Assalamualaikum, wr.wb
Hai semua ini merupakan karya ketiga saya berjudul Cinta di Negeri Kuala Lumpur. Cerita ini intinya mengisahkan antara dua insan yang saling mencintai beda usia dan beda negara. Keduanya berstatus duda beranak dua dan seorang gadis. Selengkapnya bisa di baca bagian episodenya.
Untuk bagian ini hanya sekilas informasi mengenai Negara Melayu yaitu Negara Malaysia, Kuala Lumpur. Beberapa informasi singkat ini saya kutip dari situs web Wikipedia.com.
Kuala Lumpur atau sering dikenal KL atau nama lengkapnya Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur adalah ibukota serta kota terbesar di Negara Malaysia. Kawasan wilayah Kuala Lumpur ini meliputi wilayah seluas 244 km² dengan penduduk sekitar 1,6 juta jiwa pada tahun 2010.
Wilayah metropolitan Kuala Lumpur atau yang juga dikenal sebagai Lembah Klang memiliki jumlah penduduk sebesar 5,7 juta jiwa dengan pertumbuhan paling pesat di Malaysia baik dalam jumlah penduduk maupun ekonomi.
Di Kuala lumpur beraneka ragam suku seperti Melayu, Tionghoa, India, Serani, Kadazan, Ibam, dan suku asli lainnya dari Malaysia Timur dan Barat. Menurut sensus tahun 2010 Suku Melayu merupakan suku terbesar di Kuala Lumpur. Dan data pada sensus tahun 2020 suku Melayu dan Tionghoa adalah dua suku yang bermayoritas di Kuala Lumpur.
Agama yang yang dianut di Kuala Lumpur Agama Islam, Hindu, Budha, dan Kristen. Namun pada data tahun 2020 Agama Islam merupakan agama terbesar di Kuala Lumpur. Kuala Lumpur merupakan kawasan yang paling pesat pembangunan ekonominya di Malaysia dimana kantor pemerintahan pindah ke Putrajaya yang menjadi pusat ekonomi, keuangan, bisnis, asuransi, properti, media, dan kesenian negara, dan lain sebagainya.
Sektor pariwisata juga berperan penting dalam ekonomi Kuala Lumpur. Selain membuka lapangan pekerjaan dan memperluas peluang usaha. Tujuan wisata penting di Kuala Lumpur diantaranya Lapangan Merdeka, Parlemen Malaysia, Istana Budaya, Istana Negara, Menara Kuala Lumpur, Museum Negara, Pusat Perdagangan Dunia Putra, Tugu Negara, dan tempat ibadah seperti Masjid Jamek, Masjid Negara, dan Masjid Wilayah Persekutuan.
Adapun pusat wisata lainnya adalah Aquaria KLCC, Batu Caves, Makam Pahlawan, Ousat Sains Negara, Jalan Petaling, Royal Selangor, dan Kebun Binatang Negara. Selain pariwisata, budaya yang terdapat di Kuala Lumpur diantaranya Museum Negara.
Museum Negara di Kuala Lumpur terletak di Lebuhraya Mahameru. Museum ini menyimpan berbagai koleksi artefak dan lukisan yang terkumpul dari seluruh Malaysia. Di Kuala Lumpur juga berdiri Museum Kesenia Islam yang menyimpan lebih dari tujuh ribu artefak Islam. Museum Kesenian Islam juga terdapat kubah dan ruang pameran yang besar. Museum ini terletak di Jalan Lembah Perdana disebelah Masjid Negara.
Pendidikan di Kuala Lumpur terdapat 13 institut pendidikan tinggi, 79 sekolah menengah, 155 sekolah dasar, dan 136 TK. Sekolah menengah yang sudah ada sejak satu abad lebih diantaranya Sekolah Menengah kebangsaan Victoria 1893, Methodist Girls School 1896, Methodiat Boys School 1897, Convent Bukit Nanas 1899, dan Institusi St. John 1904.
Universitas tertua di Malaysia sejak kemerdekaan negara diantaranya Universitas Malaya selain itu juga terdapat beberapa universitas lainnya adalah Universitas UCSI, Universitas Perubatan Antarbangsa, Universitas Terbuka Malaysia, Universitas Terbuka Wawasan, Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Nasional Malaysia, dan Universitas Kuala Lumpur.
Untuk Universitas Malaya adalah universitas yang pertama didirikan di Malaysia yang terletak di pinggir kota Kuala Lumpur meliputi luas kawasan 309 hektare. Fakultas, Pusat, Akademi, dan Institut sangat beragam diantaranya Fakultas Bahasa dan Linguistik, Bisnis dan Ekonomi, Hukum, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pembangunan Lingkungan, Pendidikan, Ilmu Komputer dan Teknologi, IPA, Sastra dan Ilmu Sosial, dan Teknik.
Pusat UM memiliki 5 pusat diantaranya Pusat Dialog Peradaban, Kebudayaan, Olahraga, Pembelajaran Dasar IPA, Pendidikan Berterusan. Akademi UM memiliki 2 akademi yaitu Akademi Pembelajaran Islam dan Akademi Pembelajaran Melayu. Sedangkan memiliki 6 institut yaitu Institut Asia-Eropa, Kebijakan Umum dan Manajemen, Konsultasi Penyelidikan dan Manajemen, Pembelajaran Cina, Pembelajaran Kepala Sekolah, dan Pendidikan Pasca-Sarjana.
(Informasi singkat dikutip dari www.wikipedia.com mengenai Kuala Lumpur dan Universitas Malaya)
Lanjutan kisahnya bisa di baca slide berikutnya. Cukup sekian informasi tersebut apabila kekurangan dan sebagainya mohon maaf sebesar-besarnya. Sekian dari saya
Wassalamualaikum, wr.wb.
Selamat Membaca All🤗
KAMU SEDANG MEMBACA
Semaian Dua Arah Cinta
RomanceSemaian Dua Arah Cinta Mengisahkan seorang gadis cantik berhijab dari Negara Indonesia bernama Nazla Asyifa. Ia melakukan studi tour di Negeri Malaysia, Kuala Lumpur mengenai arkeologi di Islamic Arts Museum Malaysia dan beberapa museum lainnya. D...