No. Id Card: M056
Nama Lengkap: Poetree Malu
Titimangsa: Boyolali, 31 Mei 2022....
Pertanyaan:1. Apa yang dimaksud dengan puisi?
Puisi adalah karya sastra dengan bentuk bait-bait yang indah (ini kalau puisi kontemporer & puisi-puisi dengan bentuk yang sejenis dipatenkan).
2. Menurutmu, puisi itu bertujuan untuk apa?
Menurutku, puisi bertujuan untuk mengekspresikan perasaan.
3. Menurutmu, apakah puisi itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?
Menurutku, beberapa puisi lumayan mudah diterapkan dan penulisanku.
4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya puisi?
Aku pernah menjumpai puisi. Di mana? Di mana-mana.
5. Sebutkan secara singkat tips atau langkah-langkah dalam membuat puisi!
Langkah-langkah membuat puisi:
1) Menentukan ide
2) Memilih jenis puisi
3) Mulai menulis
4) Beri titimangsa
5) Merevisi
6) Memberi judul
7) Mengendapkan
8) Merevisi lagi
9) Mengubah titimangsa6. Dalam puisi, terdapat yang namanya diksi dan rima. Menurut versimu, manakah yang kamu utamakan terlebih dahulu? Berikan alasannya!
Aku akan mengutamakan rima dahulu jika jenis puisi yang kupilih memiliki rima khas. Kalau tidak ada ciri khas mengenai rima, ya mengutamakan diksi dahulu.
7. Jenis-jenis majas apakah yang biasanya digunakan dalam puisi? Jelaskan secara singkat!
Majas perbandingan, untuk membandingkan kata/gabungan kata dengan kata/gabungan kata lain.
Majas personifikasi, menggambarkan hewan seperti manusia.
Majas hiperbola, kata-kata yang dibuat penulis berlebihan.
Majas sinisme, majas yang menyindir orang lain.
8. Menurutmu, apabila ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi (misal bait pertama 6 baris, bait kedua 7 baris, bait ketiga 3 baris ... dst) apakah hal tersebut dapat dibenarkan?
Ya, jika ada penulis puisi yang menggunakan bait tidak rapi, hal ini dapat dibenarkan.
9. Bagaimana cara versimu untuk mendapatkan imajinasi?
Caraku untuk mendapatkan imajinasi ya melamun, memodifikasi apa yang dilihat/dibaca/didengar, mengekspresikan apa yang dilihat/dibaca/didengar/dicium/dirasakan/diraba, dan dengan pengalaman.
10. Buatlah sebuah puisi dengan jumlah bait dan baris bebas bertema "Aku Menjadi Penulis"
Aku Menjadi Penulis
by Poetree MaluKubayangkan, diriku jadi penulis
Buku terjual best seller
Fans menge-like, menyemangati, dan menantikan karyaku selanjutnya
Oh, sungguh membahagiakanSayang, itu hanya angan
Dari tadi tanganku hanya berdiam
Melamunkan ide akhirnya hanya jadi sebuah imajanasi di kepala
Hai kamu, aku ingin bertanya, gimana menjadi penyair?Boyolali, 13 Mei 2022
KAMU SEDANG MEMBACA
Karya Keluarga SLR Part 32
Poesia1. Muhammad Ardiyanto 2. Raisyah 3. Ryan Maulana Husen 4. Ag Maulana Ibrahim 5. Solehatul Hasanah 6. Muhammad Iqbal 7. Darka 8. Koodaniel 9. Putri Milatul Asfakhi 10. Laranda Rabiatun 11. Sukirah 12. Ericdha 13. Muhammad Choirul Annas 14. Rofiatus...