Rofiatus Alifia Maulida

0 0 0
                                    

No. Id Card: M_028
Nama Lengkap: Rofiatus Alifia Maulida
Titimangsa: Sumenep, 13 Mei 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi?

- puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dibuat dengan kalimat indah penuh makna.

2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?

- Untuk mengekspresikan isi hati dengan tulisan.

3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?

- Tidak terlalu.

4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?

- Di buku, di media sosial dll.

5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!

- a. Tentukan tema dan judul puisi.
  b. Rangkai puisi dengan diksi dan rima yang tepat.
  c. Memakai majas sesuai tema puisi yang dibuat.
  d. Tentukan bait yang akan digunakan.
  e. Gunakan imajinasi untuk mengembangkan puisi.
 
6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!

- Diksi, agar puisi yang kita tulis terlihat lebih indah.

7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!

- •Majas personifikasi, yaitu suatu majas yang membandingkan antara benda mati dengan manusia. Misalnya, Angin seakan membisikkan suatu ingatan padaku.
  •Majas metafora, yaitu majas yang membandingkan dua objek berbeda, tetapi masih memiliki makna sama. Misalnya, raja siang hadir untuk membawa kehangatan.
  •Majas Asosiasi. yaitu majas yang membandingkan dua objek berbeda dengan makna berbeda pula. Misalnya, Kamu terlihat seperti tupai yang menggulung buah kelapa.
  •Majas Hiperbola, yaitu suatu majas yang dilakukan untuk mengungkapkan sesuatu secara berlebihan. Misalnya, wajahnya bak bidadari yang ada di surga.
  •Majas sarkasme, yaitu majas yang ditulis dengan ungkapan kasar secara langsung. Misalnya, Suaranya jelek membuat gendang telingaku sakit.

8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?

- Iya hehe

9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?

-  Membaca.

10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas bertema "Aku Menjadi Penulis"

Pengukir Sajak
Karya: Rofiatus Alifia Maulida

Aku seorang pengukir sajak
Yang merakit untaian kata menjadi jejak
Menuangkan isi hati yang terjebak

Tanganku bergerak meriah
Menuntun pena untuk menari leluasa
Aku kan seperti ini hingga menjadi debu, semoga saja

Sumenep, 13 Mei 2022

Karya Keluarga SLR Part 32Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang