#08; Kali Pertama

35 2 0
                                    


Kali Pertama

. . .

Galau. Udah, kata itu paling tepat buat mendeskripsikan keadaan gua sekarang. Sehabis pulang sekolah kemarin, gua langsung tidur ditemenin playlist Spotify gua. Rasanya makin lemes aja. Apa seberpengaruh itu ya Nayyara di kehidupan gua? Gua udah jatuh hati terlalu dalam sama Nayyara.

Sebenarnya banyak kejadian yang gua laluin bareng Nayyara dulu. Nggak mungkin aja kan gua demen sama Nayyara sampai sebegininya?

Melihat ke tahun sebelumnya, waktu kelas 11, kita satu kelas. Gua sebenarnya udah nandain Nayyara dari awal MOS. Dia emang paling bersinar di antara yang lain, lo tau kan rasanya falling in love at the first sight? Iya kayak gitu.

Awalnya gua nggak nganggap semua ini serius. Ah, paling ntar rasanya bakal hilang.


Tapi ternyata enggak.

Gua keterusan suka sama Nayyara sampai kelas 12 sekarang ini. Dan gua belum berani nembak Nayyara. Emang cemen banget ya?

Kelas 10, gua beda kelas sama Nayyara, sama Olla juga. Gua dulu sekelas sama Samuel, Gafar dan Wendy. Gua tadinya nggak terlalu deket juga sama James, baru deket sama dia di kelas 11 akhir gara-gara suka main futsal bareng, kenalan, terus jadi deket deh. Kalo Gafar mah sama kaya Samuel, dari SMP kita emang udah bareng, cuman ya gua lebih deket sama Samuel, karena Gafar kalau diajak main ke luar selalu aja ada kesibukan. Kalau nggak ada kesibukan ya dia mager—ngeselin banget emang.

Balik lagi ke Nayyara. Dulu, gua sama Nayyara lumayan deket, apalagi pas kelas 11, beuh. Kaya kurang afdol kalo orang-orang nggak liat gua sama Nayyara lagi di kantin, atau pulang sekolah bareng. Samuel awalnya nggak terlalu deket sama Nayyara, dia cuman sekedar tau aja gitu.

Gua juga dulu sekomplek sama Nayyara, tapi Nayyara pindah rumah, dan gua juga ngikut pindah rumah, jadinya jarak rumah kita jauh. Padahal dulu cuma beda blok doang, makanya gua sama dia suka pulang dari sekolah bareng.

Emang harus gua akui, Nayyara baiknya bukan main. Udah baik, cantik, pinter, banyak keahlian, apalagi coba yang kurang dari dia?

Gua dulu suka pulang bareng sama Nayyara, ya karena rumah kita deket. Tapi gua nggak pernah main ke rumah Nayyara, sekedar nyapa orang tua dia juga nggak pernah. Karena gua liat emang orang tua Nayyara sibuk banget, sama aja kaya bokap gua, jarang untuk pulang ke rumah. Dulu, gua sama Nayyara selalu ngantin bareng, tukar cerita-cerita lucu, bahkan curhat. Tapi curhatnya ya yang ringan-ringan. Pokonya dulu kita deket. Duh, jadi kangen deh, wkwk.

Tapi semua itu perlahan luntur, semenjak Samuel kenal sama Nayyara—lebih akrab sama Nayyara maksudnya. Diikuti semua isu-isu yang bilang kalau Samuel pacaran sama Nayyara. Gua tadinya sempet nggak terima, selama ini gua yang deket sama Nayyara, Samuel mana peduli? Gua tadinya pengen banget buat ngajak Samuel ketemu, tapi gua sadar. Hubungan pertemanan gua lebih penting dibanding rasa suka gua sama Nayyara. Gua takut, gara-gara ‘Nayyara’ doang, gua sama Samuel jadi bukan ‘bro’ lagi. Karena jujur, gua sama Samuel udah saling kenal cukup lama, sekitar 6 tahun? And I hope it’s still counting.

Semenjak itu, gua sama Nayyara mulai jauh. Tapi anehnya rasa suka gua sama Nayyara makin kenceng—emang aneh. Gua nggak berani buat confess sama Nayyara soal perasaan gua ke dia, takutnya nanti dia makin menjauh gara-gara ini. Gua sadar juga Nayyara hanya nganggep gua temen cowok yang deket sama dia—sahabat, nggak lebih.

Di saat-saat gua lagi jauh dan jarang ketemu Nayyara, Olla dateng. Pertama kali gua ketemu Olla waktu di perpustakaan. Perpustakaan emang jadi tempat kesukaannya Olla, kalau mau nyari dia, lo tinggal dateng ke sana aja, pasti ketemu.

Gua suka jadi tumbal ‘Seksi Mengambil Buku Paket Ke Perpustakaan’, dan lucunya gua seneng dengan pekerjaan itu—sebenernya mah gimmick pengen ngelewatin kelas Nayyara. Waktu itu gua diminta Bu Siti buat ambil buku paket ekonomi ke perpus. Sekalian jadi hukuman juga sih, karena bukannya siap-siap untuk belajar, gua malah keluar buat main futsal bareng James—si paling atlet futsal deh.

Gua memang sering ke perpustakaan, dan itu cuman, cuman ya guys, cuman untuk ambil buku paket, bukan diem di sana terus baca buku ala-ala ank pinter kutu buku—itu bukan gua banget. Karena pertama kalinya disuruh ambil buku paket untuk kelas 12, gua bingung abis mau nyari buku paket ekonomi ke mana. Dan untungnya, di sana ada Olla, lagi sibuk nulis sesuatu, kelihatan serius banget.

"Misi.."

"Tau buku paket ekonomi kelas sebelas kaga? Ada di sebelah mana ya?" Tanya gua hati-hati, takut berisik terus ngeganggu dia. Sontak Olla mendongak, lalu melihat ke arah gua sambil mikirin sesuatu. Ia pun berdiri, dan menuntun gua ke sebuah rak buku tinggi yang terbuat dari kayu kokoh. Ada tulisan 'Economy 11' di sana.

"Makasih banyak ya." Ucap gua, untung aja ada Olla, kalau nggak? Hukuman bisa ditambah karena gua terlalu berlama-lama di luar kelas. Nanti dikira gua main futsal lagi—padahal mah lagi kaya orang bego di perpustakaan nyari buku ekonomi.

Olla membalas dengan senyuman dan anggukkan kecil. Lalu meninggalkan gua dan melanjutkan kegiatannya tadi. It was the first time, since I went to grade 12. Gua belum tau, kalau Olla—si kutu buku cantik yang gua temuin di perpustakaan SMA Pandjarwirdana—itu adalah temen sekelas gua. Coba lo tebak, gua baru taunya kapan?

——— 🥑 ———

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 19, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

AmbitionTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang