"emak?"
"woy! Caca, bangun!"
"Hah?! Es-"
Rumah berderet, pohon rindang, jalan rusak, semua itu hal yang aneh bagi ku, setahu ku tadi aku tidur loh! Mimpi kah?
"Dimana ini esra?! Lu nyulik gue hah?!!"
"Mata lu! gue juga gak tahu ini dimana bego!! Tapi setelah nanya ke warung makan depan, ini tuh di tahun 2008" jawab Esra marah.
Esra anak kelas 7c ini bersaksi ia sedang tidur di kamar nya dan epik nya kita bisa sama-sama berada di daerah Jawa tahun 2008, ENTAH DIMANA!
Epik kagak tu, lu tidur,bukan mimpi atau apa tiba tiba lu bangun udah ada di tahun lu lahir! Apa gak kaget?!
Ketika sedang pusing-pusing nya mencari jawaban, tiba-tiba ada anak kecil nabrak gue dari belakang sampai buat gue terjungkal, berguling ke belakang.
Brakkkk!
"Hati-hati napa kalau jalan dek!"
"Emang kenapa?! Ini hari ulang tahun ku, terserah aku!" Jawab si adek itu
"Oh! Ngajak berantem?! SINI!" Teriak gue, kesel sumpah! Mau tawuran? Ayok!!
"Woy! Lu ngapain ngajak anak kecil tawuran ego!" Muka nya Esra udah kesel banget ngeliat gue, kayak melotot gitu, seakan bisa buat gue takut, Ya nggak lah!
Malah gue pelototin balek tu si Esra!
Tapi tiba-tiba....
"Oh, berani nya berantem sama anak kecil? Padahal setahu saya, anak cewek gak boleh berantem loh dek" seorang pria kisaran umur 30 tahun muncul, anak kecil tadi ngumpet di belakang nya, dengan muka yang nyebelin, SUMPAH!
Dan apakah gue kaget?
Ya,iyalah! Karena muka si pria ini tuh mirip kayak Mr. Joko!
"Mr. Joko?!" Teriak aku sama Esra bareng bareng, bayangkan lu punya guru yang tahun 2022 baru usia 27 tahun (walaupun Mr. Joko udah kayak bapak-bapak sih sebenar nya) terus lu ketemu orang umur 30 tahunan dan mirip kayak guru lo di tahun 2008! Makin pusing lah jadi nya!
"Hah? Joko? Maksud kalian anak saya, Joko Indrawan?"
Deg!
'APA?!! ITU...MR? ANAK KECIL NYEBELIN, YANG KELAKUAN NYA KAYAK SETAN ITU?! WHAT?!' batin terguncang dengan pernyataan si bapak tadi, nama anak tadi mirip kayak nama panjang Mr. Joko.
'Joko Indrawan'
"Astagah! Ayah?!"
'Ayah?!'
Esra langsung memeluk anak kecil yang adalah Mr. Joko kecil itu, sambil terus bilang 'Ayah!' layak nya dia anak kandung Mr. Joko.
'Woy! Dahlah sra! Apalagi ini?! Gue mau tidur! Gak usah banyak drama deh!'
Gue bingung plus pasrah, beda kayak ni bapak-bapak, beliau malah senyum hangat, lalu berkata:
"Jo, kayak nya dia anak mu di masa depan, cucu nya ayah"
"Apa? Tapi muka nya gak mirip Joko, yah!"
"Mungkin muka nya mirip ibuk nya!" Keliatan banget ni bapak-bapak yakin banget kalau Esra itu anak nya mr.
"Ayah, jangan ngerokok! Nanti ayah sakit! Aku sama mama sedih loh!" Sandiwara Esra berlanjut.
'Mantap! Baik juga niat mu Sra! Lanjutkan!'
'Tapi yang jadi mama nya siapa? Ms. Nia kah?'
"Oh? Maaf, saya minta maaf, saya janji gak ngerokok di masa depan" muka Mr. Joko kecil keliatan sedih banget, menyesal gitu! Gemes deh, jailin ah! (Biasa murid lucknat!)
"Oh iya betul! Ngerokok nya sekarang, jangan di masa depan!" Teriak ku.
"Nggak kok, nggak akan pernah ngerokok, janji!"
Astogeh! Sumpah lucu amat nih bocah! Imut! Walau nyebelin tapi-ahkkk imut!!!
"Eh! Sini, saya kasih tahu"
'Mampus! Pasti gue bakal di marahin sama bapak nya mr!'
"I-iya om?"
"Jadi murid yang baik, bilang sama temen mu itu juga, anak-anak baik!" Bisik si bapak nya Mr. Joko, ternyata bapak ini tahu kita murid mr.
"Terimakasih juga, karena anda-"
Tenong nenong teng~ tenong nenong teng Drengggg~
(btw ini beneran bunyi alarm hp ku ya, yang mau protes silahkan)
Suara alarm tepat di telinga ku, saat bangun semua nya terlihat normal, kasur, rak buku, tembok putih.
'oh, mimpi ternyata, ku kira nyata loh!'
Aku matikan alarm dan membuka Grup Chat literasi dan melihat Esra sudah mengucap kan selamat ulang tahun ke Mr. Joko dan diikuti oleh ku yang mengetik pesan yang sama, dengan pesan yang ingin sekali aku tulis adalah 'Semoga panjang umur selalu'.
Jam menunjukkan pukul 06:00, aku bergegas mandi dan sarapan, lalu berangkat sekolah, hari yang normal, tak seperti biasanya.
Saat pulang sekolah aku bertemu Esra yang sedang mengobrol dengan Mr. Joko.
"Esra! Mr.Joko!" Panggil ku
"Eh, nak terimakasih ya ucapan ulang tahun nya"
"Iya mr, Semoga panjang umur selalu ya mr"
"Sehat sehat sir!" Lanjut Esra.
"Anak-anak baik!"
"Fiks mirip!" Ujar gue sama Esra barengan.
"Mirip siapa?"
"Ouh mirip guru tk saya" jawab Esra kalem.
"Mr mirip kakak sepupu saya di Jawa!" Jawab ku agak ketar ketir sih.
"Ouh, gitu"
"Eh, nak mr mau kasih tahu kalian, mr berhenti ngerokok, mr kedatengan anak yang kata nya anak nya mr, terus nyuruh mr berhenti ngerokok, jadi dari pada terlambat, mr mau berhenti"
'MANTAP!'
"Iya sir! Selamat memulai!"
Aku sama Esra seneng banget, gak tahu harus ngomong apalagi sampai memutus kan untuk pulang bersama, dan Esra memutus kan mentraktir ku karena saking seneng nya ketika Mr. Joko berhenti ngerokok.
Selamat ulang tahun Mr, sehat selalu, panjang umur selalu, kalau bisa sampai usia 100 tahun! Dan jangan memberi harapan palsu dengan membucin tanpa alasan, lanjut!
Tiga hari yang lalu di Cafe Lily depan sekolah.
"Weh! Aku kesel banget sama mr!"
"Mr siapa nih? Banyak Mr di sekolah ini!" Tanya ku ke Esra.
"Siapa lagi kalau bukan Mr. Joko! Bisa bisa nya dia ngerokok! Lu tahu kan ngerokok bisa buat bumi dan diri kita sakit! Gimana kalau kedepan nya mr kenapa napa??!" Keluh Esra yang sudah tahu betul kebiasaan Mr. Joko.
"Kita gak bisa ngelarang gitu aja! Mungkin mr punya suatu hal yang buat dia ngerokok, lu tahu gak, ngerokok bagi sebagian orang bisa buat ngelepasin stres?"
"Tapi- serah lah! Lu jadi orang cuek gitu, awas aja nanti gak dapet jodoh! Kalau gue jadi lu, gue milih pergi ke masa lalu tahu gak biar bisa buat mr gak ngerokok!"
"Gue bukan sekedar cuek, tapi kata guru IPA aja gitu, ga boleh ngelarang orang untuk ngerokok mentah mentah, makanya lebih banyak ada orang buat sepanduk dan poster tentang bahaya nya rokok!"
"Udahlah, serah mr aja"
"Lu perhatian banget sih sama Mr!"
"Jujur, mr itu punya ciri-ciri Father figure yang baik! Idaman" ujar Esra
"Gak salah juga! Walau muka tak glowup!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Cerita Kelas Mr. Joko
HumorCerita kegilaan anak anak didik dari Mr. Joko di Kelas 7B, peristiwa apa saja yang akan menimpa Mr. Joko dan guru guru lain nya? apa saja kelakuan nekat dan gila yang dilakukan oleh Anak anak tersebut?