6. Rumor

44 5 0
                                    

Hari Senin, gue udah kembali sehat seperti biasa dan karena Bumi nginep di rumah, jadi pagi ini adalah bagian gue untuk anter dia ke sekolah. Bumi itu kecil-kecil pikirannya kritis banget bikin gue yang otaknya ga seberapa encer ini kewalahan sama pertanyaan dia yang kadang di luar nalar semua.

Kayak, kenapa sih angka satu itu bentuknya harus gitu, kenapa suara orang bisa beda padahal tenggorokan manusia semuanya sama, kenapa ada perspektif cantik dan jelek, yang tentu bikin otak gue berasap.

Gue aja yang udah hidup seperempat abad ga pernah mikir gituan, ni kenapa bocil malah kepikiran ya? Wajar sih, isi kepalanya belum dipenuhi sama kebutuhan hidup yang bahkan untuk nyarinya aja susah banget.

Kalo kata Mas Bima, pas Bumi nanya-nanya hal kritis kayak gitu mending alihin aja pembahasannya, nanti Bumi suruh nyari sendiri di internet biar dia ada usaha. Gue sih lumayan setuju sama parenting Mas Bima dan Mbak Lana ya, soalnya mereka ngebiarin anaknya mengeksplorasi apa yang ada dipikiran anaknya.

Sampai di sekolah Bumi, gue bisa liat ada satu anak kecil cewe, mukanya kayak ga asing, dan anak kecil itu cantik banget sumpah gue ga boong, dia nyamperin Bumi sambil lari-larian, gue yang takut anak kecil itu jatuh reflek ngedeket dan langsung nangkap anak kecil tadi yang kayaknya mau meluk Bumi.

"Kamu gapapa kan?" Tanya gue ngeliat ke anak perempuan tadi. Dia ngangguk-ngangguk sambil senyum manis banget.

"Makasih kakak," Ucap anak perempuan tadi terus noleh ke Bumi.

"Bumi, aku ada mainan baru yang dibeliin om aku, kemarin dia ngasih oleh-oleh dari Bandung," Katanya lagi dengan antusias ke arah Bumi yang cuma natap datar.

Sok cool banget ni bocah.

"Oh ya? Mana liat? Bulekku pelit ga pernah ngasih aku mainan," Jawab Bumi cemberut.

Dalam hati gue ngedengus ga terima, apa katanya? Ga pernah ngasih mainan?

"Ihhh kok jahat," Ucap anak perempuan tadi. Gue ngerapetin bibir geregetan pengen jitak pala Bumi karena udah fitnah sembarangan.

"Iya emang jahat, galak lagi suka marahin aku padahal aku ga nakal," Kata Bumi lagi semakin bikin gue pengen remes-remes anak tunggal Mas Bima itu.

"Oke guys sekarang waktunya kalian masuk kelas, nama kamu siapa? Nanti kalau Bumi nakal bilangin ke miss-nya aja ya biar dimarahin," Kata gue biar drama ngejelek-jelekin 'buleknya' Bumi itu berhenti.

"Nama aku Valena Kak, oke siap, Bumi ga nakal kok," Jawab bocah tadi sambil senyum manis banget. Anak siapa sih kok gemoy.

Akhirnya setelah pamitan mereka masuk ke dalam sekolah, sedangkan gue kembali ke motor gue dan gas lanjut ke Gantara hotel tempat gue kerja. Kenapa gapake mobil aja? Karena ribet, lagipula jarak antara rumah gue dan tempat kerja ga terlalu jauh, apalagi jalanan kota pasti macet. Jadi lebih milih pake motor biar sat set.

Walaupun wajah jadi kusem, tapi it's okey, Sabrina tetep cantik kok. Apa? Gapercaya lo?

"Pagi mbak Sabrina cantik," Sapa pak satpam ketika gue udah sampai di gerbang hotel. Tuh kan ada buktinya kalau gue emang cantik.

"Pagi pak Yatno, udah sarapan belum pak?" Kata gue sambil ngelirik ke arah pos satpam, biasanya disana udah terpampang bubur ayam.

"Belom mbak, Kang buburnya libur," Jawab Pak Yatno. Gue ngangguk-ngangguk terus ijin masuk buat markirin motor.

Setelah parkir gue udah mutusin pagi ini buat ke Food & Beverage manager buat ambil data pembelian bahan makanan. Letaknya ada di lantai dua dan nyatu sama bagian kitchen. Sebenernya gue bisa aja jalan kaki naik ke lantai dua, tapi karena mager dan pengen memanfaatkan penggunaan lift, ya gue akhirnya milih pake lift dong.

Entah ini suatu kebetulan atau gimana tapi sekarang didalam lift ini cuma ada gue dan Pak Alden yang mungkin mau ke ruangannya.

