Di teras menuju taman mawar, Kyle dan Leyla menikmati udara malam musim semi bersama.
Kebisingan pesta yang meriah perlahan mereda. Setelah menghadapi lingkungan pesta yang kurang menyenangkan, Leyla akhirnya bisa bernapas lega. Dia mengucapkan terima kasih sambil bersandar pada langkan marmer.
“Terima kasih, Kyle. Terima kasih banyak."
Leyla mengira Kyle akan melontarkan kata-kata bijak, tapi wajahnya malah terlihat kesal.
“Kyle?”
“Mengapa kamu menahannya?”
"Hah?"
“Kamu seperti anak kucing yang diikat, mereka memperlakukanmu seperti binatang sirkus. Kenapa kamu tidak mengatakan apa-apa? kau tidak seperti Leyla Lewellin yang sombong dan pintar yang kukenal.”
“Ah, siapa yang peduli.”
Berbeda dengan Kyle yang terang-terangan merasa kesal, Leyla hanya terkikik. “Apapun yang mereka katakan, tidak ada yang salah. Aku yatim piatu, aku berhutang budi kepada Paman Bill, dan aku berencana menjadi guru.”
“Aku tidak dapat memahami logikamu.”
“Bermuka dua adalah sifat manusia, Tuan Etman.”
Kyle menertawakan jawaban sinisnya, “Kamu hanya pandai mengatakan hal-hal yang tidak berguna.”
“Kamu bisa pergi sekarang, Kyle. Aku baik-baik saja.”
"Pergi kemana?"
“Masih banyak orang yang harus kamu temui di sana. Beberapa temanmu juga telah menunggumu.”
"Tidak butuh." Kyle melambaikan tangannya dengan ekspresi kesal dan menyandarkan punggungnya ke pagar di samping Leyla.
“Kyle, jangan seperti itu… ..”
Kyle menoleh padanya,
“Aku di sini sebagai pasanganmu hari ini.”
Saat dia berkata, sepasang mata berwarna kecoklatannya bersinar hangat di malam yang pucat.
“Jadi aku akan tinggal bersamamu.”
Senyuman perlahan menyelimuti bibirnya seperti kupu-kupu yang mengepakkan sayapnya.
"Karena saya ingin."
Angin sepoi-sepoi bertiup melalui taman mawar, membawa aroma manis bersamanya. Leyla mencoba menjawabnya kembali, namun bibirnya tertutup rapat. Jadi yang bisa dia lakukan hanyalah memegang pegangan di teras dengan kedua tangannya.
“Kenapa kamu tidak menjawab?” Kyle bertanya padanya.
Leyla menundukkan kepalanya dan menatap ujung sepatunya dengan canggung. Wajahnya memerah karena malu,
“…Aku tidak tahu harus berkata apa.”
“Apakah kamu malu di depanku?”
“Ya ampun… Tidak mungkin.”
“Tapi wajahmu memerah.”
“Tidak!”
Leyla menyentuh pipi kemerahannya.
"Cuma bercanda."
Leyla tertawa setelah melihat tawa lucu Kyle. Saat itulah Bu Etman, yang sedang mencari putranya di aula pesta, muncul di teras dan menemukan mereka berdua.
“Kyle. Apa yang kamu lakukan disini?" Dia menghela nafas dalam-dalam dan berjalan mendekati mereka.
Leyla buru-buru menegakkan posisinya dan menundukkan kepalanya. Nyonya Etman menerima sapaannya sambil lalu kembali menghadap putranya.