BAGIMU PERSIB JIWA RAGA KAMI

2 0 0
                                    

A. Opening
Bismillahirrahmanirrahim.... Emm udah sekian lama saya ga nulis nih, emang lagi males aja sih update dari saya sih niat nya pengen nulis buku semi novel gitu, cuman tetep pengen ngambil aqidah dan manhaj salaf nya itu ke buku nya, ya tapi baru niat sih btw wkwkwk. Gimana kabar temen temen? Semoga sehat dan ada dalam lindungan Alloh ta'ala ya😊. Kali ini tuh bahasan nya agak berat dikit, ya kalau temen-temen liat tulisan ini, otomatis harus mau baca, ohiya saya juga tidak lupa mengingatkan untuk budaya literasi, cara saya baca buku sih dengan cara ' gimana mood ' per hari, ya minimal satu hari kita baca buku..

B. PERSIB OUR CULTURE
Ya siapa yang gak tau PERSIB BANDUNG sih, club yang emang udah membudaya banget tuh dari zaman Belanda dulu, tapi sih saya gak akan bahas sejarah nya disini cuman mau sedikit nyinggung tentang PERSIB ini yang udah dilestarikan, bahkan ada yang bilang ke telinga saya sendiri bahwa identitas club sepakbola local, itu udah di anggap sebagai agama... Wuuu ngeri banget kan? Banyak lah temen-temen juga mungkin ada yang tau dimana ada sebagian orang yang sampai mendukung club sepakbola itu suatu kewajiban. Tapi saya gamau judge mungkin literatur nya ga sampe ke membaca pembatal-pembatal syahadat, atau ya mungkin emang gak tau. Sebenernya ini ga di khususin untuk PERSIB aja, kebetulan saya masih aktif ngabisin uang😂 buat nyetadion ya saya emang pelaku nya yang dimana tau banget seluk beluk dunia supporter yang emang kalo di Indonesia militan nya kebangetan deh sama club daerah nya masing-masing. Ya berarti udah jelas club sepakbola terkhusus di Bandung yaitu PERSIB udah menjadi budaya, saya yakin orang yang asli Bandung pasti militan ama PERSIB, ya kalau ada yang engga kemungkinan dia gasuka bola, atau emang pernah suka cuman males liat federasi sepakbola Indonesia yang ga becus manage nya🙈.

C. Antara kalimat JIWA RAGA dan syarat syahadat
Menurut kbbi arti dari JIWA dan RAGA adalah JIWA : JIWA, RAGA : BADAN. Yang dimana itu mengindikasikan kalau jiwa, ruh, nyawa + raga dari ujung kepala ampe kaki ya emang bener-bener untuk someone lah gitu. Ini hanya penjelasan singkat sih.... Jadi ya bisa di maknai kalo BAGIMU PERSIB JIWA RAGA KAMI : itu sama hal nya ruh, nyawa dan anggota badan semuanya udah untuk PERSIB... Wkwkwk agak keras ya bund🙃 nah temen-temen yang niat banget bacaan gajelas ini. Syahadat pun memiliki arti yang sama bahwa udah jelas
أشهد أن لا إله إلا الله و اشهد ان محمد رسول الله
Ashadu alla illaha ilalloh wa ashadu anna Muhammad Rasululalloh.
.
Maka kata Syaikh shalih fauzan dalam kitab syarah tauhid, kita harus memunculkan rasa محبة(cinta) dan ولاء (loyalitas) hanya untuk Alloh dan rasulNya. Ini udah final dan harga mati banget. Maka kata syaikh shalih fauzan hafidzahullah Syarat syahadatain(syahadat yang dua), itu diantaranya انقياد (patuh) atau tunduk dengan JIWA RAGA serta tadi محبة timbul rasa cinta hanya kepada Alloh dan RasulNya. Yang bahaya dan naudzubillah semoga kita dijauhkan, Jika kecintaan kita, kepatuhan kita lebih mengutamakan club sepakbola, rela mati demi club nya, rela ninggalin shalat demi club maka ini bisa masuk ke dalam نواقض الشهادة (pembatal syahadat). Makanya manhaj ini penting untuk kita selami temen-temen. Agar kita tau batasan-batasan syariat tentang harus seberapa sih takaran kita cinta club sepakbola itu sendiri.

D. Kesimpulan
Poin terakhir adalah kesimpulannya dimana suka sama club sepakbola itu adalah hal mubah karena ini bab muamalah bukan bab ibadah, namun harus kita ingat dan ulangi dalam fikiran kita, bahwa semua itu ada takaran dan batasan nya. Nah maka dari itu kita ' cinta ' sama club sepakbola jangan melebihi cinta kepada Alloh dan rasulNya. Saya juga mau berpesan kepada semua temen-temen supporter, plis kita harus pede tanpa alkohol. Ke stadion just a fun, just a hobby. Enggak dulu deh buat alkohol, yang dimana itu bisa membahayakan fikiran kita yang pada akhirnya JIWA RAGA nya emang tidak sehat terhadap dukungan, dipastikan dukungan nya ga murni karena kamu(yang mabok) itu hilang kesadaran nya. Jadi yuk jadi supporter hanya sekedar hobby aja, karena Aqidah yang utama, dasar yang utama hanya JIWA RAGA untuk Alloh dan RasulNya.
Wallahu a'alam..... Yang salah datang nya dari saya, yang bener haq milik Alloh ta'ala
.
Yang mau diskusi terkait konten saya di wattpad boleh dm di Instagram atau langsung japri ke WhatsApp aja okee

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jan 21, 2023 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

BAGIMU PERSIB JIWA RAGA KAMI (dalam kacamata aqidah)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang