3. The Drama

48 5 0
                                    

Jadi manusia itu emang harus jaga tutur dan kata, gue baru aja ngerapalin itu dalem ati. Baru juga pengen belajar jadi orang yang lebih baik, tapi jiwa perempuan yang hobi gibah ini gabisa ditahan. Gue berkali-kali mukul mulut gue dan berucap istighfar semoga diampuni dosa gibahnya.

"Elo sih Wi, kalau ga bahas si Ciara mungkin tu anak masih baik-baik aja kali." Kata gue ketika jalan samping-sampingan sama Dewi buat kearah ruangan kita.

"Gue ngomong sesuai fakta kan Sab, dia emang kerjanya ga bener, gausah takut. Kalau dia sadar dan punya pola pikir positif, dia bakal introspeksi diri." Sahut Dewi santai. Gue cuma ngedengus dan nempelin minyak kayu putih kehidung, dari kemarin emang udah meriang kepala gue. Bodo amat dibilang bau orangtua.

Sampai di lobby, tepatnya didepan resepsionis, gue bisa liat Ciara lagi nangis sesengukan dikursi tunggu hotel dan ditenangin sama beberapa orang dan disana juga ada Tio yang ikut merhatiin Ciara. Dewi spontan mukul-mukul lengan gue.

"Iya gue lihat," Kata gue kepada Dewi.

"Si anjir malah ngedrama," Gerutunya kemudian kami berhenti untuk sejenak melihat bagaimana Ciara yang masih ditenangkan oleh beberapa orang.

"Samperin ga?" Tanya gue kearah Dewi, dia sontak menggelengkan kepalanya.

"Dih apaan banget deh, gitu aja nangis bikin drama satu hotel," Katanya sambil cemberut. Gue sendiri jadi serba salah, soalnya tatapan mata Tio yang juga lagi nenangin Ciara, kini natep gue sama Dewi dengan tatapan dingin.

Alamat kena sial lagi nih gue. Mau gamau gue nyamperin mereka dan gue seret si Dewi supaya ngikutin gue.

Sampai disana gue senyum ke gerombolan orang yang lagi nenangin Ciara. "Ciara kenapa?" Tanya gue sok gatau padahal jelas banget itu karena gue sama Dewi.

Ciara sendiri bukannya berhenti nangis malah semakin kenceng nangisnya, gue melongo kaget. Dewi sendiri udah nunjukin muka muak dan rasanya pengen nyakar si Ciara. Amit-amit ya Allah kayak anak kecil ngadu ke orang-orang karna habis digibahin kita berdua.

"Kenapa dia Pak Tio?" Tanya Dewi dengan tampang judes. Perempuan disamping Tio yang lagi ngelus-ngelus punggung Ciara malah yang jawab.

"Katanya di kamar mandi abis kalian kata-katain dia," Jawab perempuan yang gue kenal dengan nama Gladis itu.

Tio natep gue skeptis, gue jadi naik pitam dong, darimana asalnya gue sama Dewi ngata-ngatain Ciara? Orang jelas kita cuma gibahin dia tapi memang dianya denger sih. Tapikan intinya kita ga ngata-ngatain dia secara langsung. Ciaranya aja yang hatinya sempit gabisa nerima kesalahan.

"Emang bener?" Tanya Tio dingin. Gue natep dia ikut dingin.

"Tanya sama Ciara langsung,"

Setelah itu Tio nanya langsung ke Ciara yang udah ga se-bar-bar tadi. "Intinya mereka ngatain Ciara beban karena ngelakuin kesalahan," Lirihnya sambil sesengukan.

Gue ngerutin alis sambil nahan tawa, ingus gue rasanya pengen keluar lagi deh gara-gara ngeliat dia. Ciara ni beneran ga salah umur kan? Dia bukan anak TK yang baru mau masuk SD kan? Yang kalau ngelakuin kesalahan dan dibilangin gurunya malah ngadu ke orangtuanya.

Dia ga cuma 'ngelakuin kesalahan', tapi 'selalu ngelakuin kesalahan'. Inget itu.

Tio ngembusin napasnya dalam-dalam terus natep kesekitar dimana orang-orang mulai memperhatikan kita, jelas aja jadi bahan perhatian, ini di depan resepsionis hotel yang jadi pintu utama para tamu keluar masuk.

Dewi yang ada di samping gue udah noel-noel sambil cubit tipis-tipis lengan gue. Mungkin efek geregetan karena Ciara yang super kekanakan itu.

