Ruang Hati

18 3 0
                                    

Lisha dan Kak Delvin duduk bersebelahan dengan posisi berjarak.

"Duh...kenapa jadi canggung gini? Biasanya aku ngga pernah segugup ini di depan cewe. Tenang Delvin...tenang...oke...hufftt.." (Ucap Kak Delvin dalam hati.)

"Kak Delvin kenapa? ko mukanya merah? Kak Delvin lagi sakit? Aduh maaf banget ya Kak, malahan jadi ngerepotin." Ucap Lisha dengan nada menyesal. Ia khawatir mengira Kak Delvin sedang sakit dan harus cepat pulang untuk istirahat.

"Ngga Sha, ngga ngerepotin sama sekali, kamu berarti kalo berangkat sama pulang sekolah selalu dianter ojek? Ngga pengin coba latihan naik motor sendiri?" Tanya Kak Delvin.

"Pengin si kak, cuma belum ada motornya, hehe..Kak Delvin sendiri, punya aplikasi SeeJek. Itu berarti Kakak kalo berangkat sama pulang sekolah juga pakai ojek online?" Tanya Lisha penasaran.

"Iya soalnya emang ngga ada yang nganter, mau naik motor sendiri tapi khawatir kena razia, soalnya belum punya kartu izin buat mengemudi, lagipula misalkan pake aplikasi SeeJek jadi jauh lebih aman."Jawab Kak Delvin menerangkan.

"Ooh gitu, hmm...tadi Kak Delvin bilang Kakak ada motor tapi ngga ada yang nganter, aku tebak pasti karena se-isi rumah pada sibuk, dimana-mana orang tua itu pasti selalu sibuk ya Kak. Tapi tenang Kak, kalo lagi ngga sibuk, pasti Ayah atau Ibu Kakak bakalan bisa buat nganter jemput Kakak." Lisha berniat sedikit menghibur Kak Delvin.

"Ah...iya...itu...ayahku udah meninggal sejak usiaku 4 tahun." Jawab Kak Delvin dengan wajah menunduk.

DEG!

"Aduh salah ngomong aku. Ah elah, tuh kan...Kak Delvinnya jadi sedih kan."(Kata Lisha dalam hati)

"Haduh maaf ya Kak, aku ngga bermaksud bikin Kakak jadi sedih."Ucap Lisha dengan nada menyesal.

"Ah...nggapapa Sha, lagipula itu udah takdir, jadi ngga baik kalo sedih berlarut-larut." Ucap Delvin.

"Iya kak...berarti sekarang Kak Delvin tinggal sama Ibu Kakak?"Tanya Lisha.

"Hmmm....Ibuku udah menikah lagi, dan sekarang beliau udah bahagia sama keluarga barunya di Singapura, jadi sekarang, aku tinggal sama Pamanku."Jawab Kak Delvin sambil tersenyum.

"Haduh gawat. Salah tanya lagi aku. Tapi...tunggu, apa-apaan itu? Kak Delvin tetep bisa senyum meskipun terlihat jelas ada kesedihan yang mendalam dari tatapan matanya, seolah Kak Delvin sedang berusaha keras untuk memecah tangisan dengan senyuman. Kak Delvin ternyata pandai menyembunyikan kesedihan, padahal hati dan perasaannya pasti hancur, tapi Kak Delvin tetep masih bisa senyum??? Aku ngga nyangka ternyata Kak Delvin sekuat itu..."(Ucap Lisha dalam hati).

"Oh gitu ya kak, eumm maaf ya Kak aku malah tanya macem-macem..."Kata Lisha dengan suara lirih.

"Nggapapa, lagian juga aku baik-baik aja." Jawab Kak Delvin.

"Bohong. Dari sorotan matanya aja keliatan jelas kalo Kak Delvin ngga baik-baik aja. Ternyata Kak Delvin tipe orang yang selalu memendam semuanya sendirian." Ucap Lisha dalam hati.

"Iya, aku harap Kak Delvin baik-baik aja." Ucap Lisha.

DEG!!

Seketika wajah Kak Delvin semakin memerah, mendengar kata-kata yang Lisha ucapkan.

"Ah, iya makasih Sha." Ucap Kak Delvin.

"Kak! itu ojeknya bukan? Plat motornya L 043 R kan?" Tanya Lisha.

"Iya Sha."Jawab Kak Delvin.

"Ya udah Kak, kalo gitu aku pamit pulang dulu ya Kak, maaf aku jadi ngerepotin Kak Delvin, makasih banyak ya Kak. Assalamu'alaikum." Ucap Lisha.

"Iya sama-sama Sha, ngga ngerepotin sama sekali, hati-hati ya. Wa'alaikumussalam." Kak Delvin melambaikan tangan pada Lisha.

"Oke, tugas udah selesai, sekarang saatnya pulang." Gumam Kak Delvin.

**********

Lisha sampai di rumah tepat pukul 6 sore. Ibunya sudah sangat khawatir.

"Assalamu'alaikum Bu, aku pulang." Lisha membuka pintu dan melepas sepatunya.

"Wa'alaikumussalam, ya ampun Lishaaa....kenapa jam segini baru pulang!?? Kan Ibu udah bilang pulangnya jangan kesorean, kenapa malah jam 6 sore baru sampe rumah!?? Ngga sekalian pulang jam 8 malem!??"

"Oh...Ibu mau aku pulang jam 8 malem? Ya udah deh, kalo gitu aku keluar lagi."

"Ini anak...kamu mau ngeledek Ibu?Anak gadis pulang jam 6 sore, habis ke mana kamu?"

"Ngga kemana-mana kok Bu.."

"Masa??"

"Iya Bu..."

"Kenapa kamu ngga ngabarin Ibu kalo mau pulang telat!?"

"Kan Ibu sendiri yang ngirim pesan tadi, katanya handphone Ibu lowbat...udah gitu aku coba kirim pesan ke Ibu tapi pesannya ngga masuk, karena handphone Ibu ngga aktif. Terus....Ibu kan minta aku pulang naik ojek online nih, tapi masalahnya adalah...handphone-ku memorinya penuh, khawatir nanti malah jadi ngeblank, gitu Bu."

"Oh iya juga, Ibu lupa, handphone Ibu kan mati dan lagi di chargher, pantes Ibu ngga denger bunyi notifikasi pesan, ya udah kalo gitu maafin Ibu ya udah ngomelin kamu, habisnya Ibu khawatir, kamu kan anak Ibu satu-satunya."

"Hmmm....maafin ngga ya??? Hehe..."

"Nah kan kebiasaan, mau Ibu omelin lagi?"

"Jangan dong Bu, masa punya anak satu diomelin mulu, lagian aku nggapapa kok...aku juga ngertiii banget kalo Ibu tuh khawatir, jadi maafin aku ya Bu, karena udah bikin Ibu khawatir." Lisha memeluk Ibunya.

"Iya udah nggapapa, Ibu juga tadi kurang fokus karena terlalu khawatir, jadinya kamu tadi pulang naik apa?"

"Euummm...pulang naik ojek online Bu."

"Kamu mau ngerjain Ibu ya? Tadi barusan kamu bilang memori handphone-mu penuh."

"Iya kan tadi aku minta tolong sama Kakak kelas Bu, buat pesenin lewat aplikasi SeeJek."

"Ooh, Bilang dong, makanya kalo cerita tuh jangan setengah-setengah, jadi ngga bikin salah paham." Ucap Ibu Lisha.

"Ya kan tadi Ibu keburu ngomel duluan, jadi gimana aku mau jelasin."

"Ya udah lah, alhamdulillah deh kalo gitu, udah sana kamu mandi, makan, istirahat, terus jangan lupa Sholat Maghrib."

"Siap Ibu!"

Lisha kemudian pergi ke kamarnya dan berbaring.

"Hmmm....dari ceritanya tadi, aku jadi tahu kenapa Kak Delvin tumbuh jadi sosok yang bisa diandalkan, karena dari kecil sebenarnya ia ngerasa kesepian. Walaupun Kak Delvin tinggal sama Pamannya sendiri, tapi Kak Delvin pasti tetep ada perasaan ngga nyaman, karena bagaimanapun tinggal sama orang tua pasti jauh lebih hangat kan? Makanya dia berusaha supaya bisa selalu diandalkan, dan Kak Delvin pun pasti selalu berusaha mengandalkan dirinya sendiri, supaya ngga merasa jadi beban bagi Pamannya. Huuftt...tapi siapa yang bakal mikir kalo Kak Delvin itu beban? Kak Delvin kan anak yang baik, pengertian, mandiri, tampan pula, jadi siapa yang bakal mikir anak sebaik itu sebagai beban??? Eh bentar, ini aku lagi mikirin apaan si? Kenapa malah jadi mikirin ceritanya Kak Delvin? Wah ngga bener nih...udah ah...mending tidur, besok harus sekolah lagi...terus rapat lagi. Huuft...aku bener-bener udah jadi orang sibuk sekarang."

Lisha kemudian mematikan lampu kamar, dan pergi tidur untuk menyambut hari esok yang sepertinya akan sangat melelahkan .

~Orang Tua~
Hargailah waktu dengan mereka, selagi kamu masih bisa bersamanya

ARE YOU MY DESTINY ?  Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang