Raisyah

2 1 0
                                    

No. Id Card:M006
Nama Lengkap:Raisyah
Titimangsa:Rumah, 11 Mai 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi?
Jawab:Salah satu bentuk karya sastra yang di buat dengan kalimat indah yang penuh makna.

2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?
Jawab:Bertujuan untuk mengekspresikan atau mengungkapkan perasaan dan pikiran penulis.

3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?
Jawab:Lumayan sulit

4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?
Jawab:Medsos, pelajar, event

5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!
Jawab:Tentukan tema dan judul puisi
            :Rangkai Puisi dengan Diksi dan Rima yang tepat
            :Memakai majas sesuai tema yang di buat
            :Tentukan bait yang akan di gunakan
            :Gunakan Imajinasi untuk mengembangkan puisi
           
6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!
Jawab:Menurut aku diksi, soalnya kalau gak tau diksi yang akan di pakai akan rumit untuk membuat rima.

7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!
Jawab:Majas personifikasi:Majas yang membandingkan antara benda mati dan manusia.
            :Majas metafora: Majas yang membagi 2 objek berbeda tapi masih memiliki.  arti yang sama.
           :Majas Asosiasi:Majas yang membandingkan dua objek dengan makna yang berbeda.
            :Majas Hiperbola:Majas yang di lakukan untuk mengungkapkan suatu secara berlebihan.
            :Majas Sarkasme:Majas yang di tulis dengan ungkapan kasar secara langsung.

8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?
Jawab:Tidak

9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?
Jawab:Dengan membaca suatu karya orang lain (gak plagiat loh ya) . Lalu dengan menonton film kesukaan seperti;drakor, anime dll

10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas bertema "Aku Menjadi Penulis"
Jawab:

Waktu kecil selalu berangan-angan yang tinggi untuk menjadi penulis
Belajar dengan penuh tekad yang kuat untuk hasil yang puas

Hari hari aku membaca karya para satrawan
Tapi mungkin jika tidak di takdirkan itu akan mengecewakan

Aku hanya bisa berdoa untuk masa depan kelak
Agar menjadi penulis yang yang hebat di masa depan kelak

(Note:gk terlalu mahir dalam membuat puisi😭🙏🏻)

Karya Keluarga SLR Part 32Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang