Laranda Rabiatun

0 0 0
                                    

No. Id Card: M040
Nama Lengkap: Laranda Rabiatun
Titimangsa: ruang kamar, 13 Mei 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan puisi?
=> salah satu karya sastra yang dibuat dengan kata-kata indah penuh makna.

2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?
=> menyampaikan perasaan seseorang dengan kata-kata penuh makna.

3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?
=> iya, karena belum terbiasa dengan puisi

4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?
=> di buku dan internet. Pernah!

5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!
=> menentukan tema dan judul, menentukan diksi dan rima yang tepat, menentukan majas yang akan digunakan, memilih bait yang akan di pakai dan menggunakan imajinasi.

6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!
=> diksi, karena orang-orang akan melihat diksi yang digunakan. Jika diksinya tidak tepat atau terlalu rumit maka orang akan sulit memahaminya.

7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!
=> 1. majas personifikasi, yaitu majas perbandingan antara benda mati dengan manusia, 2. Majas metafora, yaitu membandingan dua objek berbeda, tapi satu makna, 3. Majas Asosiasi, yaitu membandingkan dua objek berbeda dengan makna berbeda juga, 4. Majas Hiperbola, yaitu majas yang dilakukan dalam mengungkapkan sesuatu secara berlebihan, 5. Majas sarkasme, yaitu majas yang ditulis dengan ungkapan kasar secara langsung.

8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?
=> tidak karena itu tidak sesuai dengan pengertian puisi. Sebab pengertian puisi adalah keindahan, jika tidak rapi maka tidak indah.

9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?
=> duduk melamun sembari membayangkan sesuatu yang indah, sehingga memicu imajinasi.

10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas bertema "Aku Menjadi Penulis"
=> Jari Penari

Jari-jari menari dengan riangnya
Di atas buku dengan tintanya
Seakan dia menikmati segalanya

Bisikan angin menjadi melodi
Kini jangkrik jadi penyanyi  
Jari-jari terus menari tiada henti

Goresan demi goresan
Coretan demi coretan
Kutulis dilembaran itu perlahan.

Karya Keluarga SLR Part 32Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang