juga nih, Mas Woojae"- Papa.
"Ya udah... Yang semangat dong pada sekolahnya, nggak perlu jadi yang nomor satu di sekolah, cukup belajar aja yang bener dan jangan terlalu keras sama diri sendiri. Sebentar lagi udah pada dewasa, iya kan? Jadi, belajar buat ngambil keputusan yang tepat dan bisa mempertanggung jawabkannya, okay?"- Mama
"Iya Ma" Jawab ketiga anaknya serempak.
Setelahnya, suara pak Samsudin kedengaran cukup lantang menyuarakan "Jam empat duapuluh dua menit. Imsaaaaaaaak! Imsaaakk!"
Jaewoo bergegas meminum air yang ia bawa tadi.
Bersiap untuk shalat subuh. Seperti hari-hari biasanya, mereka selalu shalat berjamaah di rumah. Terbilang jarang pergi ke masjid untuk ikut shalat berjamaah di sana. Tapi kalau teraweh, anak-anak suka ke masjid, mama sama papa shalat di rumah.
Rutinitas setelah shalat subuh yang berbeda-beda. Papa biasanya dzikir dulu agak lama, mama sih seperti biasanya ngaji, Zaina nongkrong di depan TV, Woojae... Kadang-kadang ngaji sih tapi pagi ini dia pergi ke luar buat lihat tanaman baru yang dia tanam kemarin. Fyi, Woojae akhir-akhir ini lagi tertarik sama tanaman, enak aja dilihat katanya, nah kemarin itu dia coba buat nanam sukulen, baru dua sih. Nah bang Jaewoo, seperti biasa dia langsung tidur.
____
Ehehe
To be continue......
Semangat puasanya~ bagi yang menjalankan.
Have a nice day, Yeoreobun!
Ambil positifnya, buang negatifnya 🙆
KAMU SEDANG MEMBACA
Jamal Family
RandomCerita seputar keseharian Bapak Jamal dan keluarga. PUT YOUR IMAGINATION ❗Baca bila ada waktu, jika tidak ada waktu... Bacanya kapan-kapan. ❗Selama membaca cerita ini, tolong ambil positifnya, buang negatifnya ❗Cerita ini dibuat semata-mata hanya...