Katanya kampus gue bakal ngadain kuliah offline di semester 3 ini. Kalo ga salah tanggal 1 September tapi ga tau lah yah soalnya tiap kali mau berharap eh malah pupus harapan. But, kali ini gue yakin bakal offline, soalnya ospek udah dibikin scenario offline dan acara hima gue juga gitu.
Btw any busway, menjelang kuliah offline ini gue jadi overthingking sampe kayang. Kenapa tuh? karena ga tau kenapa ya gue takut. Takut aja gitu. Selama gue hidup dan bernafas di bumi, ini kali pertama gue merantau dan bakal hidup jauh dari ortu gue. Manalagi di sono gue ga ada keluarga/kenalan gitu.
Terus yang bikin gue ovt akut yaitu skill komunikasi, adaptasi, dan insecure abis soal penampilan. Kayanya di chapter sebelumnya gue ada cerita tentang gue yang introvert akut dan bisa dibilang ansos parah. Sebenarnya ga ada kaitannya sih antara introvert sama ga bisa bergaul. Tapi jujur ae gue emang susah buat adaptasi dan berinteraksi dengan orang. Pasti canggung dan akward. Gue ga terbiasa buat reach out orang duluan. Sebabnya? gue takut penolakan. Padahal gue tumbuh dari penolakan (azek).
Bicara tentang penolakan nih bestie, gue jadi keinget keajdian beberapa tahun yang lalu. Kejadian-kejadian itu juga yang bikin gue makin takut "ga diterima" dan "ditolak" serta yang menyebabkan gue makin ga percaya diri.
Jadi gini....
Kejadian ini kalo ga salah terjadi pas gue SMP. Dulu pas SMP, gue a.k.a mawar adalah manusia yang ga punya malu. iyap! setelah gue putus ama mantan gue yang ono , gue fall in lope sama orang. Sebut saja JK (eaaa). Gue demen banget sama dia karena dia anak basket. Dia manis dan idaman kaum hawa haus cowgan. Tau ga? gue sampe deketin sepupunya buat nyari tahu tentang nih cowo. Sampai akhirnya JK tau gue suka sama dia. Reaksinya? B aja. Ga lama setelah itu dia jadian sama anak kelas sebelah yang cewe itu cakep banget. Gue? galaw berat.
Setelah kejadian itu, masih di kelas 7 SMP. Gue suka lagi nih ceritanya sama orang ( ga tau malu banget gue ahaha). Sebut aja RM (wadau). Dia sekelas sama gue. Anaknya baik, ganteng, tinggi, anak basket juga, dan humoris. Doi juga humble ananknya ke semua orang, termasuk gue. Gue fall in lup dah tuh sama dia. Eh gue dikasih tau bestie, ternyata doi nembak anak kelas 7.4 yang cakepnya luar biasa dan famous. Gue? potek yang kedua kalinya.
Beranjak ke kelas 8, gue jadi anak yang agak kalem dari kelas 7 tapi masih aja bentukan reog . Di kelas itu gue suka lagi sama orang bund, sebut aja JM. Doi anak osis & basket, tamvan paripurna, playboy akut, dan famous. Nah pas kelas 8 ini gue punya 2 bestie. Jadi kalo kemana-mana gitu kita selalu bertiga. 1 dari bestie gue ini deket sama JM (temenan) dan 1 nya biasa aja. Lo tau ga? gue berantem sama bestie gue yang ga deket sama JM hanya karena gue mimpi mereka jadian?! Sumpah ga bisa berword-word anjir. Kek bodo kali gue bisa sampe segitunya anjjir. Yang lebih nyesek adalahJM tau gue suka sama dia dan seperti biasa, dia jadian ama kakel yang cakep & famous. *Ending yang selalu sama. Udah alay berantem sama bestie trus potek lagi.
Setelah mereka jadian, gue suka lagi sama orang (ga pernah kapok emang) sebut aja dia AJG. Ga tau gimana caranya doi tau gue suka sama dia. BTW dia anaknya baik dan manis makanya gue suka. Tapi rasa suka gue sama dia dimanfatkan. Gue inget banget waktu itu ada tugas MTK yang mana kita disuruh bikin kaya mading tentang lingkaran gitu. Doi "minta tolong" sama gue buat bikin tugas itu padahal tugasnya kelompok. Gue bikinin dah tuh karena gue goblok dan kesenengan karena di chat sama dia. Trus dia nyuruh gue juga buat fotocopy buku MTK dan gue mau-mau aja di suruh panas-panasan buat ke tukang fotocopy. Endingnya? sama. Doi balikan sama mantannya.
Dari sana gue trauma sih wkwk. Makanya di kelas 9 SMP gue ga suka sama siapa-siapa. Sampai akhirnya dikelas 10 SMA gue suka lagi sama orang. Tapi seperti yang lo duga rasa suka gue ga akan pernah berbalas meski orang itu tau. Dari kelas 11- sekarang udah tobat suka sama orang lagi. Walaupun di semster 1 kemarin sempet "suka" bentar sama orang tapi gue rasa itu cuma rasa kagum sesaat aja.
Dari beberapa kejadian di atas sampai kejadian ghosting gue dikelas 10 kemarin membuat gue jadi mikir. Apakah karena gue ga menarik & ga cakep sampe orang "nolak" gue? sampe adik gue yang masih kecil piyik aja bilang gue "jelek". Padahal gue ga buriq-buriq amat kok. Ditambah lagi perasaan "itu" belum ilang. Gue jadi selalu takut akan ditolak orang dan takut juga ga diterima di lingkungan. Tentunya itu mempengaruhi tingkat kepercayaan diri gue yang rapuh macam stearofoam ini. Gue jadi insecure berat. Gue takut ga sesuai expektasi orang lain. Takut kejadian ghosting kelas 10 terulang lagi, takut ga punya temen dan gue ngerasa ga berhak dan ga pantes untuk apapun & siapapun.
Iyapp, dulu separah itu. Kalo sekarang? much better tapi masih ada perasaan takut. Gue nyoba keluar zona nyaman dengan ikut banyak kegiatan. Tapi kalo orang ketemu gue secara langsung mereka bakal nerima ga ya? *ovt sampe mapus.
Padahal kan idup itu simple ya. Kita ga bisa harus sesuai expektasi dan membahagiakan orang lain terus. Idup ga melulu soal penampilan. Lalu, penolakan yang gue alami juga bukan berarti gue ga pantes tapi gue belum nemu orang yang cocok aja. Iya kan?
P.s : Gue abis baca buku "Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah", Serius dah buku itu jadi tamparan banget buat gue bund apalagi di chapter yang ngebahas soal penampilan. Hal yang bikin teringat terus adalah, "lo bisa milih mau dikenal karena apa. Dari tampilan luar doang kah, prestasi kah, ataupun attitude," terus "kecantikan itu ga abadi,".
Setelah baca, gue jadi mikir. Padahal gue bisa milih mau dikenal karena apa. Yakali karena penampilan doang. Orang yang cakep emang menarik perhatian sih tapi yang baik & pinter kayanya bakal lebih berkesan.
***
Doakan gue yang mau merantau ini yaa bestiee <3
KAMU SEDANG MEMBACA
Mahasiswa Masa Gitu?
Humor"Ga sabar mau kuliah, soalnya mau cinta-cintaan sama kating," Ucap gue Ketika SMA kelas 11 Ini adalah curahan hati seorang mahasiswa semester 2, yang naasnya belum menginjakkan kaki di kampus tercinta karena korona yang terus melahirkan spesies baru...