Dia menggerakkan jarum stylus dan musik mulai diputar.
Fonograf yang dipasang di atas lemari kayu mahoni memainkan opera aria dan memecah kesunyian yang menyelimuti ruang tamu paviliun.
Jam perapian di meja konsol menunjukkan bahwa saat ini sudah pukul lima.
Matthias bersantai kembali di sofa setelah beberapa kali mengubah frekuensi untuk mendengarkan genre musik baru.
Melodi Waltz yang terbang ringan dan ceria. Jari-jarinya yang panjang dengan lembut menyentuh sandaran tangan, perlahan-lahan mengetuk mengikuti irama.
Matthias sejenak memusatkan perhatian pada vas mawar yang ditata lusuh di samping perapian sebelum mengalihkan pandangannya ke luar jendela.
Cuaca menjadi lebih dingin saat malam menjelang. Angin dari sungai mengayunkan jubahnya sebelum menuju ke hutan.
Dia mengulurkan tangan dan membuka tutup kotak perak kecil yang diletakkan di meja kerjanya.
Lagu waltz berakhir ketika dia mengambil sebatang rokok dari kotaknya dan menyalakannya.
Tengah malam di musim panas terasa monoton dan tidak menyenangkan.
Matthias merokok sambil mendengarkan musik string yang meriah berikut ini. Ketika lagu kedua berhenti, dia mengambil kacamata Leyla, yang dia buang sembarangan ke nampan di sebelahnya, dan menaruhnya di wajahnya.
Dunia yang dilihatnya melalui lensa membuatnya pusing. Penglihatannya sepertinya sangat buruk.
Itukah sebabnya dia selalu mengerutkan kening?
Matthias tiba-tiba teringat pada gadis kecil yang selalu menatapnya dengan wajah kesal.
Meski terlihat lemah, mata wanita muda kurus dan rendah hati itu bersinar terang.
Anak yang seharusnya tinggal sebentar di dunia Matthias telah tumbuh dan menjadi seorang wanita.
Fitur kurusnya tersembunyi oleh perhatian yang tertuju pada wajah rampingnya, yang dibingkai oleh kacamata tipis berbingkai emas.
Aroma segar dan manis sepertinya selalu melekat pada gadis dengan mata berkilauan itu.
Aroma bunga mawar.
Bunga yang memenuhi taman musim panas Arvis.
Matthias pergi ke balkon yang terbentang ke arah tepi sungai.
Dia mengeluarkan asap rokoknya dalam aliran panjang sambil dengan longgar memegang kacamata Leyla.
Bayangannya memanjang saat dia dengan santai bermain lempar tangkap dengan kacamatanya beberapa kali.
"Leyla."
Dia berbisik di malam musim panas yang lembap.
"Leyla Lewellin."
Matthias harus menggelitik ujung lidahnya untuk menyebut nama menyebalkannya tanpa tergagap.
Setelah kembali ke ruang tamu, Matthias meletakkan kacamatanya di laci meja konsol.
Ingatan akan mata zamrud yang dilihatnya melalui kacamatanya lenyap begitu dia menutup laci.
Matthias kemudian pergi ke kamar mandi dan mandi air hangat. Dia mengganti pakaiannya dan menyisir rambutnya.
Dia kembali menjadi model Duke of Arvis pada saat dia meninggalkan paviliun untuk menghadiri makan malam.
***
"Bagaimana kalau gagak itu mencurinya lagi?"
"Yah......kuharap tidak." Leyla mengangkat bahu sambil duduk di meja dengan wajah muram ketika Bill bertanya padanya dengan nada bercanda.