Happy reading.
Bab 8.
.
Jam menunjukkan pukul 16.00
Kalau di sekolah lain, itu adalah jam jamnya pulang sekolah, tapi tidak dengan SMA Batavia. Jam 4 sore adalah waktunya jam pelajaran tambahan.
"Good afternoon everyone!" seru Mr. Alan merupakan guru mapel tambahan.
"Afternoon sir!" seru seluruh siswa kompak.
"Today, saya akan mengadakan ulangan harian matematic, but bukan ulangan tertulis melainkan ulangan lisan," seru Mr. Alan sukses membuat satu kelas jadi ketar ketir.
"Saya akan memberikan beberapa pertanyaan dalam waktu 20 menit. Bagi yang sudah bisa menjawab 10 pertanyaan akan mendapat skor 100. Do you understand students?"
"YES SIR!"
"Okay, let's get started."
"Number one. Tekanan darah manusia dapat diukur dengan sphygmomanometer. Alat ini akan menunjukkan nilai sistole dan diastole. Kondisi yang menyebabkan diastol adalah.."
Tamara mengangkat tangan, "Serambi menguncup dan bilik mengembang sehingga darah mengalir dari serambi ke bilik."
"10 point."
"Next, Apakah perbedaan antara difusi sederhana dan difusi terfasilitasi dalam konteks transpor pasif?"
Hilan mengangkat tangan, "Difusi terfasilitasi melibatkan bantuan protein pembawa untuk memfasilitasi pergerakan zat, sedangkan difusi sederhana tidak.
"10 point."
"Next, Cos'è una pompa ionica nel contesto del trasporto attivo? (Apa yang dimaksud dengan pompa ion dalam konteks transpor aktif?)"
Pertanyaan menjebak! Mr. Alan sengaja menjebak siswa menggunakan bahasa italia. Ya meskipun sekolah mengajarkan bahasa tersebut, namun tidak banyak siswa menguasainya dengan bagus. Disaat semua siswa berpikir menterjemaahkan kalimat, namun Biru dengan waktu 3 detik saja sudah mengerti.
Biru mengangkat tangan, "Proteina integrale della membrana cellulare che utilizza l'energia dell'ATP per pompare ioni contro un gradiente di concentrazione (Protein integral membran sel yang menggunakan energi ATP untuk memompa ion melawan gradien konsentrasi)"
Mr. Alan tersenyum karena Biru bisa menjawab dengan bahasa italia dengan lancar, "10 point Biru."
"Next question, Why is active transport considered a process that requires cellular energy?"
Rava mengangkat tangan, "Because it involves the movement of substances through the cell membrane using ATP energy to heat the substance against a concentration gradient."
"10 point."
"Next. Jelaskan perbedaan antara endositosis dan eksositosis dalam konteks pergerakan zat melalui membran sel."
Ain mengangkat tangan, "Endocytosis involves capturing substances from the environment and forming vesicles, while exocytosis involves releasing vesicles containing substances out of the cell."
"10 point Ain."
"Next, Aliran fluida yang garis arusnya tidak mengalami turbulensi disebut?"
Timur mengangkat tangan, "Aliran laminer yaitu aliran fluida ideal yang bersifat laminer, artinya garis arusnya tidak mengalami turbulensi."
KAMU SEDANG MEMBACA
ZT
Teen FictionZes Tieners merupakan bahasa belanda yang artinya Enam Remaja yang memiliki kemampuan telepati dan tak dimiliki remaja lainnya. Enam remaja itu bersekolah di BATAVIA HIGH SCHOOL. Salah satu sekolah favorit di Jakarta. Sistem sekolah yang gila, membu...