Secara kebetulan, Matthias melihat Leyla melalui balik jendela mobil.
Leyla sedang berlari menyeberang jalan dengan senyum berseri-seri di wajahnya yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Dia membiarkan rambut pirang panjangnya yang tergerai tertiup angin mengikuti langkah kakinya.
Matthias sedikit mengepalkan tangannya. Dia hendak memberitahu pengemudinya untuk memperlambat mobilnya, tetapi akhirnya, dia berubah pikiran dan hanya melirik sekilas ke arahnya yang berlari ke arah seorang pria paruh baya yang tidak lain adalah Bill Remmer.
Leyla melompat dengan langkah ringan ke pelukan tukang kebun seperti burung bersayap, dan tukang kebun itu menangkapnya dalam pelukan beruang. Dia tampak seperti gadis kecil dalam pelukan besarnya dan tersenyum lebar seolah itu adalah senyuman paling cerah di dunia dan melihat tukang kebun itu tertawa terbahak-bahak.
Saat itu juga, mobil melaju melewati mereka. Matthias mengalihkan pandangannya dari jendela dan mengintip ke bawah ke tangannya. Dari tangan yang sedikit terangkat itu, dia masih bisa merasakan sentuhan dan aroma tubuhnya yang tersisa pada hari itu.
Pertunangan akan segera tiba.
Pada saat Matthias merasa lega dengan kebenaran itu, mobil telah melewati gerbang rumah Arvis.
***
Keinginan Leyla menjadi kenyataan.
Semuanya kembali baik-baik saja setelah Paman Bill kembali.
Kesedihan masa remajanya, kenangan tidak menyenangkan dari ciuman pertamanya yang mengerikan, semua kebingungan dan keputusasaannya hilang karena dia tidak lagi sendirian.
Sementara itu, cuaca pagi dan sore hari semakin dingin. Hari-hari semakin berlalu, dan istana Arvis mulai memiliki suasana yang lebih megah dan meriah dibandingkan sebelumnya.
“Oh, jangan bilang begitu , aku akan menyajikan semua masakan terlezat di dunia.” Nyonya Mona, yang baru saja sampai di hutan, melontarkan keributan dengan wajah datar. Dia bersandar dengan santai di kursi di sebelah Bill Remmer dan mulai mengembik dengan sungguh-sungguh. “Aku sudah takut membayangkan betapa megahnya pernikahan mereka jika upacara pertunangan mereka begitu mewah seperti ini.”
Leyla baru saja kembali dari memerah susu kambing dan menyapanya dengan senyuman ceria.
“Tunggu sebentar lagi, Leyla. Besok aku akan membuat mulutmu berair sampai kamu muak. Berapapun jumlah tamu yang diundang, mereka tidak akan bisa menghabiskan setengah dari makanan yang akan aku masak.”
Leyla tanpa sadar mencengkeram ujung blusnya saat mendengar tawa hangat Madam Mona. Cupang yang ditaburkan oleh sang duke di lehernya masih terlihat jelas bahkan setelah beberapa hari. Tanda merah yang terlihat di cermin setiap kali dia melihatnya membuatnya merasa malu dan jijik.
“Apakah upacara pertunangannya sudah besok?”
“Tolong, jangan gunakan kata 'sudah' Leyla. Aku harap…..tidak, aku hanya berharap upacara pertunangan ini segera berakhir.”
“Besok…” gumam Leyla pelan, lalu tersenyum lagi. “Ya, Bibi. aku akan menunggunya.”
Dia berusaha untuk tersenyum lebih cerah seolah ingin menghapus ingatannya yang seperti mimpi buruk. Sejak hari itu, sang duke tidak pernah sekalipun menginjakkan kakinya di hutan. Senang rasanya, Leyla senang mengetahui hal itu.
“Aku suka kue coklat. Dan kue raspberry juga!”
“Aku akan membawakanmu coklat atau raspberry.”
“Bagaimana aku bisa membalas budimu?” tanya Leyla.
"Membayar kembali? Makan saja yang banyak dan tumbuh dengan baik.”