Perayaan akhir tahun yang buruk semakin gue merasakan kehampaan yang mendalam, gue merasakan kekecewaan yang sangat pedih karena berkat teman-teman gue yang gak hadir gue merasakan sakit hati luar biasa bahkan level nya melebihi gue di khianati mantan pacar.
Awal tahun 2022 gak banyak yang gue lakukan bahkan untuk berkarya aja gue rasanya gak mood sama sekali, yang di pikiran gue saat itu hanya satu yaitu.
PERNIKAHAN ADIK LAKI-LAKI GUE.
Memang dia menikah melompati gue sebagai kakak laki-laki, gue bener-bener gak guna, udah beban keluarga dan sekarang malah gak bisa ngasih contoh buat ade gue yang emang mau berumah tangga, karena seharusnya gue duluan yang merasakan jadi bisa memberikan saran ke dia bahwa rumah tangga itu bagaiamana dan ngapain aja.
Kekecewaan ini masih aja berlanjut, gue gak paham dengan apa yang terjadi, apa sih maunya sang Pencipta? Sampe gue di kasih skenario yang emang kena mental kayak gini? Selalu, setiap saat, setiap waktu gue bertanya itu lagi dan lagi.
Hari itu datang, hari dimana ade gue lamaran, bulan Februari adalah kebahagiaan awal dirinya dan awal rasa sakit untuk gue sendiri. Kebahagiaan dia menyelimuti rasa sedih gue yang masih Jomblo akut stadium 5, bener-bener parah karena udah mulai sa'at itu juga gue merasakan kebencian terhadap wanita dan rasanya ingin membunuh mereka.
Acara dia yang lancar membuat suasana menjadi merasa lega, dan Masing-masing keluarga mulai merencanakan kedepannya yaitu akad, mulai dari keluarga wanita yang ribetnya gak karuan sampe di dalam keluarga gue pun mulai repot dengan segala persiapan, jelas saja karena jangka waktu cuman satu bulan yaitu lamaran bulan Februari dan akad nikahnya bulan Maret.
Bulan Februari gue di sibukan dengan persiapan acara ade gue, yaa walaupun gak ribet-ribet amat sih, soalnya masih ribet ade gue yang kesana kesini entah mencari tenda ataupun make up pengantin, kalau gue sih cuman siap badan aja kalo emang dia butuh bantuan ya gue sebagai kakak yang menggantikan ayah sebagai saksi, gue sih siap-siap aja.
Di bulan Februari itu juga gue berfikir sejenak dan merenung, ketika ade gue udah nikah, apa yang harus gue lakukan? Semakin lama semakin waktu berjalan rasanya pusing memikirkan pertanyaan itu di dalam hati nurani yang bisa gue lakukan hanyalah melamun di teras sambil merokok dengan di temani secangkir kopi panas dalam suasana senja yang menghangatkan hati.Ketika tidur gue juga memikirkan hal yang sama, gimana ini? Gue harus pergi kemana? Setelah ade gue nikah? Semakin di pikirkan kepala semakin sakit, tidur yang kurang membuat mental gue makin rapuh, tapi di sisi lain gue harus berfikir positif, gue harus sehat karena sebentar lagi ade gue bakal nikah.
Bulan yang di tunggu ade gue pun datang, dia mulai sibuk dengan urusan acara pernikahannya sudah mulai jarang di rumah tapi sering di luar untuk membeli perlengkapan akad tapi seminggu sebelum akad untungnya semua sudah hampir beres hanya beberapa persiapan yang gak terlalu ribet yang di persiapkan.
Malam itu gue memiliki banyak perasaan, gue merasakan kebahagiaan karena ade gue menikah di sisi lain gue merasakan kesedihan karena teteh gue gak datang karena sakit, padahal ini momen sekali seumur hidup dan satu lagi kehampaan hingga kekecewaan yang masih mengganjal di dalam hati yang paling dalam, malam sebelum hari pernikahan ade gue, hati ini harus di netralisir dengan berbagai macam cara yaitu dengan canda dan tawa.
Malam yang semakin larut membuat gue semakin gak bisa tidur, gue merasakan kebingungan amat sangat, sampai akhirnya gue baru sadar, oh ya kan masih ada nyokap tiri gue. Di saat itu juga gue langsung dapat ilham, pikiran gue langsung terbuka lebar, dan gue pun langsung menyusun beberapa rencana kedepannya.
Hari yang ditunggu ade gue datang juga, bulan Maret tanggal 6 tahun 2022, tanggalan yang terkesan biasa aja buat gue tapi sepesial bagi ade gue dan calon istrinya. Hari itu gue berusaha untuk tidak menangis, berusaha untuk tidak melamun dan pikiran hampa, akan tetapi kenyataannya ketika di lokasi, dengan gue yang sebagai saksi tetap saja air mata ini dengan sendirinya mengalir dan membasahi pipi gemuk ini.
Suasana lancar, siang hari menjelang, gue yang berada di pelaminan menemani ade gue merasakan sesuatu yang berbeda, ade gue dengan wajah gembiranya bersama wanita yang emang udah lama hubungannya sehingga berakhir pernikahan, membuat gue merasakan kegagalan, kekecewaan dan sakit hati, karena saat itu gue tanpa sadar berkata.
"SEHARUSNYA GUE DISANA"
Ucapan itu terbenak dalam hati karena gue belum menikah bahkan sampai orangtua gue pergi selamanya, mereka gak bisa menyaksikan pernikahan anak laki-laki pertamanya bahkan yang ke-dua pun mereka gak bisa menyaksikan langsung, disaat itu juga hati gue merasakan kegalauan yang parah, patah hati ini melebihi apapun, rasa sakit ini satu level dengan gue yang kehilangan ke-dua orang tua.
Hari yang semakin Siang membuat gue merasakan kelelahan, karena memakai busana yang di persiapkan untuk acara pernikahan ade gue tapi menjelang Sore akhirnya gue lepas juga dari busana menyesakan hati itu. Di sore hari gue berusaha keluar dari tenda pernikahan dan mencoba untuk santai, menjulurkan badan yang besar ini sambil merokok di temani dengan sebotol soda dingin yang menyejukkan tenggorokan.
Gue yang di temani oleh salah satu Om atau Paman gue membuat suasana semakin enjoy, kita saling ngobrol dan sharing, tapi di situ juga gue merasakan rasa sakit yang baru lagi. sebenarnya sebelum memikirkan untuk tinggal bersama nyokap tiri gue di kampungnya, gue pernah berfikir untuk tinggal bersama Om gue, dia itu satu bidang sama gue masalah karir, gue bisa belajar banyak dengan dia tapi semuanya berubah say, ketika gue tau dia blak-blakan nolak gue untuk ikut sama dia.
Dengan seribu banyak alasan di lontarkan, entah takut gak bisa ngasih makan lah, gak enak sama keluarga isterinya lah apalah itulah, cukup! Dari semua itu gue langsung ambil kesimpulan kalau dia emang gak mau menerima gue untuk bisa tinggal di sana, padahal gue membutuhkan banyak ilmu dalam bidang gue khususnya bidang saat gue masih di bangku perkuliahan.
Padahal orang itu selalu gue Terima di rumah, entah dia bikin usaha ataupun sekedar menginap, bahkan bokap gue waktu masih hidup aja gak keberatan, karena memang bokap gue tau kalo gue dan om gue ini satu frekuensi dalam hal karir, bahkan ketika masih hidup, bokap gue pernah menitipkan gue sama dia, yaa seperti sebuah amanat lah gitu, tapi parahnya justru Om gue gak mau menerima amanat itu dan memilih untuk mundur.
Pada akhirnya rasa sakit penolakan dalam keluarga itulah yang membuat gue transformasi, rasa sakit hati bahkan kekecewaan gue melihat ade gue yang menikah mendahului gue, menambah LIST rasa sakit gue dan semua itu adalah faktor di mana gue menjadi sosok yang lain, menjadi manusia lain, rasa sakit baru itu juga yang membuat gue semakin niat untuk belok arah kehidupan, membuka gerbang besar (transformasi) dan menyebrangi sungai hitam pekat (Rasa Sakit) sampai akhirnya gue melihat dia, yaaa dia adalah.
ANINDYA SAFITRI.
Bersambung.....
KAMU SEDANG MEMBACA
KATHREFTIS "Fall In The Darkside"
Nonfiksiseorang pria yang berusaha bertransformasi menjadi seorang wanita karena masa lalunya yang pahit.