| gara-gara Dino

13 2 0
                                    

Lorong sekolah cukup rame pas gue sama Windu lagi keliling. Beberapa dari mereka ada juga yang lagi baca buku sambil berdiri di deket balkon. Gue yakin banget sih itu pasti anak pinter hmm. Sekolah ini juga cukup bersih dan tertata rapi. Meskipun di kota kecil, tapi informasi dan berita di mading yang barusan gue lewatin cukup lengkap dan up to date.

Sesekali gue ngelirik Windu yang cuma diem di sebelah kanan gue. Jujur aja sih, kesan pertama ketemu dia, berasa banget dia dingin tapi peduli gitu. Enggak banyak ngomong juga macem Hosi. Gue sendiri yang notabenenya punya lebih banyak temen cowok di sekolah lama, enggak begitu yakin bakal bisa akrab atau enggak samaWindu.

"Oh? Ini ya pertandingan tadi?" tanya gue begitu ngelewatin lapangan belakang sekolah. Windu ngangguk. "Rame bener yang liat, apalagi itu tuh cewek-cewek yang disana, heboh banget." Gue cekikikan sambil nunjuk kearah cewek yang sekarang lagi ngasih botol minum ke cowok tinggi didepannya.

"Lo belum tau aja penyebabnya apaan," kata Windu yang masih merhatiin kearah lapangan.

Gue nengok Windu, "Emang apaan?"

"Liat cowok tinggi yang sekarang lagi jaga gawang gak?"

"Mana?" tanya gue. Kedua mata gue enggak berhenti menyapu setiap sisi lapangan demi mencari sosok yang dimaksud Windu.

"Itu yang lagi jaga gawang. Mata lo gak usah kemana-mana, cukup liat kearah gawang."

Mata gue menyipit berusaha menangkap wajah cowok yang lagi siap-siap nangkep bola. "Manis juga Win, ganteng."

Windu senyum, "Iya itu penyebabnya. Deka mah dari dulu juga udah jadi demenan anak cewek sini." Windu langsung balik badan dan ngejauh dari lapangan. Gue lari kecil ngejar dia supaya nggak ketinggalan.

"Dia populer banget emangnya?" tanya gue penasaran. "Mukanya gak keliatan jelas juga sih, abis dari jauh liatnya."

"Kalo lo suka juga, entar gue kenalin." Ini gue enggak tau maksudnya Windu cuma becanda atau serius, jadi gue ngangguk aja.

Dari jauh mata gue nangkep seorang cewek yang lagi lari kearah kita. Rambutnya panjang warna coklat gelap, mukanya kecil, asli sih cantik banget.

"Nu, pinjemin gue buku catetan Sejarah kek woi," kata cewek itu sambil berusaha ngatur nafasnya yang enggak beraturan.

"Makanya lo tuh kalo lagi di kelas belajar, jangan dandan mulu. Sok kecantikan lo," balas Windu.

Untuk sementara, diam adalah cara terbaik begitu mereka berdua asik ejek-ejekkan. Gue yang enggak tau apa-apa langsung ngeluarin hp biar gak keliatan begonya.

"Hmm, lagi sama cewek sih, jelas aja sok cool  lo," kata cewek itu.

Merasa gue udah diikut sertakan dalam percakapan mereka berdua, gue inisiatif buat ngulurin tangan buat kenalan. "Gue Wena, anak pindahan." Seperti biasa, abis nyebutin nama, gue selalu mengakhirinya dengan senyuman gue yang paling cantik nan manis.

"Oh haii, nama gue Chaerisa Wona. Panggilannya Risa." Cewek itu ngebales uluran tangan gue. Asli sih ramah banget anak-anak sini.

"Yaudah, bukunya gue ambil di tas lo ya. Daahh." Sebelum pergi, Risa nyempet-nyempetin buat noyor kepalanya Windu sampe cowok itu keliatan banget pengen ngumpat tapi ditahan.

"Itu siapa ?" tanya gue yang udah penasaran banget dari tadi.

"Sepupu gue."

"Pantesan mirip muka kalian. Beda kelas ya?" tanya gue lagi.

"Iya, anak kelas 2-2 dia."

"Dia tadi manggil lo? Nu?"

"Iya, dia suka manggil gue Winu. Kalo lo mau ikutan manggil Winu juga terserah."

Kita berdua lanjut keliling sekolah. Sesekali Windu ngasih tau tempat-tempat yang sering dijadiin pelarian kalau kelas lagi kosong enggak ada guru, misalnya kayak lapangan belakang sekolah, ruang kelas kosong yang ada di lantai 5, dan beberapa tempat rahasia lainnya. Windu juga ngasih tau arah-arah buat pergi ke kantin, toilet, perpustakaan, dan juga UKS.

"Nanti balik mau bareng gak?"

"Enggak deh, Papa gue yang jemput nanti," tolak gue halus yang langsung diiyakan sama Windu.

@@@

"Kak, gue masih ada rapat OSIS. Tadi pas istirahat daftar," kata Dino santai, tepat ketika jam pulang sekolah. "Kata papa, lo dijemput bareng gue nanti kalo rapat udah kelar."

Seketika gue langsung sebel banget. Mau enggak mau, gue tetep harus nungguin Dino dong. Bisa bosen banget gue cuma diem nungguin dia rapat. "Lagian lo ngapain sih sok-sokan ikutan OSIS?" gerutu gue.

"Ya gue rajin, emangnya lo, belajar aja males-malesan lo." Dino ketawa kecil sambil natap gue yang bener-bener udah males nanggepin dia.

Gue langsung balik badan dan ninggalin Dino yang masih manggil-manggil nama gue.

"Bodo amat. Gue balik duluan," gerutu gue begitu duduk di halte bus depan sekolah.

Suasana sekolah yang awalnya rame, lama-lama mulai sepi. Udah sekitar 15 menit gue duduk di halte, tapi enggak ada satupun bus yang lewat. Gue mulai nyerah, kayaknya gue emang harus jalan kearah jalan besar diujung sana, pikir gue. Begitu gue jalan beberapa langkah, suara berat anak cowok yang berhentiin motornya, bikin gue noleh. Windu. Dia ngelepas helmnya dan jalan kearah gue.

"Kok jalan kaki? Gak nunggu Dino balik?" tanyaWindu begitu berdiri di samping gue.

"Lah, lo tau Dino adek gue?"

"Ya tau lah. Dia kan calon OSIS baru." Windu ngelirik jam tangannya. "Ayo pulang bareng gue aja. Kayaknya bakalan lama itu rapatnya."

Gue cengo, "Gak usah deh Win. Gue jalan aja sampek depan sana."

"Udah gapapa, sama gue aja." Windu narik tangan gue buat ngikutin kearah motornya. Akhirnya setelah gue pikir-pikir, gue mengiyakan ajakannya, karena enggak tau berapa lama lagi busnya bakalan dateng. Lumayan kan ngirit ongkos

***




Menara CantikTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang