7. Meluruskan yang bengkok

39 6 0
                                    

Dua hari kemarin kan gue ga berangkat kerja karena sakit ditambah emang jatah libur mingguan, jadi sama sekali belum ketemu Dewi. Pagi ini barusan ambil laporan ke FnB manager, jadi gue juga belum ke ruangan.

Sampai diruangan, si Dewi langsung nyamperin gue. Mata dia sembab banget kayak abis disengat lebah, gue nanya dong. "Kenapa lo?"

Dia malah meluk gue kenceng banget sambil nangis sesengukan, gue tambah herankan. Ga lama kemudian Zico dateng, dia langsung nyamperin kita dan nanya tanpa suara ke arah gue. Gue sendiri cuma gelengin kepala karna emang gatau kenapa Dewi bisa sampe nangis.

Cukup lama buat nenangin si Dewi, tapi akhirnya tanpa dipaksa dia cerita sendiri. Katanya sih abis diputusin pacarnya, for your information, pacar Dewi itu kerja disini juga di bagian Event Manager.

Bu Yola masuk keruangan diikuti Daniel. "Kenapa itu Dewi?" Tanya dia kan terus naruh tasnya di meja. Dia ngeliat ke arah kita nunggu jawaban.

"Abis broken heart bu, putus sama pacarnya." Kata Zico dengan nada ngeledek. Terus Dewi mukul bahunya kenceng banget sampe si Zico kesakitan, gue sendiri cuma senyum.

"Lebay, gitu aja sampe nangis." Sindir Bu Yola kemudian duduk di kursinya dan mulai membuka laptop.

"Kerja, kerja." Kata dia sambil ngelirik kearah jam dinding.

Gue akhirnya nepuk pundak Dewi nenangin cewe itu dan pergi ke tempat gue, Zico juga kembali ke tempatnya.

•••

"Jahat banget gak sih Sab," Kata Dewi masih dengan tampang galaunya ketika menceritakan kenapa ia diputuskan oleh Rio.

"Dia tu kayak gabisa percaya sama gue, dia nuduh gue sebagai pelaku perundungan Ciara," Lanjutnya yang kini dibarengi dengan tetesan air mata yang turun.

Singkat cerita, penyebab Dewi diputusin sama pacarnya adalah karena pacar Dewi tahu tentang rumor waktu itu dan menganggap bahwa gue dan Dewi bener-bener ngelakuin bullying ke Ciara. Rio sendiri gamau percaya sama Dewi dan milih buat putus hubungan.

"Lo tau ga si Wi, gue ga nyangka kalau rumor ecek-ecek itu bisa nyebar ke seluruh staf hotel dan tadi pagi pas gue ke kitchen, Renata nanyain ke gue tentang rumor itu, bahkan Bu Berta kayak udah hilang respect waktu ketemu gue. Gue agak syok, siapa si yang bikin gosip gajelas kayak gitu?" Keluh gue karena memang ngga percaya sama apa yang lagi nimpa gue maupun Dewi.

"Waktu lo sakit, gue juga ditanyain pertanyaan semacem itu sama orang-orang dan bikin gue ga nyaman banget," Jawab Dewi sambil ngehela napas capek. Kayaknya ini bukan sesuatu yang besar tapi jadi besar karena ada orang yang besar-besarin.

Awalnya gue pikir masalah ini tuh bakal ilang dengan sendirinya, tapi mungkin karena orang-orang sekarang mulai sadar akan pentingnya bullying di sekitar makanya jadi sesuatu masalah yang memang perlu dipertanyakan. Istilahnya waspada dan antisipasilah. Tapi jangan asal main tuduh juga dong. Ga adil banget.

Gue kan orang yang memang akan ngebiarin orang lain salah paham tentang gue. Maksudnya kayak, yaudah deh terserah orang lain mau mikirin apa tentang gue, gue juga ga akan sibuk buat ngebenerin asumsi mereka tentang gue, yang kadang asumsi mereka itu diluar nalar, kayak sekarang contohnya. Berawal dari gue ngegosip di kamar mandi sama Dewi, yang bahkan menurut gue kata-kata gue masih wajar, tapi malah kedengeran sama yang jadi bahan gosip, dan entah dia nyeritain apa ke orang-orang tentang gue dan Dewi yang bikin masalah ini melebar kemana-mana.

Sebenernya akar permasalahan ini ada di gue, Dewi dan Ciara sih. Gaperlu sampe kemana-mana, tapi emang dasarnya si Ciara nih kayak haus akan perhatian orang-orang jadi meleberlah cerita ga bener ini.

