Sudah hari minggu lagi.
Kemarin malam papa sempet ngajakin piknik, tapi kata mama begini "Musim hujan mas.. Kurang enak buat piknik"
Jadi mau nggak mau dipending pikniknya. Lagipun anak-anak katanya pengen nikmatin hari libur di rumah, capek keluar mulu katanya.Pagi menuju siang, sehabis sarapan mama mutusin buat beres-beres gudang. Risih katanya, banyak debu-debu yang tinggal. Padahal kan kebanyakan gudang emang begitu ma. Sekalian siapa tau nanti nemu barang yang sekiranya udah nggak kepake lagi bisa diblacklist dari gudang biar nggak penuh-penuh banget.
Nah kalo udah gini, biasanya anak-anak semangat buat bantuin, soalnya kalo beres-beres begini pasti nanti nemu sesuatu, kayak.. Barang-barang mama sama papa dulu mungkin, atau mainan-mainan mereka pas masih kecil yang udah lama nggak buat mainan. Nostalgia ahaha.Zaina bawa senjata kemoceng, mama bawa sapu, si kembar tangan kosong!
Sudah siap."Mulai dari mana dulu ini ya?"- Zaina
"Pilihin barang-barang yang udah nggak kepake dulu aja, nanti taruh luar, baru nanti mulai sapu-sapu dan sebagainya. Tapi sapu dulu lantainya deng, biar nanti pas bolak-balik rada enak diinjek lantainya."- Mama
"Za, sapu Za" Kata Jaewoo sambil mainin handphonenya. Rada bikin kesel sih, tapi Zaina lagi nggak pengen ngamok ngamok dulu.
"Iya...." Zaina pasrah.
Kebiasaan di rumah ini. Kalo mau bersih-bersih rumah apalagi bareng bareng gini pasti harus putar musik.
Biasanya yang punya bagian putar musik itu Jaewoo.Papa yang denger rame-rame di gudang langsung nyamperin.
"Weh! Nggak ngajak-ngajak nih" kata papa."Orang tadi Papanya lagi tidur, padahal masih pagi"- Mama
"Ehehe ngantuk soalnya"
Woojae dari tadi cuma nyimak sambil muter-muter liatin barang-barang yang ada di sana, sampe akhirnya nemu satu karton buku di pojok gudang. Woojae yang penasaran akhirnya mulai buka-buka. Diam-diam papa juga merhatiin anak tengahnya itu.
"Mas, lagi ngapain tuh dipojok sendirian? Sini dong" Kata papa. Sebetulnya papa ini anti banget liat salah satu anaknya diem terus milih buat main sendiri.
Papa paham sih, di antara ketiga anaknya, Woojae ini yang paling introvert. Paling jarang ikut ngomong kalo lagi kumpul, yaa pokoknya kebanyakan diem aja. Papa sama mama cuma takut kalo Woojae sampe nyembunyiin sesuatu dari mereka. Apalagi kalo anak-anaknya diam-diam punya masalah atau keresahan, tapi nggak ngomong sama mama atau papa dan milih buat dipendam sendiri. Mereka nggak mau anak-anak jadi begitu, karena mereka tau itu menyiksa banget. Jadi, sebisa mungkin anak-anak harus terbuka minimal pada keluarganya.
Papa pernah bilang gini "Mau pas lagi seneng, mau pas lagi di masa paling terpurukpun, Papa sama Mama bakal selalu ada buat kalian"Akhirnya Woojae nyamperin yang lainnya sambil bawa se karton buku yang dia temuin tadi.
Tangannya mulai ngambil dan buka bukunya satu per satu. Isinya beberapa buku sketsa sama novel. Nggak tau deh punya siapa. Satu yang berhasil menarik perhatian Woojae, buku sketsa yang bersampul foto papa."Pa, ini punya papa kah?"
Papa noleh ke arah Woojae terus nyamperin.
Pas liat bukunya papa ketawa. Mengundang perhatian yang lain."Ada apa nichhh?" Tanya Jaewoo dengan nada ala-alanya membuat Zaina bergidik ngeri dengernya.
"Ini buku mamamu dulu pas SMA ahahaha"
Mama keliatan malu-malu gitu.
"Bukannya mama sama papa baru ketemu pas mama masih kuliah ya?"- Jaewoo
"Mamamu udah kenal papa duluan waktu itu."
"Kok bisa?"- Zaina.
"Pernah cerita kan kalo dulu papa sama Om Jo, Pakdhe Tian, Om Tio, Pak Winardi, Om Yudha sama yang lain pernah nge band. Yaa... Bisa dibilang mamamu ini penggemar papa dulu 🤣🤣"
KAMU SEDANG MEMBACA
Jamal Family
RandomCerita seputar keseharian Bapak Jamal dan keluarga. PUT YOUR IMAGINATION ❗Baca bila ada waktu, jika tidak ada waktu... Bacanya kapan-kapan. ❗Selama membaca cerita ini, tolong ambil positifnya, buang negatifnya ❗Cerita ini dibuat semata-mata hanya...