12 IPS B
· · ·
Selesai upacara, semua murid masuk kelas masing-masing. Ada yang sambil ketawa-ketiwi, misuh-misuh, kecapean, ngeluh, kepanasan dan masih banyak lagi jenisnya. Dan gua adalah bagian murid yang masuk tanpa ekspresi apa-apa.
Gua masuk kelas bareng Samuel. Sampai di kelas kondisinya udah kaya pasar, rame banget. Nggak lupa berisik juga kaya kebun binatang. Ada yang sibuk nyari contekan tugas dari si guru killer Pak Rudi lah, ada yang mulai ngeriung, ada yang makan bekel sarapannya, ada juga yang langsung mabar Mobile Legends.
Lima belas menit lagi ada guru yang bakal masuk. Biasa, untuk meriksa keadaan kelas dan murid. Setiap hari Senin, bakalan ada pemeriksaan kaya begitu. Mulai dari isi tas, kelengkapan sama kerapihan seragam, potongan rambut dan kuku. Oh iya, kerapihan dan kebersihan kelas juga nggak lupa. Mungkin bagi beberapa dari elo bakal ngira hal begitu terlalu ketat dan mengekang banget bagi anak yang udah kelas 12, yaah, udah dianggap siap memasuki kejam dan serunya dunia perkuliahan, kerja, dan rumah tangga. But no, SMA gua memang begitu, menjunjung tinggi kedisiplinan dan kepatuhan.
Kelas gua ini bukan kelas yang nomor 1 banget, bukan juga yang terbelakang banget. Ya, rata-ratalah, standar. Muridnya juga beragam; ada yang pendiem, ribut, usil, emosian, ganteng—gua contohnya, eh, Samuel maksudnya—dan masih banyak lagi. Disini saling melengkapi aja, nggak ada yang kurang.
Ketua kelas gua namanya Gara, ramah dan tegas. Wakilnya yang setia dan penyabar itu Soya, yang bisa dibilang paling cantik deh di kelas 12 IPS B. Tapi galak banget, banget dan banget. Bendaharanya itu Monica, anak club dance yang happy virus. Tapi, kalo pas nagih uang kas auranya jadi beda, serem—gua nggak bohong. Dan sekretaris tersayang kita semua, Wendy. Tulisannya rapih banget, nggak heran deh jadi sekretaris. Terus dia anaknya rapih dan terorganisir, sering dikasih kepercayaan dari guru-guru dan ikut lomba cerdas cermat, puisi dan pidato. Wendy ramah banget, selalu senyum di manapun dia berada. Makanya nggak heran anak kelas lain sampai ke anak IPA ngincar dia. Ada aja tuh tiap hari surat atau coklat, boneka bahkan bunga yang ada di atas meja Wendy.
Dan lo semua harus tau, temen nongki gua, si Gafar, yang gayanya cool abis dan jarang ikut pelajaran aja demen sama Wendy. Gafar nggak pernah bosen ngajak Wendy main, ata sekedar jajan berdua di kantin, dan baiknya Wendy mau aja diajak-ajak sama Gafar. Gua sama anak-anak nongki yang lain aja bosen denger cerita Gafar soal Wendy yang bareng melulu kaya orang pacaran, padahal nggak ada hubungan apa-apa. Hanya sebatas temen. Padahal kalau dilihat-lihat, Gafar banyak yang demen, tapi dia tetep setia sama Wendy, karena Wendy memang secantik itu, baik luar atau pun dalamnya.
Tapi masih beruntungan Gafar dari pada gua, coba ngedeket ke pujaan hati aja nggak berani, cih.
Balik lagi, kelas gua isinya ada tiga puluh orang, tujuh belas cewek dan tiga belas cowok. Setiap hari nggak ada hari tanpa ribut. Jujur, gua seneng banget bisa masuk ke kelas B ini—ya walaupun kadang nyebelin. Semuanya baik, friendly, solidaritas juga. Inget banget deh, waktu camping pramuka pertengahan semester lalu. Banyak banget kenangan sama kelas B. Kalo ada waktu, gua cerita deh ya nanti.
Nggak kerasa, lima belas menit berlalu. Guru datang dan melakukan pemeriksaan. Setelah pemeriksaan beres, semuanya siap-siap untuk belajar. Tapi ada kabar bahagia, Pak Rudi nggak masuk dan pelajaran di ganti sama tugas lagi tentunya.
Nggak apa-apa sih, daripada beliau masuk terus marah-marah di depan kelas kelas nggak ada yang ngumpulin tugas? Yang ada makin panas aja nih hari Senin gua. Bener nggak?
— 🥑 —
Kepo sama Gara, Soya, Monica, Wendy dan Gafar mungkin?
Gara Wijaya, 12 IPS B
Soya Rayani, 12 IPS B
Monica Arabella, 12 IPS B
Wendy Bernadette, 12 IPS B
Gafar Brawijaya, 12 IPS C
KAMU SEDANG MEMBACA
Ambition
FanfictionSemuanya tentang Jerico Sahid di masa putih abunya, tertarik untuk membaca? 𐇵┊urramoonie, 2022.