EXTRA I

981 79 5
                                    


*Seven years later*

       Tidak semua pasangan menjadikan pernikahan sebagai tujuan akhir. Beberapa merasa cukup dan bahagia seutuhnya tanpa menikah. Jaemin adalah salah satu dari mereka yang menjadikan pernikahan sebagai tujuan akhir. Sayangnya tujuan akhir itu masih jauh, menemukan yang tepat adalah yang terpenting saat ini. Sebab lima tahun lalu Jaemin telah dikalahkan oleh jarak.

       Hari ini Jaemin turut bahagia sekaligus iri kepada sahabatnya, Jeno. Jaemin bahagia melihat Jeno bisa menikah tapi disisi lain Jaemin iri melihat Jeno berhasil mengikat cinta pertamanya dalam sebuah ikatan sakral bernama pernikahan. Hari ini adalah pernikahan Jeno dan Donghyuck, dua sahabat Jaemin. Private wedding yang sangat indah. Menjalin persahabat sejak kecil, membuat beberapa keluarga Jeno dan Donghyuck sudah mengenal Jaemin. Karena hal tersebut, Jaemin yang datang sendiri menjadi sasaran empuk pertanyaan 'kapan nyusul' di pesta hari ini.

Pertanyaannya, dimana Renjun ?
       Jangan tanya Jaemin, ia bahkan sudah tidak berkomunikasi dengan Renjun sejak putus 5 tahun yang lalu. Kenapa putus? karena Jaemin terlalu takut berjuang dengan adanya jarak. Satu kali dikecewakan rupanya sudah sangat cukup membuat Jaemin jadi anti untuk menaruh kepercayaan pada hubungan yang berjarak. Jika yang cinta monyet saja sudah sakit, Jaemin tidak bisa membayangkan sakitnya dikecewakan oleh Renjun—seseorang yang begitu Jaemin cintai.

       Apakah Jaemin tidak percaya pada Renjun? Tidak, Jaemin justru sangat percaya. Namun bukankah kepercayaan berbanding lurus dengan rasa sakit, semakin besar rasa percaya maka akan semakin perih pula sakit yang ditimbulkan.
Sejak putus, Jaemin sempat mencoba menghubungi Renjun sebagai teman untuk menanyakan kabar—alibi untuk mengobati kerinduan. Akan tetapi sejak hari pertama Jaemin memutuskan hubungan mereka, maka sejak itu pula Renjun memblokir semua hal tentang Jaemin. Suram sekali rasanya menjadi seperti Jaemin, menyimpan rindu pada mantan yang terang-terangan menghapusnya dari kehidupan.

       Jeno dan Donghyuck masih sesekali bertukar kabar pada Renjun yang melanjutkan pendidikan di luar negeri. Jeno tanpa Jaemin beritahu pun sudah mampu menebak bahwa Jaemin masih berharap pada Renjun. Jeno lah yang sesekali memberi kabar soal Renjun pada Jaemin tanpa ditanya, meski Jaemin selalu berlagak tidak peduli.

       Renjun, Jeno, Donghyuck dan Jaemin memilih jalan hidup yang berbeda-beda setelah lulus sekolah menengah atas. Renjun melanjutkan pendidikan seni di luar negeri. Jeno memilih kuliah arsitek dalam negeri. Donghyuck tidak lanjut kuliah melainkan menjadi trainee disalah satu agensi besar, waktu audisi kelas dua dulu Donghyuck lah yang mendapatkan peran utama laki-laki. Jaemin mengambil jurusan fotografi dalam negeri, masih satu kampus dengan Jeno.

       Pernah satu kali waktu masih Jaemin dan Renjun baru putus, Donghyuck mengomentari Jaemin saat mereka bertemu. Donghyuck menghargai keputusan kedua temannya dan tidak ingin ikut campur tetapi melihat Jaemin yang keliatan jelas masih mencintai Renjun membuat Donghyuck gatal ingin berkomentar. Yang membuat Donghyuck kesal adalah Jaemin yang memutuskan sepihak untuk selesai tapi justru Jaemin juga yang paling keliatan belum move on.

"Lo kalo masih cinta ngapain putus segala sih, Jaem? Padahal kalo lo dulu gak mutusin, Renjun pasti masih jadi pacar lo sekarang."

"Siapa juga yang masih cinta, sok tau lo."

"Lo pikir Jeno gak cerita ke gue, dia sering nawarin lo cowok atau cewek kenalannya yang pengen dekat sama lo tapi selalu lo tolak. Segitu susahnya ya move on dari Renjun. Renjun yang lo putusin aja keliatan sudah move on kok, mana kayanya tu anak lagi dekat sama teman kampusnya."

"Lo tau darimana dia lagi deket sama yang lain"

"Ya dari insta story nya lah. Ups.. lo di blok ya makanya gak tau. hahaha"

New Circle | JAEMREN Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang