EPILOG [AKHIR CERITA]

41 18 4
                                    

Ayah, Langit pengen jadi laki-laki sehebat ayah. Jadi orang yang bisa diandalkan keluarga, bisa nolongin tiap bang Raden atau bang Mahes kesulitan, bantuin mama ngurusin semua keperluan kita. Langit pengen dewasa, biar bisa dibanggain keluarga. Langit juga pengen ngebantu ekonomi keluarga kita. Hati Langit sakit, ngeliat kerja keras ayah sama abang yang sampe ga merhatiin kesehatan. Langit ga suka. Ayah, tetap sehat, ya? Jangan sakit kayak langit. Ayah... Langit pengen panjang umur...

Mama, katanya Langit paling mirip mama daripada saudara yang lain kan? Tapi mama bisa ngelakuin apa aja, kok Langit gabisa :(
Buat selalu sehat dan bikin mama senyum aja langit gabisa. Mama, Langit sakit, gasuka. Sakitnya bikin Langit ngerasa lebih baik ga hidup lagi, tapi Langit keinget mama, rasa sakit mama pas ngelahirin langit pasti lebih sakit, kan? Kok gini aja ngeluh sih.

Bang Raden, abang paling hebat sejagat raya, hehe. Langit selalu kagum sama bang Raden yang pekerja keras, bisa diandalin dimana aja, multitalenta, pokoknya the best deh!!! Langit selalu jadiin bang Raden role model kehidupan yang berguna. Langit pengen jadi kayak bang Raden, Langit pengen bantuin ayah kerja, bantuin mama ngurusin rumah, bantuin saudara kita yang lain. Langit takut, waktu yang Langit punya ga cukup buat semua itu...

Mas Tala, abangnya Langit yang paling keren. Langit suka mas Tala, mas Tala keren, selalu ngebelain dan ngebantuin kami tiap kena masalah. Mas Tala selalu muncul tanpa perlu dipanggil. Walau sering jahil, tapi Langit tetep sayang sama mas Tala. Langit pengen dijailin lebih lama sama mas Tala... Langit pengen hidup lebih lama...

A' Jaya, walaupun selalu datar, tapi aa selalu lembut ke kita semua. A' Jaya bukan ga peduli, dia cuman ga banyak bicara, tapi selalu mastiin kalau kebutuhan adik-adiknya terpenuhi. A' Jaya lebih suka langsung bertindak daripada bertele-tele. Langit pengen jahilin aa lagi, tapi kayaknya Langit ga punya waktu lagi buat itu deh :)

Kak Yana, mama kedua Langit. Hehee, Langit akuin deh, masakan kak Yana enak, dikit, ga banyak. TAPI JANGAN KEGEERAN!! Masi enakan masakan mama. Kak Yana ngeselin sih, dipuji dikit aja senengnya selangit, padahal mujinya biasa aja. Makanya Langit males bilang masakan kak Yana enak kalau didepan kakak, soalnya nanti kakak kegeeran. Tapi sekarang, kayaknya Langit bakal kangen masakan kakak lagi deh, hehee.

Kak Nanta, dia kakak ku yang paling baik juga. Dia walaupun agak cuek tapi suka banget jahil, sama halnya seperti Kak Annoy. Aku juga beruntung punya kakak seperti Kak Nanta, dia baik, perhatian dan juga manis. Kakak jangan sering-sering suka jahilin Mas Tala ya bareng Kak Annoy, kasian dia nya tantrum terus gegara kalian berdua.

Buat semua harapan dan impian kalian, semoga terkabulkan ya. Jangan seperti Langit, harapan nya gak di kabulin untuk panjang umur selalu, jadinya sedih. Tapi Langit sudah cukup bahagia memiliki kalian walaupun belum puas untuk waktu yang singkat ini.

Teruntuk diri aku sendiri, Langit Raden Ragantara. Terimakasih sudah bertahan selama ini, terimakasih sudah membuat banyak kenangan bersama keluarga ini, terimakasih sudah menjadi anak yang baik untuk ibu dan ayah, terimakasih sudah menjadi adik yang baik untuk abang-abang dan kakak-kakaknya, walaupun sempat menjadi orang yang sangat merepotkan untuk yang terakhir. Aku senang, sangat senang. Saking senangnya, aku sampai tidak bisa berhenti menangis, air mata ku juga keluar begitu saja tanpa hentinya. Aku senang berada di dalam keluarga ini walau cuma untuk sebentar.

Untuk selamanya, aku akan mengingat momen-momen yang pernah aku lalui bersama kalian. Tak akan pernah ku lupakan sekalipun aku akan hidup di dunia selanjutnya.

Langit Raden Ragantara, 2025

***

Satu tahun kemudian, keluarga Raden ini kembali beraktivitas seperti biasanya, sebelumnya mereka masih merasakan duka atas kepergian sang adik, si bungsu keluarga Raden. Namun mereka sadar jika mereka selalu tak mengikhlaskan kepergian sang adik, hal itu membuat seseorang yang sudah pergi tak akan tenang di alam sana. Sedikit demi sedikit, secara perlahan mereka bisa mengikhlaskannya.

Rumah ini tak berjalan seperti sebelumnya, sunyi, sepi dan redup. Walaupun ada canda tawa di dalamnya tapi suasana di sana tetap terasa hampa, seolah tak ada cahaya lagi yang terpancar ke arah rumah tersebut.

Sampai akhirnya ayah dan ibu mereka memutuskan untuk pindah dari sana. Mereka tak menjual rumah itu, karena di sana banyak kenangan kebersamaan mereka. Agar kenangan itu tidak hilang, mereka ingin mengabadikan nya di sana.

***

Jum'at, 14 Juni 2024

[01] Nawasena The Raden » Family Version [END]✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang