No. Id Card: M022
Nama Lengkap: Koodaniel
Titimangsa: Mars, 12 Mei 2022....
Pertanyaan:1. Apa yang dimaksud dengan puisi?
Jawab: sebuah karangan yang berisikan setiap bait ada 4 baris, bermajas dan tidak terikat jika puisi modern.2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?
Jawab: untuk menasehati, untuk memberitahukan, dan lainnya3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?
Jawab: sedikit sulit, karena harus menyesuaikan kata-kata dalam sebuah baris puisi sehingga menimbulkan bacaan yg indah.4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?
Jawab: pernah, dibuku pengetahuan bhs. Indonesia5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!
Jawab: siapkan tema dan judul, berikan kata² yang bermajas/kiasan, berikan maksud/tujuan dari puisi tersebut.6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!
Jawab: diksi, karena diksi itu menurutku lebih sulit daripada rima7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!
Jawab: badai berayun, ombak terhampar dan lainnya8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?
Jawab: menurutku tidak, karena setiap bait harus berisikan 4 baris.9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?
Jawab: lewat musik, suasana, atau ketenangan.10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas bertema "Aku Menjadi Penulis"
Ini aku
Seorang yang memiliki impian
Menjadi penulis yang piawai
Dengan kata-kata dan kiasanBerjuang, menjadi awal
Menuju kesuksesan
Tanpa keluhan
Apalagi penyesalan
KAMU SEDANG MEMBACA
Karya Keluarga SLR Part 32
Poesía1. Muhammad Ardiyanto 2. Raisyah 3. Ryan Maulana Husen 4. Ag Maulana Ibrahim 5. Solehatul Hasanah 6. Muhammad Iqbal 7. Darka 8. Koodaniel 9. Putri Milatul Asfakhi 10. Laranda Rabiatun 11. Sukirah 12. Ericdha 13. Muhammad Choirul Annas 14. Rofiatus...