Ag Maulana Ibrahim

1 0 0
                                    

No. Id Card: A07
Nama Lengkap: Ag Maulana Ibrahim
Titimangsa: 12/05/2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi?
Jawaban: Puisi merupakan sebuah karya sastra dan di dalamnya terdapat kalimat-kalimat yang dijadikan sebagai wadah untuk mengungkap isi hati dan pikiran penulisnya.

2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?
Jawaban: Karena puisi merupakan seni, maka tujuan serta fungsi puisi itu sama dengan karya seni yang lain. Sebagai wadah untuk pembuatnya agar bisa lebih mengekspresikan dirinya, bahkan untuk sekedar mengikuti lomba atau untuk dipamerkan.

3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?
Jawaban: Dengan pengalaman yang saya miliki sekarang cukup mudah. Meskipun itu terasa mudah apabila tidak terikat oleh suatu tema, genre, atau jenis puisi.

4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?
Jawaban: Komunitas Kesusastraan.

5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!
Jawaban:
1. Menggunakan majas(untuk pemula, gunakan majas perbandingan)
2. Gunakan gabungan tema yang bertabrakan(Tema sedih dan bahagia, tema cinta dan horor, dsb)
3. Tulis isi puisi yang bertabrakan dengan tema(Tema sedih namun isinya bahagia tanpa menghilangkan kesan sedihnya)
4. Sembunyikan makna puisi sebaik mungkin.
5. Ikuti rima kata.
6. Ceritakan tentang diri sendiri atau ceritakan sesuatu yang sedang dipikirkan.

6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!
Jawaban: Saya menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Bila sasaran karya tersebut untuk dinikmati khalayak umum, maka saya akan mengedepankan unsur rima. Jikalau sasaran karya tersebut merupakan penikmat seni puisi, maka sudah bisa dipastikan unsur diksilah yang wajib digunakan.

7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!
Jawaban:
Jawaban: Majas perbandingan. Majas ini sering saya gunakan, karena mudah untuk diaplikasikan ke dalam karya puisi.

8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?
Jawaban: Jikalau penilaian karya tersebut berdasar aturan puisi lama pasti akan salah besar. Jikalau karya tersebut menggunakan aturan puisi modern, maka itu sangat diperbolehkan.

9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?
Jawaban: Adapun cara saya untuk mendapat imajinasi yaitu:
1. Mendengar lagu.
2. Membaca kamus bahasa Indonesia.
3. Memikirkan sebuah cerita.
4. Melebih-lebihkan hal yang sedang terpikirkan.

10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas bertema "Aku Menjadi Penulis"

Celoteh Bertuan
Oleh: Ag Maulana Ibrahim

Mengapa menulis?
Apa gunanya?
Mengapa berpikir?
Mudahnya di mana?

Tulisan itu buktikan eksistensi
Bagi orang yang gemar berdiam diri
Tidak berani tunjukkan aksi
Alternatif lain 'tuk berjuang sendiri

Dibilang sulit memang sulit
Dicakap susah memang susah
Tidak ada yang mudah
Jikalau dambakan merdeka

Bukannya enggan
Malah itu sebaliknya
Tulisan itu punya tuan
Diabadikan oleh tangan kanan

Makassar, 12 Mei 2022

Karya Keluarga SLR Part 32Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang