17.40 - 17.57

5 1 0
                                    

"Being alone is not always lonely, bad, and sad."

Ramai, tetapi sepi. Ramai, penuh dengan kebisingan. Saya bisa apa? Selain hanya diam. Semua berbicara, seakan mereka tidak pernah lelah.

Berisik.

Saya ingin mencari tempat yang tenang, tidak ada kebisingan, tidak ada teriakan, pertengkaran. Akan tetapi, saya tidak mungkin bisa pergi sampai sejauh itu.

Semua ada batasnya, begitu juga saya yang tidak selalu bisa pergi kemana saya ingin. Ah, terhalang usia? Itu salah satu alasannya dan biaya.

Berbicara soal uang? Uang memang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang. Hal itu tidak akan bisa disangkal lagi. Mencari uang tidak mudah, tetapi menghabiskannnya lebih dari kata mudah.

Hidup di dunia memang tidak mudah, jika kita tidak memiliki kekuatan, tekad, dan usaha yang keras, kita tidak akan bisa hidup.

Orang lain tidak bisa selalu membantu kita, yang bisa, hanya kita sendiri. Asalkan satu, usaha. Akan tetapi, tidak semua usaha menghasilkan sesuatu seperti harapan kita.

🩹🩹🩹

Memang benar, ya, tidak ada yang benar-benar mengerti kita, kecuali diri kita sendiri, bahkan orang tua kita saja juga kurang tahu tentang diri kita.

Hanya kita lah, satu-satunya orang yang mengetahui diri kita, dan Tuhan. Mereka yang berbicara panjang lebar tentang kita, bukan berarti mereka mengerti kita itu bagaimana.

Sebagaian dari mereka hanya sok tahu, bukan benar-benar tahu. Mereka berbicara mengenai kita, padahal mereka tidak tahu hidup kita, bahkan, mereka saja hanya mengetahui seperempat tentang hidup kita. Ahhh, atau bahkan kurang dari seperempat?

Benar, semua orang itu mempunyai kacamatanya sendiri untuk melihat dan menilai orang lain. Mereka mempunyai sudut pandang sendiri mengenai kita.

Mereka yang tidak suka dengan kita, akan selalu menilai kita jelek dengan kacamatanya. Mereka yang iri dengan kita, akan selalu melihat keburukan kita.

Mereka selalu berbicara seolah-olah mereka tahu bagaimana kita. Padahal, semua yang mereka bicarakan hanya omong kosong. Salah, penilaian mereka kepada kita itu salah.

Ahh, tapi sudahlah, itu sudut pandang mereka, susah untuk membenarkannya, apalagi, jika mereka sudah benci dengan kita.

Kuncinya hanya sabar, dan buktikan kalau kita pasti bisa. Mereka meremehkan kita, walau begitu, kita harus tunjukkan kalau kita bisa.

- 𝚃𝚛𝚒𝚐𝚘𝚗𝚘𝚖𝚎𝚝𝚛𝚒

Rabu, 13 Maret 2024.
17.40 - 17.57

ArunikaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang