Muhammad Ardiyanto

3 0 0
                                    

No. Id Card: M029
Nama Lengkap: Muhammad Ardiyanto
Titimangsa: Bruno, 11 Mei 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi?

Jawab:
Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dibuat dengan kalimat yang indah dan penuh makna.

2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?

Jawab:
Mengungkapkan perasaan ke dalam sebuah kata-kata yang indah, yang semestinya bisa dibaca oleh oleh khalayak.

3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?

Jawab:
Menurut saya, dalam membuat puisi, yang saya terapkan dalam kepenulisan, lumayan sulit. Karena, dalam membuat puisi sejatinya tak hanya membuat dengan kata-kata yang indah. Melainkan juga harus tau, makna yang terkandung dan unsurnya apa saja yang dimuat.

4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?

Jawab:
Saya pernah menjumpai karya puisi di banyak buku-buku yang ada di perpustakaan.

5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!

Jawab:
• Tentukan tema dan judul puisi.
• Rangkai puisi dengan diksi dan rima yang tepat.
• Memakai majas sesuai tema puisi yang dibuat.
• Tentukan bait yang akan digunakan.
• Gunakan imajinasi untuk mengembangkan puisi.

6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!

Jawab:
Menurut saya, antar diksi sama rima yang harus diutamakan adalah rima. Karena, puisi itu sebenarnya tidak perlu menggunakan diksi yang berlebihan. Namun, cukup menggunakan bahasa yang sederhana. Tetapi, untuk rima sendiri, akan lebih bagus, apabila dalam satu bait menggunakan rima yang sama.

7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!

Jawab:
∆ Majas personifikasi, yaitu suatu majas yang membandingkan antara benda mati dengan manusia.
∆ Majas metafora, yaitu majas yang membandingkan dia objek berbeda, tetapi masih memiliki makna sama.
∆ Majas asosiasi, yaitu majas yang membandingkan dia objek berbeda dengan makna yang berbeda pula.
∆ Majas hiperbola, yaitu suatu majas yang dilakukan untuk mengungkapkan sesuatu secara berlebihan.
∆ Majas sarkasme, yaitu majas yang ditulis dengan ungkapan kasar secara langsung.

8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?

Jawab:
Menurut pandangan saya, dalam membuat puisi, setiap baris pada bait tidak harus sama setiap baitnya. Namun, sebuah puisi yang terlihat rapi, adalah puisi yang setiap baitnya memiliki baris yang sama.

9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?

Jawab:
Versi saya untuk mendapatkan imajinasi adalah makan biar kenyang, terus ngelamun di depan pintu sambil bawa alat tulis, baru nanti kalau ada ide, ditulis idenya ke dalam buku tersebut.

10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas bertema "Aku Menjadi Penulis"

Jawab:

Dalam Pilu
Karya: Muhammad Ardiyanto

Dalam pilu ....
Mengejar asa di setiap detik waktu
Adalah usahaku,
Yang ingin terbaik dalam lingkup dunia

Dalam pilu ....
Tak ada harapan yang mampu terganti dalam luasnya kalbu
Hanya ingin,
Menjadi seorang penulis, yang dikenal oleh satu dunia

Bruno, 11 Mei 2022

Karya Keluarga SLR Part 32Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang