Samar-samar suara musik tertangkap di telinga gue. Arah suaranya dari Rumah Windu. Gue yang dari tadi lagi duduk di depan meja belajar, langsung buka sedikit korden lapisan luar yang transparan. Ada beberapa motor yang parkir di Halaman Rumah Windu. Yang paling gue hafal cuma motornya Hosi, karena dia yang paling sering nongkrong di sana.
Hari semakin malam, dan Dino belum juga sampai Rumah. Terakhir telepon gue, katanya masih mau makan-makan bareng sama anak OSIS lainnya.
Waktu berlalu dan pikiran gue melayang ke beberapa tahun terakhir. Setiap waktu yang gue punya, selalu gue habisin bareng Minggu. Kapan pun gue punya waktu kosong, pasti gue akan pergi sama Minggu. Di Kelas pun, gue duduk sebangku sama Minggu. Gue nggak pernah kepikiran buat ikut organisasi apa pun di Sekolah, karena gue berpikir bakalan ribet buat ngurus ini itu kestika Sekolah lagi ngadain acara.
Oh iya, gue sama Dino satu Sekolah, di Sekolah lama. Bedanya, Dino dari dulu emang rajin dan aktif ngikutin semua kegiatan Sekolah dan bakti sosialnya. Dino punya banyak temen cewek dan cowok, dari berbagai Kelas. Setiap jalan di koridor, pasti selalu aja ada yang nyapa dia. Sedangkan gue, gue emang punya lebih banyak temen cowok, dibanding cewek, tapi nggak sebanyak Dino juga.
Bisa dibilang, kehidupan gue sama Dino bertolak belakang. Waktu itu gue udah bucin parah sama Minggu, sampai-sampai nggak ada niatan buat ikut les atau apa pun buat ningkatin kemampuan dan nilai gue. Beda sama Dino yang kegiatannya dari pagi sampai sore selalu full.
Sekarang gue baru sadar ketika semuanya udah berantakan kaya gini. Waktu berharga yang dulu selalu gue kasih buat Minggu, sekarang gak menghasilkan apa-apa. Gue senyum miris, ketika sadar ternyata awal kesalahan ini dari gue sendiri, kenapa gue bisa sebucin itu sama manusia bernama Minggu.
Minggu yang awalnya baik-baik aja, lama kelamaan berubah jadi monster. Gue pikir waktu itu Minggu sakit, tapi ternyata nggak, karena beberapa hari kemudian dia ngulangin lagi kesalahannya. Sikap Minggu jadi berubah kasar, dan cara ngomongnya berubah drastis. Dia jadi posesif dan gampang kesulut emosi. Pernah suatu ketika, gue berantem hebat sama Minggu, cuma perkara gue kerja kelompok sama temen cowok gue. Dia yang notabenenya anak orang kaya, jadi makin seenaknya. Gue di dorong sampai nabrak pintu mobilnya, dan dituduh selingkuh.
Sebenernya kejadian itu sempat terulang beberapa kali. Gue bahkan pernah mutusin Minggu secara sepihak, tapi bodohnya, gue balik lagi. Gue sayang lagi sama Minggu, seolah gue rela sisa hidup gue sama dia. Sampai akhirnya, gue bener-bener ngerasa kalau gue udah nggak bisa lagi sama Minggu. Gue ngerasa kalau Minggu bukan Rumah yang tepat buat gue pulang.
Waktu itu, Minggu maksa gue buat main ke Rumahnya, tapi gue nggak bisa karena udah gue niatin mau les bahasa Inggris. Bukannya dukung niat baik gue, Minggu malah marah-marah dan nuduh gue yang nggak-nggak. Padahal saat itu gue cuma mau nyoba buat sedikit rajin, supaya masa depan gue lebih baik. Yang gue dapet justru cacian dari cowok yang paling gue sayang itu.
Gue berantem udah kontak fisik sama Minggu. Gue tau gue salah kalo ngelawan dia yang badannya tinggi besar, tapi tetep gue lakuin, karena gue udah muak dan nggak mau lagi dijadiin sasaran pelampiasan emosinya. Alhasil ujung jari gue jadi korbannya karena Minggu dorong gue sekuat tenaga. Jari gue patah setelah berusaha nahan badan sebelum menghantam tanah.
"Wena, Wena," kata gue lirih.
