18

137 2 0
                                    

"Paman, ini kelihatannya mahal,"

Leyla terkejut ketika dia melihat ke dalam kotak dengan mata melotot. Bill juga kagum dengan keadaan saat ini dan tidak bisa memberikan alasan yang bagus.

Leyla mencibir pada Bill, "Paman, apakah kamu menghabiskan banyak uang?"

"TIDAK. Tidak terlalu .... itu tidak semahal yang kau kira! Kamu terlalu khawatir tentang segalanya."

Bill sedikit tergagap. Pada hari pesta, gaun yang telah disiapkan Nyonya Mona tiba di pondok mereka.

Dia yakin kurir akan mengirimkan gaun itu. Namun siapa sangka gaun tersebut diantar oleh seorang pemuda yang mengaku sebagai pegawai toko. Jadi Bill berasumsi mungkin Nyonya Mona telah membelikan gaun yang sangat spesial untuk Leyla hingga petugas menyerahkannya langsung kepada mereka.

Gaun itu jauh melampaui ekspektasinya setelah Leyla membuka kotaknya.

Bahkan bagi Bill, yang hanya tahu sedikit tentang fesyen dan aksesoris wanita, matanya dapat melihat bahwa gaun putih yang dijahit dengan benang emas tampak mewah dan surgawi. Begitu pula dengan sepatu, sarung tangan, dan kalungnya.

'Tunggu, berapa banyak uang yang kuberikan pada Nyonya Mona sebelumnya?'

Bill mulai menghitung dengan jarinya.

'Tetapi apakah dia juga membeli kalung itu dengan uang yang kuberikan padanya?'

Dia bingung dan menghitung ulang sekali lagi, tapi Leyla segera menutupnya kembali.

"Mengapa? Kamu tidak menyukainya?"

"Bagaimana mungkin aku tidak menyukainya?"

"Lalu kenapa?"

"Ayo kita kembalikan. Aku tidak ingin kau membuang uang sebanyak ini hanya untuk acara satu malam."

Leyla tampak khawatir. Reaksinya bertolak belakang dengan dugaan Nyonya Mona bahwa hadiah itu akan membuatnya senang.

"Leyla, kalau kamu tidak memakai ini ke pesta. Aku tidak ingin melihatmu lagi."

Ekspresi Bill tiba-tiba menjadi kesal.

"Kamu tidak pernah ingin berhutang budi padaku. Aku mengerti alasanmu, tapi aku tidak suka jika kamu memberi batas antara aku dan kamu, Leyla."

"Paman....."

"Aku akan membuangnya ke perapian jika kamu tidak mengambilnya. Dan aku tidak akan bertemu denganmu lagi."

Bill yang tampak marah melangkah ke pintu depan dan melarikan diri ke luar pondok.

Dia berjalan-jalan di taman bunga dengan rokoknya, namun pikirannya dipenuhi dengan penyesalan karena mengatakan hal-hal yang menyakitkan kepada anak itu. Dia tidak bersungguh-sungguh ketika mengatakan dia tidak akan pernah bertemu dengannya lagi.

Bill sedang mempertimbangkan apakah akan kembali atau tidak ketika Kyle tiba-tiba muncul dengan jas berekornya dari seberang jalan.

"Tn. Remmert. Apakah Leyla siap?" tanya Kyle dengan wajah cerah.

Bill merenung sejenak saat kedatangannya. Kyle Etman yang selama ini dikiranya hanyalah seorang anak kecil yang selalu berpura-pura menjadi dewasa, kini tampak seperti pria dewasa dengan setelan formal.

"Baik. Aku tidak tahu."

"Apa? Leyla tidak ada di rumah? Pestanya akan segera dimulai."

"Dia ada di rumah, tapi......"

Bill menghela nafas. Dia tidak tahu bagaimana menjelaskannya. Namun tiba-tiba, pintu depan berderit terbuka dan Leyla keluar.

Dua pria yang menunggu di luar menoleh dan takjub melihat pemandangan menakjubkan di depan mata mereka.

101Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang