4 : Penyakit Mahasiswa (FoMO)

4 1 0
                                    

Penyakit mahasiswa yang paling sering lu pada denger pasti ga jauh-jauh dari maag, asam lambung naik, usus buntu, dan stress. Lalu, apakah kelen pernah denger istilah FoMo?

Berdasarkan info dari google, foMO itu adalah perasaan takut tertinggal karena ga ikut suatu aktivitas tertentu. Seseorang yang ngalamin FoMO biasanya bakal ngerasa takut dan cemas kalo ada hal/info, trend, aktivitas yang dia ga tau/ikuti. 

Semejak menjadi mahasiswa, gue terkena FoMO tingkat akut. Gejalanya? gue suka ngerasa cemas dan kepikiran berat kalo ada mahasiswa yang aktif banget di suatu kegiatan,ikut lomba, aktivitas seru,dsb. Alhasil gue juga ingin kaya mereka. Di semester 1 kemarin gue sampe ikut banyak kegiatan dalam waktu berdekatan sehingga mental gue kena. Gue ga bisa mundur dari kegiatannya karena adanya rasa tanggung jawab tinggi terhadap kegiatan itu. Parahnya, gue masih aja ga belajar dari pengalaman. Di semester 2 ini gue ngelakuin hal yang sama kaya di semester 1. Terlalu banyak ngambil kegiatan sehingga mental gue kena imbas dan ngerasa cape terus setiap saat. Kayanya burnout? Kek ngapa-ngapain tuh males banget. Padahal besok gue ada deadline organisasi tapi masi belom kerjain. Mood gue juga naik turun. Ditambah lagi pas pertemuan zoom gue ga bisa fokus. Kaya pikiran lo tu melayang kemana-mana. Sampe dosen ngasih pertanyaan ke gue, gue ga bisa jawab (bisa sih tapi ngasal) gegara ga fokus. Jujur malu banget sih. Mana bentar lagi UTS lagi :)

Gimana ya jelasin nya? kaya lo tuh ga mau rebahan mulu jadinya ikut banyak kegiatan. Nah pas ikut kegiatan malah kebanyakan sehingga otak lo ga fokus dan ngerasa cape banget padahal ga ngapa-ngapain. Ngeliat kanan-kiri pada aktif dan banyak dapet pengalaman tapi gue malah sebaliknya. 

Mau ngasih tau juga, pas kuliah kanan-kiri lo terlihat hebat semua. Ikut ini-itu, menang lomba, punya bisnis, kerja,dsb. Pesan gue cuma satu tetap fokus sama diri lo, kembangin, ekplorasi, dan coba banyak hal yang lo pingin. Siapa tau berawal dari hal sepele dan iseng nyoba menjadi jalan karir masa depan lo. *berusaha mengingatkan diri sendiri :)

***

Author Note's :

Mau ngeluh tapi masi semester 2 :) Lagi di fase demotivasi aja, nanti bangkit lagi karena gue selalu yakin dan percaya suatu saat gue bakal jadi "seseorang". Aamiin...


Mahasiswa Masa Gitu?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang