| jam pulang

6 1 2
                                    

Waktu yang gue tunggu-tunggu akhirnya tiba. Jam pulang sekolah. Gue masih ngerapihin buku waktu Hosi ngode ke Windu yang bikin Windu langsung buru-buru ngekor keluar kelas diikutin Joshua. Paling juga nongkrong di lorong ngecengin cewek-cewek, batin gue.

Gue meraih hp dari dalem tas, dan langsung nyari nama Dino disana. "Halo," kata gue.

"Kenapa kak?" tanya Dino diujung telepon.

"Eh anu, gue mau balik bareng Deka. Lo pulang duluan aja ntar sama papa ya."

"Oh, gebetan baru lagi?" Kedengeran banget suara Dino yang lagi cekikikan.

"Diem deh lo."

Gue langsung matiin sambungan telepon. Terus jalan keluar kelas. Dari ambang pintu gue bisa liat Windu yang lagi duduk di pinggir lapangan dengan satu kaki yang ditekuk kearah dada. Dia keliatan seneng banget nongkrong disana, heboh bahas sesuatu sama gengnya. Jujur aja, gue ngerasa kalo sebenernya Windu itu anak yang diem-diem baik dan peduli. Ya walaupun agak nakal, apalagi temen-temennya juga kayak begitu, kecuali Joshua sih.

Waktu langkah gue makin deket sama posisi mereka, Windu ngeliat gue, dan gue juga ngeliat dia. "Mau pulang bareng gue lagi gak?" tanyanya.

"Gak deh, gue diajak balik bareng Deka," kata gue sumringah. Windu ketawa kecil sambil nganggukin kepalanya.

"Wen, gak mau balik bareng gua aja? Aman kok sayang." Hosi ngerapihin rambutnya terus ngedipin sebelah matanya ke gue.

"Dih." Gue noyor kepala Hosi yang sukses bikin dia diketawain yang lain.

"Jos, bilangin temen lo tuh jangan ganjen jadi cowok," bisik gue tepat di telinga Joshua, yang gue yakin Hosi juga sebenernya denger.

Joshua ketawa kecil, "Dah ah sana lo cepet pergi dari sini. Ntar keburu dipepet Hosi."

Gue ketawa sambil lari kecil ngejauhin mereka kearah parkiran yang masih lumayan rame. Jam tangan gue nunjukin kalo udah jam 2 siang, sementara tangan gue ngambil hape. Gue chat  Deka buat ngasih tau kalo gue udah di parkiran, tapi enggak ada balesan. Gue telepon juga enggak diangkat. "Apa masih ada urusan OSIS ya?" tanya gue ke diri sendiri.

Akhirnya gue nunggu di kursi yang ada di bawah pohon deket tempat parkir, sambil mainin hp. Beberapa anak lewat pake motor, ada juga yang naik sepeda, kayak Jihan. Itu cewek semangat banget ngayuh sepedanya sambil teriak pamit balik duluan kearah gue.

Gak kerasa, ternyata udah hampir 20 menit gue duduk disini. Dan Deka masih belum ngabarin gue sama sekali. Dari tempat gue duduk, gue bisa liat Joshua yang naikin motornya jalan kearah gue. Dia berhentiin motor tepat di depan gue duduk. "Loh Wen, kok masih disini?" Raut mukanya keliatan banget heran ngeliat gue.

"Ini gue masih nungguin Deka Jos," kata gue lemas.

"Nungguin Deka? Dia udah balik dari tadi kok." Kalimat Joshua sukses bikin gue membulatkan kedua mata.

"Serius?!!!"

Joshua ngangguk, "Gue kira balik sama lo. Makanya gue heran kok lo masih disini."

Gue langsung lemas bener-bener lemas. Jadi dari tadi gue disini ngapain anjir.

"Wen?" panggil Joshua. Gue cuma ngedongak bentar terus nunduk lagi mandangin hp yang dari tadi gue pegang.

"Mau balik sama gue? Ayo gapapa, gue anterin."

"Gak usah deh Jos. Gue balik sendiri aja," kata gue pelan.

"Beneran lo gapapa gue tinggal?"

Gue ngangguk ngeiyain pertanyaan Joshua.

"Yaudah gue duluan ya. Lo hati hati baliknya," pamit Joshua. Gue senyum kecut.

"Sabar Wen sabar." Gue ngelus dada. Sedetik kemudian gue inget Dino. Siapa tau dia belum dijemput sama papa kan. Gue lari kearah halte yang ada di depan sekolah. Udah kosong. Berati Dino udah balik.

Gue ngehentakin kaki. Sebel banget. Pengen nangis. Gue jalan masuk ke sekolah lagi. Tepatnya di pinggir lapangan upacara deket gerbang sekolah. "Oke tenangin diri dulu," kata gue yang udah hampir nangis rasanya. Sekolah udah bener-bener sepi, tinggal beberapa murid aja yang masih keliatan, itu juga jumlahnya bisa diitung pake jari.

"Lo ngapain disitu woi." Suara cowok yang barusan berhentiin motornya didepan gue, bikin gue ngedokakin kepala. "Katanya balik bareng Deka."

"Nu, lo bisa diem gak sih?" sungut gue. Mukanya datar banget gila.

"Terus lo ngapain masih disini?" tanya Windu lagi.

"Deka udah balik duluan anjir. Sedangkan gue dari tadi nungguin dia di parkiran. Dia gak ada ngabarin gue juga," kata gue akhirnya.

"Yee si anjing. Yaudah ayo balik sama gue aja."

Berhubung sekolah udah sepi, Dino udah balik duluan, dan Deka ninggalin gue, akhirnya gue balik bareng Windu. Lagian rumah gue juga sebelahan sama dia. Jadi gak ngerepotin banget.

Di jalan gue cuma diem aja. Males ngomong dan gak ada niatan sama sekali buat ngomong. Beberapa kali Windu ngajak ngoomong gue, tapi gue jawab seadanya aja. Asli sih, kalo ketemu Deka pengen gue pukulin tuh anak. Seenak jidat ngajakin balik bareng, giliran udah ditungguin malah ninggalin.

"Eh Wen, terus lo kok bisa tau kalo Deka dah balik duluan?" Windu penasaran, karena sekilas dia ngelirik gue dari kaca spion.

"Joshua yang bilang," jawab gue dengan nada malas. Windu ngangguk paham. Dia udah gak ngomong lagi untuk saat ini.

"Btw, lo gak cocok anjir diem gitu," kata Windu tiba-tiba. "Biasanya juga pecicilan lo." Windu ketawa puas banget sambil sesekali ngelirikin gue dari kaca spion lagi.

"Diem diem diem.." Gue mukul-mukulin pundaknya saking geregetannya sama Windu.

"Aduh iya iya gue diem. Sakit itu," katanya.

Bodo amat kata gue dalem hati.


Menara CantikTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang