VOTE
—————
Tepat di hari pertama salju turun, waktu kembali terhenti selama 960 detik. Hanya orang-orang tertentu saja yang sadar bahwa waktu terhenti. Mungkinkah ini termasuk dilatasi waktu yang dikatakan oleh ilmuwan ternama di dunia?
Pada tahun 1905 Albert Einstein menerbitkan sebuah teori fisika mengenai hubungan ruang dan waktu yang disebut teori relativitas khusus. Relativitas khusus memiliki konsekuensi yang salah satunya adalah dilatasi waktu dimana dua pengamat mengamati bahwa jam pengamat lain berdetak lebih lambat dari jamnya.
"Namun, hal ini tidak disebabkan oleh konsekuensi teori relativitas tetapi terjadi karena waktu memang berhenti," siasat Jake pada dirinya.
Jay menghirup kopi Nanyang miliknya lalu menyesapnya pelan. Berpikir kritis bersama Jake adalah hal paling menyenangkan apalagi bila ilmuwan lain ikut berdiskusi di meja ini.
Ketahuilah, yang sedang kalian kagumi adalah seorang ilmuwan ternama—Jay, Jake, Trey—yang berjasa pada negara Australia ini—EN-SC.
EN-SC merupakan sebuah tempat penelitian—ya, tak bisa dikatakan perusahaan juga karena EN-SC diketahui orang-orang tertentu saja—termasuk juga sebagai sebutan orang-orang Jake yang keahliannya tak tertandingi.
Perpustakaan kota adalah kantor utama milik Jake sekaligus tempat mereka mengeksekusi seluruh penelitian penting juga satu-satunya tempat yang penuh keajaiban.
Ah, perlu diketahui bahwa masing-masing memiliki pekerjaan sampingan. Seperti proyek peneliti skala besar yang ditutupi dengan perpustakaan kota. Pasalnya, ketika para ilmuwan telah berpartisipasi dalam pembuatan serta pengembangan Multica, ilmuwan tersebut akan bergerak layaknya intel, sembunyi-sembunyi.
Contohnya adalah ilmu teknologi, bila hanya ilmuwan saja yang membuat Multica, lantas bagaimana cara memantau, mengoperasikan, dan mengendalikan batasnya? Maka dari itu, pengikut Jake bukanlah sembarang orang yang direkrut begitu saja. Kalau bahasa kerennya, pengikut Jake bukan kaleng-kaleng.
Jay mengetuk-ngetuk meja dengan jemarinya lalu ia bergumam, "Jake, do you think it's happened karena sistem error?" Tanyanya sedang dalam mode teman.
"I don't know, but we better focus on the main mission of membawa Eugene back to Reuv, Jay." Balasnya tak karuan.
Dikatakan 'The Main Mission' karena telah salah membawa 'Eugene' masuk ke Multica tanpa adanya pemeriksaan ulang terhadap penduduk Reuv dan Multica. Harusnya Jake sebagai anggota para petinggi menyadari hal itu, namun segalanya ia serahkan pada Jay. Mari flashback, nanti.
Jake menyeruput kopi bermerek sama dengan Jay, lalu mengucapkan sepatah kata, "Jay.... I think—"
Kalimatnya menggantung bak jemuran, lawan bicaranya itu menaikkan alisnya menunggu kelanjutan ucapan Jake.
Ia berdeham sebelum berbica, "Ekhem. Demam terjadi karena virus atau bakteri menyerang tubuh kemudian hipotalamus meningkatkan suhu tubuh untuk memerangi benda asing itu—virus dan bakteri."
"So...? Yang hendak kau katakan adalah?"
Jake mendecak sebal kemudian mengacak rambutnya frustasi, "Why suddenly you become stupid? Tolong serius."
"I really am sorry, Bro. I know what you mean, so, seperti Reuv atau Multica yang sering dimasuki oleh penduduk lain dari dunia tersebut, menyebabkan waktu terhenti. Semakin sering in-out to that universe semakin lama terhentinya. Am I right?"
KAMU SEDANG MEMBACA
JAKE : Blessed Cursed ✔️
Fanfic[baca saksama biar paham T___T] Berawal dari kesalahan sang sekretaris-Jay Constantine-yang membawa Eugene ke Multica. Sistem Multica menjadi error karena EN-SC mendeteksi penduduknya berada di Republik Australia. Siapa gerangan yang membawa pendudu...