Gue menghela nafas dalam-dalam waktu keinget semua kejadian dan masa lalu gue sama Minggu. Sekarang gue nyesel banget udah ngabisin waktu gue yang sangat berharga bareng dia. Seharusnya hidup gue saat ini bisa lebih baik, atau mungkin bisa sama-sama produktif kaya Dino. Kenyataannya malah gue sibuk melarikan diri dari kejaran Minggu.
"Kak," panggil Dino dari luar pintu kamar.
Gue bergegas buka pintu kamar. "Lah udah balik aja, katanya mau makan-makan."
"Iya ini gue baru balik. Tuh dicariin Deka lo di bawah," kata Dino sambil betulin posisi tasnya.
"Deka?" Gue memekik. "Lo makan bareng dia juga?"
Dino natap gue dengan tatapan yang gue udah tau betul artinya apa. Keningnya berkerut dengan bibir sedikit terbuka. "Lo mau turun gak? Kalo nggak, ya gue bilangin sekarang," kata Dino sambil balik badan.
"Iya, iya, iya," kata gue buru-buru narik tangan Dino. "Bilangin sama dia uruh tunggu bentar aja."
Dino ngelepas paksa pegangan tangan gue dari tangannya, terus turun ke lantai bawah. Setelah Dino pergi, gue masuk kamar buat ganti baju dan pakai bedak tipis-tipis.
"Pake lip tint juga ah," kata gue sambil ngoles lip tint warna merah marun kesukaan gue. "Oke udah cantik."
Gue langsung pergi ke Ruang Tamu dan lihat Deka masih ngobrol santai sama Dino. "Eh, Dip, nunggu lama ya?" kata gue begitu ikutan duduk di sofa.
"5 jam ada kali," sindir Dino yang langsung gue lempar bantal sofa.
"Ka, gue naik dulu ya, mau mandi," kata Dino sambil nenteng tasnya. Gue nggak heran sih kalo Dino suka manggil temen cowok yang lebih tua setahun-dua tahun langsung nama. Itu kayanya udah kebiasaan tongkrongan mereka.
Deka jawab iya sambil senyum, dan senyumannya bener-bener manis. Gue nggak kuat. Deka udah nggak pake seragam Sekolah lagi, dia cuma pakai kaos warna hitam. Gue langsung basa basi buat pamit bikinin minuman. Sampai Dapur, gue masih bisa lihat Deka yang sekarang fokus sama hpnya. Kesempatan gue buat foto dia diem-diem.
Abis foto, gue langsung bikin minum dengan cepat. Berhubung di rumah cuma ada sirup melon, jadi ya gue bikin Es sirup melon.
"Nih, Dip," kata gue setelah naruh gelas di meja.
"Makasih ya, Wen. Malah ngerepotin gue."
"Gak kok, gapapa, Dip."
"Btw, Rumah Windu rame amat," kata Deka sambil nengok-nengok ke arah Rumah Windu.
"Biasa gitu sih, Dip. Kadang Hosi juga nginep situ kok. Jadi ya lumayan sering lah kalo mereka berisik gitu."
"Bagus lah kalo rame. Biar Windu gak ngerasa kesepian," kata Deka sambil nyeruput es sirup Melon buatan gue.
Kening gue mengerut, "Kesepian?"
Deka ngangguk, "Iya. Windu sering banget berantem sama bokapnya. Cuma kita-kita ini yang bisa ngehibur dia, Wen."
Gue makin bingung sama yang dimaksud Deka. "Gue gak paham, Dip."
"Windu udah lama tinggal sama bokapnya doang. Setau gue, nyokapnya udah meninggal, sejak itu sih, hubungan Windu sama bokapnya jadi kurang baik."
"Pantes gue jarang ngelihat bokapnya," kata gue lirih.
"Windu gak pernah ngelihatin kalo dia kesepian, Wen. Dia selalu mau keliatan kuat, makanya kita sering main ke Rumahnya," lanjut Deka.
Gue masih shock sama cerita Deka. Gue yang Rumahnya sebelahan sama Windu nggak pernah tau kalo Windu sama bokapnya ternyata nggak begitu akur. Sedangkan gue selama ini rasanya cuma nambahin beban hidupnya Windu aja nggak sih? Gue jadi merasa bersalah.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Menara Cantik
FanfictionKehidupan siswi SMA yang cuma mau ketenangan dan memulai hidup baru. Nggak ada yang selalu sesuai rencana, kadang juga diluar logika.