24. Permen Biru

6 0 0
                                    

Empat hari yang dihabiskan Leyla sendirian sungguh menakutkan dan agak aneh.

Mendengarkan nasihat paman Bill, yang awalnya dia anggap sebagai lelucon, Leyla mengunci jendela dan meletakkan senjata berburu yang digantung di kamar pamannya di samping tempat tidurnya.

Bahkan setelah bersiap untuk tidurnya, Leyla tetap terjaga dan sulit tidur. Dia tersentak oleh suara burung hantu dan menderita mimpi buruk yang tiba-tiba muncul. Wajah sang duke sering kali muncul di antara mimpi dia dipukuli atau dibuang. Kenangan akan ciuman mereka berserakan tanpa kenal lelah, dan semakin dalam dalam mimpinya bagaikan rawa ketan.

Rona pertama di pagi hari terbit dan setiap hari terasa begitu panjang dan abadi. Leyla menyibukkan diri dan terus bergerak tanpa istirahat sedikit pun. 

Dia merawat ternak, merawat halaman rumput, dan menyapu serta memoles semua tempat di pondok yang sudah bersih itu. Dia mencuci semua tirai dan tempat tidur dan bahkan mengatur gudang. Membaca buku atau belajar adalah satu-satunya tugas yang dia lewatkan: karena matanya, anehnya, tidak bisa memahami prosa buku itu.

Leyla menghabiskan sepanjang hari sendirian, berjalan mondar-mandir hingga malam tiba membawa mimpi buruk lainnya. 

Pada pagi hari keempat, dia keluar untuk mengurus halaman belakang, mengikat erat tali celemek di belakangnya.

Semuanya sangat mematikan pikiran.

Bill Remmer secara teratur menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja. Selain membantunya mengerjakan pekerjaannya, Leyla menjalani tugas sehari-hari dan belajar. 

Hidup bersama bukan berarti semuanya bisa dilakukan bersama. Mereka hanya duduk di meja yang sama, kembali ke rumah hangat yang sama di malam hari, berbagi cerita dari hari-hari mereka, dan seterusnya…

“Ini pertama kalinya.”

Leyla bergumam termenung saat menyadari hal itu.

Sejak dia diantar ke Berg, dia tidak pernah memimpin satu hari pun terpisah dari Paman Bill. Dia selalu berada di sisinya, dan tidak pernah satu hari pun dia sendirian. Bill Remmer selalu ada bersamanya, baik siang maupun malam, seperti jarum jam.

Tapi sekarang, dia sendirian.

Kesadaran yang disadari Leyla Lewellin selama empat hari memberinya kesadaran lain . Itu mencerahkannya: betapa kesepian, sedih, dan takutnya dia ketika dia mengembara di dunia ini, sendirian.

Leyla berjalan mundur selangkah setelah sejenak berdiri diam. Sambil memberi makan ayam dan memerah susu kambing, dia terus melirik ke seberang halaman. 

Harapannya yang paling besar agar Paman Bill kembali telah tumbuh menjadi doa yang tulus. Dia yakin sebagian besar kebingungan dan frustrasinya akan hilang begitu dia kembali. Kesendiriannya, kesedihan masa remajanya, kenangan buruk akan ciuman pertamanya bisa dilupakan bersama seseorang untuk menemaninya. 

Semuanya akan baik-baik saja, dan segalanya akan kembali seperti semula.

•*•*•*•

“Kyle Etman.”

Kyle menoleh ke belakang, terkejut setelah seseorang tiba-tiba memanggil namanya dari belakang. Ayahnya sudah berdiri di belakang kursinya.

“Ya, ayah.”

Kyle bergegas berdiri. Sebuah buku tetap terbuka di halaman yang sama selama beberapa hari di mejanya. Halaman itu belum dibalik sejak malam ketika dia mengumumkan akan menikahkan Leyla dengan ayahnya.

“Kamu pulang lebih awal.”

Kyle bergantian menatap ke luar jendela yang masih terang dan menatap wajah ayahnya. Bibir Dr. Etman membentuk senyuman lembut saat melihat tatapan tajam putranya. “Ini akhir pekan, Kyle.”

1 LOVE UWhere stories live. Discover now