"Pagi, Pak." Gue sebagai bawahannya ya harus nyapa duluan dong biarpun masih gondok soal kemarin yang gue dituduh sebagai pelaku bullying.

"Pagi, mau kemana?" Tanya Pak Alden yang sekarang sibuk sama ponselnya.

"Ke kitchen pak, ambil laporan pengeluaran pembelian bahan makanan." Jawab gue sopan. Habis itu kita sama-sama diem karena memang ga ada yang perlu dibicarakan.

"Sudah sembuh memang?" Celetuk Pak Alden lagi yang buat gue ngernyitin dahi. Dia tahu kalau gue sakit? Darimana? Tapi gue ga ambil pusing sih, jadi langsung jawab. "Sudah, Pak."

Karena cuma ke lantai dua jadi gue turun duluan, sampai di area kitchen, bisa gue liat ada Vano dan Renata, chef hotel ini yang lagi nyiapin barang-barang dan bahan makanan buat di masak. Renata yang ngeliat gue duluan langsung nyapa gue.

"Wih Sabrina, tumben kesini." Kata dia sambil senyum kearah gue. Gue juga ikut senyum dong.

"Iya mau ambil laporan," Jawab gue singkat.

Renata ngedeket kearah gue terus bilang, "Heh, rumor lo yang abis ngebully anak baru bener ga?"

Gue ngedengus dong, males sama pertanyaan Renata yang ga jelas banget itu. Gue natep Vano yang kayaknya juga lagi nungguin jawaban gue.

"Menurut kalian aja gimana," Jawab gue sinis yang bikin mereka berdua kompak ketawa lebar dan kenceng banget.

"Kalo di liat-liat emang cocok banget sih jadi pembully," Celetuk Vano sambil cengengesan, gue yang udah badmood langsung ngelengos pergi gitu aja ke ruang Bu Berta. Ini beneran semua staf hotel nganggep gue perundung gitu?

Sebelum masuk ke ruangan Bu Berta, hal yang harus lo persiapkan adalah mental. Selain karna lo bakal jadi keliatan bodoh dihadapan dia, lo juga akan di intimidasi sama ucapan-ucapan beliau yang nyelekitnya satu tingkat diatas Bu Yola. Ini udah terbukti dari ucapan para chef dan gue sendiri yang memang sering, bahkan selalu kena damprat sama ucapan beliau.

"Permisi Ibu," Ucap gue sambil ngetok pintunya. Pas denger suara Bu Berta yang nyuruh masuk, gue langsung ikutin perintah dia.

Di depan mejanya udah terpampang beberapa makanan yang pasti ini punya Bu Berta, beliau emang suka nyemil. Pantas saja tubuhnya seperti nyonya puff. Maaf Bu.

"Ambil laporan?" Tanya Bu Berta datar sambil menyomot makanan ringan yang ada didepannya. Gue udah mau duduk tapi Bu Berta keburu nyerahin buku laporannya ke gue. Yah padahal sebenernya mau icip makanan ringan yang dibawa beliau.

Tangan gue langsung nerima buku laporannya dong, tapi karena emang udah hilang rasa malu jadi gue duduk di depan meja dia dan berbasa-basi. "Banyak banget bu makanannya," Kata gue.

Bu Berta cuma naikin satu alisnya, "Ambil," Ucap beliau.

Aduh Bu peka banget deh, jadi enak.

"Makasih Bu," Kata gue dengan senyum semringah langsung ngambil makanan yang menarik banget buat gue.

"Cepet-cepet pergi dari sini deh kamu, saya ga betah lama-lama satu ruangan sama pelaku perundungan," Kata Bu Berta dengan muka datarnya, gue lagi-lagi dibikin kesel. Semua orang nganggep gue pembully. Kan sial banget ya.

"Ibu percaya sama rumor itu?" Kata gue kan, biasanya ni Bu Berta orang yang kritis, yang susah banget buat berpihak ketika ada masalah di hotel ini.

"He em," Singkatnya.

Gue ngehela napas gusar, "Saya sama sekali ga pernah ngebully orang bu, rumor yang beredar itu jelas banget salah. Saya tekenin sekali lagi itu salah."

Gue natap Bu Berta dalam-dalam, berharap ia mau percaya sama gue. Keheningan terjadi dan gue cuma bisa ngebatin dalem hati kalau semua rumor ini fitnah. Gue jadi kepikiran sama Dewi, dia gimana ya?

"Kalo gitu saya permisi dulu, Bu." Pamit gue.

•••

Wah wah wah, fitnahnya semakin menjadi-jadi nih. Ciara cerita ke orang-orang kayak gimana ya sampe Sabrina sama Dewi jadi tersangka pelaku bullying?

Mixed Signals (On Going)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang