No. Id Card: M003
Nama Lengkap: Putri Milatul Asfakhi
Titimangsa: Kendal, 13 Mei 2022....
Pertanyaan:1. Apa yang dimaksud dengan puisi?
2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?
3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?
4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?
5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!
6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!
7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!
8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?
9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?
10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas
bertema "Aku Menjadi Penulis"(人 •͈ᴗ•͈) Selamat Mengerjakan (人 •͈ᴗ•͈)
Jawaban:
1. Puisi ialah salah satu karya sastra yang dibuat dengan kalimat indah dan penuh makna.
2. Menurut saya, puisi bertujuan untuk mengungkapkan isi hati penulis baik yang sedang jatuh cinta, sedih diputus kekasih hatinya atau juga bisa untuk menggambarkan situasi atau keadaan lingkungan sekitar yang dikemas dengan kata-kata indah dan kaya makna.
3. Tidak, sebab puisi itu sangat mudah dituangkan dalam tulisan asal kita mau belajar tentang tata cara pembuatan puisi agar terkesan indah saat dibaca oleh pembaca setia.
4. Pernah, di buku pelajaran, antologi puisi, mading sekolah dan masih banyak lagi.
5. Tips membuat puisi:
💐 Tentukan tema dan judul puisi
💐 Rangkai puisi dengan diksi dan rima yang tepat
💐 Memaki majas sesuai tema yang dibuat
💐 Tentukan bait yang digunakan
💐 Gunakan imajinasi untuk mengembangkan puisi6. Saya lebih mengutamakan rima, sebab dengan rima yang tersusun rapi bisa menimbulkan efek saat membaca puisi itu indah sebab dengan akhiran yang sama hingga pembaca juga tertarik untuk membacanya.
7. 🌈Majas personifikasi: membandingkan antara benda mati dengan manusia.
🌈 Majas metafora: membandingkan dua objek berbeda tapi, masih memiliki makna yang sama.
🌈 Majas Asosiasi: membandingkan dua objek berbeda dengan makna berbeda pula.
🌈 Majas Hiperbola: mengungkapkan sesuatu secara berlebihan.
🌈 Majas sarkasme: ungkapan kasar secara langsung.8. Menurut saya, hal itu sangat disayangkan dan kurang tepat. Sebab, keindahan puisi itu awalnya dinilai dari kerapian baris dalam tiap baitnya. Namun, jika baris dari tiap bait aja udah berbeda, pasti akan menguranginya daya tarik dan minat pembaca.
9. Aku suka pergi di tempat yang sepi, sunyi tanpa ada keramaian. Sebab disitulah imajinasi mudah kudapatkan lalu kutuangkan menjadi sebuah tulisan. Aku senang berkawan dengan kesunyian malam.
10. Balutan Asa Lewat Aksara
Putri Milatul AsfakhiPernah terbesit dalam angan
Menjadi maestro dengan swakarya jutaan
Hingga dinikmati sarwa insan di setiap kalangan
Tiada lain, ialah sastrawan yang budimanKarenanya, kucoba berkawan dengan pena
Kutuang kata demi kata dalam tabularasa
Seakan pena menari dengan gemulainya
Lalu tersaji karya perdana meski terkesan biasaWaktu demi waktu telah berlalu
Pengalaman pun sering menyapaku
Dari medan lomba satu per satu
Hingga kini daku berhasil menyabet juara satuTerima kasih atas segala penat
Denganmu, kuwujudkan sarwa hasrat yang dirasa amat
Menjadi penulis ialah bagian asa yang terlabuh hangat
Walau pukah sering menyapa di titik kuatKendal, 13 Mei 2022
KAMU SEDANG MEMBACA
Karya Keluarga SLR Part 32
Poesia1. Muhammad Ardiyanto 2. Raisyah 3. Ryan Maulana Husen 4. Ag Maulana Ibrahim 5. Solehatul Hasanah 6. Muhammad Iqbal 7. Darka 8. Koodaniel 9. Putri Milatul Asfakhi 10. Laranda Rabiatun 11. Sukirah 12. Ericdha 13. Muhammad Choirul Annas 14. Rofiatus...