~(으)ㄹ까요?

48 3 0
                                    


note: buat yang mau gabung grup WA udah bisa ya, bisa langsung join aja lewat link ini

https://chat.whatsapp.com/EE0ZV0dDrEaLp23nwuW4Ds


Arti dan Penggunaan Pola kalimat berakhiran "~(으)ㄹ까요?"

Dalam melakukan percakapan sehari-hari baik menggunakan bahasa Indonesia ataupun dalam bahasa Korea, ada saatnya kita mengungkapkan suatu kalimat yang menawarkan atau mengajak orang lain atau lawan bicara untuk melakukan sesuatu bersama-sama dengan kita, contohnya "Bagaimana kalau hari ini kita makan malam bersama?". Atau bahkan mengungkapkan suatu kalimat yang menanyakan sesuatu pada diri kita sendiri atau orang lain tentang asusmsi sesuatu, misalnya "Besok hujan nggak ya?" atau "(Menurutmu) Kenapa ini bisa terjadi?".

Dalam bahasa Korea untuk mengungkapkan kalimat yang bermakna seperti di atas kita bisa menggunakan bentuk akhiran "~(으)ㄹ까요?".

Bentuk akhiran "~(으)ㄹ까요?" ini memiliki beberapa fungsi penggunaan, di antaranya:

1.     Menyarankan atau menawarkan melakukan sesuatu bersama-sama.

2.     Bertanya pada diri sendiri atau menunjukkan keraguan tentang sesuatu.

3.     Mengajukan pertanyaan dan menarik perhatian orang lain.

Cara penggunaan akhiran "~()ㄹ까요?" Kata kerja/sifat dasar (tanpa 다) berakhiran VOKAL + ~ㄹ까요? Contoh:

·        보(다) + ~ㄹ까요? = 볼까요?

·        마시(다) + ~ㄹ까요? = 마실까요?

Kata kerja/sifat dasar (tanpa 다) berakhiran KONSONAN + ~을까요?

·        먹(다) + ~을까요? = 먹을까요?

·        있(다) + ~을까요? = 있을까요?

Pengecualian: Kata kerja/sifat dasar (tanpa 다) berakhiran ㄹ + ~까요?

·        팔(다) + ~까요? = 팔까요?

·        살(다) + ~까요? = 살까요?

Contoh beberapa kalimat yang menjelaskan beberapa fungsi penggunaan akhiran "~(으)ㄹ까요?"

a. Menyarankan atau menawarkan melakukan sesuatu bersama-sama. Contoh:

·        내일 우리가 영화를 볼까요? = bagaimana kalau besok kita nonton film?

·        커피 마실까요? 맥주 마실까요? = ayo mau minum kopi atau bir?

·        오늘 저녁에 시간 있으면 같이 저녁 먹을까요? = malam ini kalau ada waktu bagaimana kalau kita makan malam bersama?

b. Bertanya pada diri sendiri atau menunjukkan keraguan tentang sesuatu. Contoh:

·        내일 비가 올까요? = besok hujan nggak ya?

·        지금 그 사람이 집에 있을까요? = sekarang orang itu ada di rumah nggak ya?

·        누가 돈을 낼까요? = siapa yang akan bayar?

c. Mengajukan pertanyaan dan menarik perhatian orang lain. Contoh:

·        죄송하지만 제가 먼저 사용해도 될까요? = maaf, bolehkah saya terlebih dahulu yang menggunakan?

·        포장해 드릴까요? = mau saya bungkusin?

·        손님, 무엇을 도와드릴까요? = tuan, apa yang bisa saya bantu?

한국어를 배우기! (Belajar Bahasa Korea)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang