Dalam mitologi Yunani, Akhilles (bahasa Yunani: Ἀχιλλεύς) adalah tokoh pahlawan dalam perang Troya, tokoh terhebat dari semua pejuang Yunani, dan karakter sentral dari Iliad karya Homer.
Achilles, putra Peleus dan Thetis, adalah yang terbesar dari semua pahlawan Yunani yang ikut serta dalam Perang Troya. Mengetahui bahwa anaknya ditakdirkan untuk mati sebagai pejuang yang mulia atau hidup lama dalam ketidakjelasan, Thetis memandikan Achilles sebagai bayi di perairan Sungai Styx, sehingga membuatnya abadi: hanya tumit yang dengannya dia menahannya tetap rentan. Namun, seperti yang diramalkan, ini terbukti mahal, karena Achilles akhirnya meninggal karena luka panah di tumitnya. Dipandu oleh Apollo, panah yang menentukan itu ditembakkan oleh Paris, saudara laki-laki dari pahlawan Troya yang paling terkenal, Hector, yang sebelumnya dibunuh oleh Achilles dalam duel tatap muka, dalam upaya untuk membalas kematian teman terdekatnya, Patroclus.
Kelahiran Achilles sangat terkait dengan dua ramalan penting: satu tentang ibunya, dan satu lagi tentang dia. Dibuat kebal oleh ibunya, Achilles akan menghabiskan masa kecilnya di bawah bimbingan Centaur Chiron.
Achilles adalah putra Peleus, raja Phthia Thessalia, dan Thetis, dewi laut. Meskipun dia tumbuh menjadi yang terbesar dari semua pahlawan Yunani, untuk semua yang kita tahu, dia bahkan mungkin telah menggantikan Zeus sebagai penguasa seluruh alam semesta jika bukan karena intervensi tepat waktu Themis atau Prometheus.
Yaitu, setahun sebelum kelahiran Achilles, baik Zeus dan Poseidon jatuh cinta dengan ibu akhirnya dan melakukan yang terbaik untuk memenangkan tangannya dalam pernikahan. Dan hanya Themis dan Prometheus yang tahu bahwa sangat penting bagi tatanan Olympian bahwa tak satu pun dari keduanya menikahi Thetis, karena telah tertulis “bahwa dewi laut harus melahirkan seorang putra pangeran, lebih kuat dari ayahnya, yang akan menggunakan senjata lain di tubuhnya. tangan lebih kuat dari petir atau trisula yang tak tertahankan.Apakah Themis atau Prometheus yang membiarkan kucing keluar dari tas kita mungkin tidak pernah tahu, tetapi kita tahu bahwa dia atau dia melakukannya tepat pada waktunya: Zeus hanya berjarak beberapa saat dari berbagi tempat tidur dengan Thetis.
Kita juga tahu bahwa ayah terakhir Achilles, Peleus, dipilih karena suatu alasan: dia dianggap sebagai pria paling saleh di planet ini, cukup layak menjadi istri ilahi. Lebih penting lagi, dia juga seorang manusia, artinya dia tidak bisa melahirkan seorang putra yang abadi.
“Biarkan Thetis menerima tempat tidur fana,” Themis menasihati para Olympian dengan tidak menyenangkan, “agar dia dapat melihat putranya mati dalam pertempuran, seorang putra yang seperti Ares dalam kekuatan tangannya dan seperti kilat di atas kakinya yang cepat. ”Menjadi seorang dewi, Thetis tidak terlalu senang ditakdirkan dengan kejam untuk suatu hari melihat putranya diambil darinya oleh Kematian tanpa ampun. Jadi, semua orang setuju bahwa dia melakukan yang terbaik untuk mencegah hal seperti itu terjadi.
Beberapa orang mengatakan bahwa dewi laut mencoba membuat Achilles abadi melalui ritual pemurnian yang panjang yang terdiri dari mengurapinya dengan ambrosia setiap malam dan perlahan-lahan membakar keabadiannya di perapian, bagian tubuh demi bagian tubuh. Namun, tepat menjelang akhir ritual, Peleus memergokinya sedang memasukkan Achilles ke dalam api dan, dapat dimengerti, terlalu terkejut untuk mempercayai alasan Thetis. Nimfa merasa sangat tidak terhormat sehingga dia meninggalkan suami dan putranya dan kembali untuk tinggal di laut bersama saudara perempuannya Nereids.
Namun, yang lain mengklaim bahwa segera setelah Achilles lahir, Thetis pergi ke Dunia Bawah dan mencelupkannya ke dalam air Sungai Styx. Karena itu, dia berhasil membuat seluruh tubuhnya kebal tetapi untuk bagian yang dia pegang: tumit kirinya. Oleh karena itu ungkapan "tumit Achilles", yang berarti "kelemahan yang tampaknya kecil tetapi sebenarnya sangat penting".
KAMU SEDANG MEMBACA
Mitologi Yunani (Lengkap)
FantasyMYTHOLOGIE SERIES #1 Kisah-kisah epos yang fantastis dan penuh imajinasi kreatif dari mitologi yunani kuno.