"Kayaknya gue harus ngobrol empat mata deh Wi, sama si Ciara." Kata gue kearah Dewi kan, Dewi sendiri cuma nautin alisnya.

"Terserah lo Sab, kayaknya emang perlu di omongan secara personal deh, gue males liat mukanya, jadi lo aja yang ngomong, untung tadi di ruangan dia juga telat, jadi ga ada waktu gue buat liat muka polos tapi playing victimnya dia." Gerutu Dewi.

Iya, jadi tadi pagi Ciara datang terlambat. Dah gitu tanpa rasa bersalah dia tetep masuk, ga minta maaf sama Bu Yola. Pas ditanya sama Bu Yola, alasannya sih ban mobilnya bocor. Bu Yola ngebiarin Ciara gitu aja setelahnya yang bikin gue dan yang lain tambah ngerasa ga terima. Kita-kita yang kalo telat dikit bakal disemprot atau ga bakal di kurangin gajinya, ini dibiarin gitu aja. Jelas dong kita kecewa sama Bu Yola.

Gue sama Dewi setelah itu mutusin buat kembali ke ruangan, berhubung memang lagi jam istirahat jadi gue luangin waktu gue buat nyamperin Ciara dan ngajak dia ngobrol di luar.

Gue milih untuk ngobrol di taman deket kolam renang hotel, yang mana tempatnya sekarang cukup sepi dan cuma ada anak-anak yang lagi asik main disana.

"Ci, pasti lo tau kan tentang rumor gue dan Dewi yang dianggep sebagai pelaku bullying." Kata gue setelah berbasa-basi singkat sama Ciara.

Dia ngangguk kayak ga yakin, "Iya Kak,"

"Dan itu berhubungan sama lo, karena lo dianggap sebagai korbannya." Kata gue pelan supaya ga bikin dia merasa takut atau drama nangis seperti sebelum-sebelumnya.

Ciara cuma nunduk, gue sendiri udah pusing. Gimana nyusun kata-kata biar ni anak ga salah paham lagi. "Oke, sekali lagi gue minta maaf atas ucapan gue maupun Dewi yang bikin lo sakit hati. Gue cuma ngerasa capek aja waktu itu karena badan sakit dan harus ditambah lagi sama pekerjaan yang sebenernya bukan jobdesk gue. Apalagi gue juga dapet tekenan dari asisten GM hotel karena dikejar deadline, jadi gue rada ngeluh karena lo bikin kesalahan mulu."

"Maaf ya soal itu," Lanjut gue dengan nada setelah mungkin, Ciara ngangguk-ngangguk dan ngeliat kearah gue. Oke, aman, dia ga ngeluarin air mata.

"Udah dimaafin dari kemarin-kemarin kok Kak, lagian salah Ciara juga yang emang belom bisa apa-apa," Kata dia.

Kalau boleh jujur, lo emang belom bisa apa-apa woi, capek banget gue.

"Nah, terus setelah kejadian itu, gue sama Dewi sampai sekarang jadi dituduh pelaku perundungan, gue gatau kenapa itu bisa terjadi tapi gue mau minta tolong sama lo buat ngomong ke orang-orang kalau gue sama sekali ga pernah ngerundung lo, gapapa kan?" Ucap gue ke Ciara.

Dia ngangguk doang, habis itu natep ke sekitar. Gue sendiri jadi diem karena dia ga ngerespon ucapan gue. Agak kesel sih, tapi yaudahlah.

Effort banget loh gue harus meluruskan apa yang sebenernya udah lurus tapi dibengkokin sama orang lain. Gue udah bilang dari awal kalo gue ga peduli asumsi orang lain tentang diri gue, tapi karena ini menyangkut nama orang lain, terkhususnya Dewi yang bikin dia galau brutal karena diputusin pacar, jadi dengan agak terpaksa gue mau ngomong ke Ciara langsung biar dia yang bilang ke orang-orang bahwa rumor itu ga bener. Karena kalau gue yang koar-koar, orang lain gabakal dengerin ucapan tersangka pelaku perundungan. Seperti yang mereka asumsikan.

Setelah itu gue milih pamit untuk pergi duluan, nyegerin kepala dan ati gue yang baru aja mikir keras biar bisa ngomong ke Ciara tanpa bikin anak itu nangis. Tukan gue kayak lagi mau ngobrol sama anak kecil.

Gatau kenapa kaki gue malah ngelangkah buat masuk ke lift dan mencet tombol lantai teratas di hotel ini. Kayaknya gue butuh udara segar.

•••

Gimana part ini? Suka? Kesel nggak sama Ciara?

Mixed Signals (On Going)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang