Setelah sekolah yang menurut salma menguras energi dan pikirannya selesai, langsung saja salma pulang ke dhalem, dan salma masih sangat kesal kepada ustadzah wulan tentang masalah tadi.
Dan akhirnya sepanjang jalan menuju dhalem salma terus saja menggerutu tak jelas.
Sampai di dalam kamar salma masih terus mengoceh, sampai pintu kamar tertutup, dan sampai sampai ia tak sadar bahwa suaminya sudah mengerutkan kening nya karna bingung
"Mentang mentang ustadzah jadi senak nya sendiri" gerutu salma
"Assalamu'alaikum" ucap seseorang tiba tiba dan salma langsung menghentikan ocehannya karna sangat kenal dengan suara tersebut.
"E_eh abi wa_Walaikumusalam" jawab salma gugup
"Kenapa dateng dateng marah marah gitu? Sampai gak ucap salam ketika masuk kamar hmm? Tanya gus Nizam menghampiri istrinya itu, dan mengusap kepalanya dengan sayang.
Sontak salma langsung mencium tangan suaminya itu dengan takzim, ia merasa bersalah karna tak sadar jika suaminya ada di dalam kamar gara gara marah marah.
" hehehe maaf bi, salma cuma kesal aja tadi"jawab salma sembari meletakkan kitabnya di atas meja belajarnya.
"Kesal kenapa? Sini cobak cerita sama abi" ucap gus nizam, sembari menyuruh istrinya itu mendekat padanya.
Tanpa bantahan, salma menuruti kemauan suaminya, ia duduk di samping gus Nizam, dan tetap penampilkan wajah cemberut nya.
Gus Nizam yang melihat itu, di buat gemas sendiri, entah kenapa gus Nizam yang melihat istrinya cemberut malah membuatnya gemas.
"Kenapa hmm cerita sama abi cobak" tanya gus Nizam sembari mengelus pipi salma dengan lembut.
"Salma kesel bi sama ustadzah wulan tadi, padahal salma udah minta maaf karna telat, meskipun itu kesalahan abi" ucap salma yang mana membuat gus Nizam cemberut, karna lagi lagi dirinya yang salahkan oleh istrinya itu.
"Terus apa lagi masalahnya hmm? " tanya gus Nizam lagi
Akhirnya mengalir lah cerita salma tentang yang di alaminya di kelas tadi waktu sekolah, tanpa menambahi dan mengurangi sedikitpun.
"Pasti ada sebabnya ustadzah wulan kayak gak suka sama aku bi, apa jangan jangan ustadzah wulan suka sama abi, terus dian gak suka sama pernikahan kita bi" ucap salma
"Jangan mikir aneh aneh, ustadzah wulan emang gitu orangnya, para santri juga nyebut ustadzah wulan itu killer sayang" ucap gus Nizam menjelaskan
"Ish, abi belain perempuan lain di depan salma? " tanya salma ketus, tambah cemberut lah wajah salma, karna ia berfikir gus Nizam sedang membela ustadzah wulan.
"Astagfirulloh sayang, mana ada abi bela perempuan lain, abi tadi cuma menjelaskan saja" ucap gus Nizam
"Tau ah salma kesal sama abi pokoknya" ucap salma
"Ya udah abi minta maaf, gimana kalau abi jelaskan lagi masalah pelajaran tadi" ucap gus Nizam, dan mendengar itu salma langsung berbinar.
"Beneran bi? " tanya salma
"Iya sayang, ambil kitabnya dulu" ucap gus Nizam, dan langsung di angguki oleh salma.
"Disini terdapat rukun rukun kalam yang jumlahnya ada 4:1. Berupa lafadz 2.berbahsa Arab 3.tersusun dari dua kata atau lebih (murakkab) 4. Memahamkan (mufid) jadi, kalam adalah kata kata berbahasa Arab yang tersusun dan memahamkan. Contoh: الحمدالله yang artinya; segala puji milik allah.
Kenapa الحمدالله di sebut kalam karna, kalimat tersebut memenuhi rukun rukun kalam di atas" ucap gus Nizam menjelaskan kepada istrinya itu.
"Oh jadi harus memenuhi rukun rukun kalam tersebut yah bi? " tanya salma
"Iya sayang, sudah jelas bahwa الحمدالله termasuk berupa lafadz dan bahasa Arab,dan juga lafadz nya lebih dari satu الحمد dan الله ,apakah memahamkan? Jelas karna segala puji hanya milik allah, yang artinya tak ada yang lain selain allah
" salma faham bi sekarang, coba abi beri salma satu pertanyaan lagi"ujar salma antusias, dan itu membuat gus Nizam bahagia
#belum revisi
KAMU SEDANG MEMBACA
Dinikahi Gus Tampan
RomanceSalma Salsabila,,,gadis yang baru lulus sekolah SMA terpaksa menerima perjodohan dengan seorang Gus yang tak ia kenal sama sekali... Salma ingin menolak,,tapi karna penyakita jantung ayahnya kambuh maka mau tak mau Salma harus menerima takdirnya di...