Pada tanggal 10 Desember 2023, suasana Olimpiade TIK-Informatika Nasional di Kampus UNISMA, Bekasi, begitu sarat dengan semangat persaingan di berbagai cabang lomba. Dalam cabang Mengetik Cepat, Dizartika, S.T, Gr, dari SMPIT IQRA' Kota Bengkulu, menjadi peserta bersama dengan Jasmine Safa Leniza.
Dizartika, seorang pendamping lomba yang biasanya berada di sisi peserta, kali ini berada di kursi peserta Mengetik Cepat. Dengan ketebalan pengalaman dan keahliannya, ia bersiap menghadapi tantangan mengetik dengan pesat. Jasmine Safa Leniza, siswi berbakat dari SMPIT IQRA' Kota Bengkulu, juga sudah siap memberikan yang terbaik.
Begitu lomba dimulai, suara ketukan cepat tombol keyboard mengisi ruangan. Dizartika dan Jasmine, dalam kekhusyukan mereka, mengetik dengan cepat dan akurat. Semangat kompetisi mengalir di antara peserta, termasuk Dizartika yang kali ini menunjukkan kemampuan mengetiknya.
Setelah lomba berakhir, suasana ruangan kembali hening. Peserta menunggu dengan jantung berdebar saat hasil penilaian disusun. Ketika nama Jasmine Safa Leniza diumumkan sebagai salah satu pemenang, sorak sorai kegembiraan menggema. Dizartika, dengan senyum bangga, merangkul Jasmine sebagai bentuk apresiasi atas kerja kerasnya.
Di cabang lomba Cerdas Cermat Critical Thinking, Ramli Jainal Muttaqin, S.Pd., dari SMP Labschool Jakarta Tim A, menjadi peserta bersama dengan trio peserta tangguh: Dylan Ahsanafi Ishar, Muhammad Faiq Misyal, dan Muhammad Alif Fatih Ferdiansyah.
Ramli, yang biasanya berada di sisi pendamping, kali ini bergabung dengan para siswanya untuk menghadapi tantangan. Mereka mempersiapkan diri dengan cermat, merinci berbagai topik dan latihan soal-soal yang kompleks. Ramli memberikan panduan tentang cara menganalisis pertanyaan secara tepat dan mengembangkan pemikiran kritis.
Saat lomba dimulai, trio peserta Cerdas Cermat Critical Thinking dari SMP Labschool Jakarta Tim A berusaha menjawab setiap pertanyaan dengan cermat dan tepat waktu. Ramli, sebagai peserta, memberikan kontribusi berharga dalam perdebatan dan analisis.
Hasilnya, ketika pemenang diumumkan, nama Dylan, Faiq, dan Alif tercetak sebagai juara. Ramli, dengan kebanggaan, merayakan keberhasilan mereka. Meskipun berada di sisi peserta, semangat Ramli dalam membimbing dan mengembangkan kemampuan kritis siswanya tetap terpancar.
Dalam cabang Mengetik Cepat, Ustadzah Dizartika dari SMPIT IQRA Kota Bengkulu, kembali beraksi dengan peserta Hafis Alfath Insyiraah. Ustadzah Dizartika, yang sudah berpengalaman di dunia mengetik, memberikan bimbingan teknis dan tips agar Hafis dapat menghadapi lomba dengan percaya diri.
Ketika lomba dimulai, suara ketukan keyboard kembali mengisi ruangan. Hafis, dengan kecepatan dan ketepatan mengetiknya, memberikan penampilan yang mengesankan. Dizartika, sekarang berada di sisi pendamping, memberikan dukungan dan semangat kepada Hafis.
Setelah lomba selesai, Hafis merasa puas dengan penampilannya. Ustadzah Dizartika, dengan senyum, memberikan pujian atas upaya dan kecepatan mengetik yang ditunjukkan oleh Hafis. Bersama-sama, mereka menanti hasil penilaian dengan harapan yang tinggi.
Dalam cabang lomba Fotografi, Ramli Jainal Muttaqin, S.Pd., dari SMP Labschool Jakarta, memegang kamera sebagai peserta, berkolaborasi dengan peserta Adika Prayata. Ramli, yang biasanya memberikan panduan tentang teknik fotografi, kali ini berada di sisi kreatif.
Mereka bersama-sama mencari momen yang menarik dan mengabadikannya dengan penuh dedikasi. Adika, dengan bakatnya dalam melihat keindahan visual, dan Ramli, dengan pengalamannya, menciptakan karya yang menggambarkan keindahan dan keunikan.
Ketika hasil lomba diumumkan, foto-foto yang dihasilkan oleh Adika dan Ramli mendapat apresiasi tinggi. Mereka berdua merayakan keberhasilan dalam menciptakan visual yang memikat dan bermakna. Ramli, kali ini sebagai peserta, merasakan kebahagiaan dalam menyumbangkan keahliannya dalam dunia fotografi.
Terakhir, dalam cabang lomba Cerdas Cermat Critical Thinking, Ramli Jainal Muttaqin, S.Pd., dari SMP Labschool Jakarta (Rawamangun) Tim A, bersatu dengan trio peserta tangguh: Dylan Ahsanafi Ishar, Muhammad Faiq Misyal, dan Muhammad Alif Fatih
YOU ARE READING
Olimpiade TIK-Informatika Nasional 2023
General Fictioncatatan kegiatan olimpiade tik-informatika nasional 2023 yang diselenggarakan di kampus unisma bekasi oleh Komunitas Guru TIK-Informatika (KOGTIK) PGRI