"Kembali ke ruangan kalian masing-masing, malu diliat orang," Ucap Tio kemudian melenggang pergi untuk keruangannya.

Gue ngembusin napas kesel, dan pergi duluan ninggalin Dewi yang kayaknya lagi ngeluapin emosinya ke Dewi. Bodo amat deh, pala gue masih puyeng, ditambah ingus gue yang gamau berhenti buat keluar.

•••

Di keesokan harinya, Bu Yola udah balik dari dinas luar dan dia tau huru hara kemarin dari Zico yang nyeritain ke dia. Gue sendiri sekarang lagi sibuk buat presentasi laporan keuangan di bulan ini ke Bu Yola sebelum di serahin ke general manager.

"Nanti kamu laporan langsung sana sama si Ciara ke ruang Pak Alden ya Sab," Katanya tenang sambil membaca laporannya.

Gue ngerutin kening bingung, "Kenapa engga Bu Yola aja yang kesana,"

"Yakan yang tahu seluk beluk laporan ini kamu sama tim mu, masa saya yang tiba-tiba laporan," Kata beliau dengan nada judes seperti biasa.

Gue ngedeketin tubuh gue kearah Bu Yola, "Terus kenapa harus saya sama Ciara Bu,"

"Biar sekalian clear masalah kalian," Katanya tanpa natep gue. Gue ngangguk-ngangguk aja.

Gue udah beberapa kali laporan langsung ke general manager dan berhubungan langsung tentang pekerjaan sama Kak Alden, jadi gue udah ga kaget kalau Bu Yola sekarang nyuruh gue. Untuk Ciara yang bakal nemenin gue pun, gue ga masalah, selama dia ga berulah.

Dalam perjalanan menuju ke ruangan GM, gue sebagai manusia yang masih punya rasa bersalah tentunya rada keki dong waktu jalan samping-sampingan sama Ciara, maka dari itu gue milih untuk buka suara.

"Buat masalah kemarin, gue minta maaf, gue emang lagi ngomongin lo soal pekerjaan lo yang salah mulu dan jujur aja itu bikin kita-kita jadi kesel sama lo karena kita jadi kerja dua kali." Kata gue sambil natep Ciara yang dari tadi cuma nunduk, gue kaga ngerti dia kenapa tapi beneran deh, sikap Ciara ini ga sepadan banget sama umur dan perawakannya yang udah dewasa.

"Iya kak, Ciara juga minta maaf karena udah bikin huru-hara kemarin, Ciara sadar kok kalau Ciara emang kurang untuk masalah kerjaan kemarin," Kata dia lirih, gue cuma ngangguk ngerti, tapi yang bikin gue jengah lagi adalah dia udah ngeluarin air matanya lagi. Astagaa.

Tangannya ngusap kasar ke matanya yang mulai berair, mau gamau gue ngedeket ke arah dia sambil nepuk-nepuk punggungnya. Alamat drama lagi ini mah.

"Gue minta maaf lagi deh kalau misal omongan gue sama Dewi kemarin bener-bener bikin lo sakit hati," Kata gue lagi kan sambil nyoba nenangin dia. Ciara ngangguk aja kemudian senyum dipaksa dengan muka yang udah merah karena nangis.

"Iya Kak, gapapa, ayo ke ruangan Pak Alden," Katanya kemudian. Gue mengikuti Ciara dari belakang sambil mikir keras. Gue bukan pakar psikolog yang tahu tentang bagaimana kepribadian setiap orang, tapi kalau gue boleh tafsirin, si Ciara ini kayaknya anak yang kalau ada salah pasti ada orang dibelakangnya untuk ngebelain dia, dan bahkan mungkin malah membenarkan kesalahan yang dia perbuat. Itu yang bikin dia jadi gampang kebawa perasaan ketika menghadapi omongan yang ga sesuai sama kehidupan dia.

Gue ga bisa nge-judge kalau dia ini cengeng, manja atau hal lain sebagainya karena kalau ditelusuri secara personal, mungkin pribadi dia yang seperti ini kebentuk juga karena didikan orang tuanya, dan kadang itu bikin gue kasian sama dia. Gue juga ga membenarkan perbuatan gue dan Dewi kemarin, ya walaupun ngomongin orang itu memang kebiasaan banyak orang sih. Intinya semua ini ada timbal baliknya.

Meskipun gue coba memahami gimana pribadi Ciara, tapi gue cuma manusia biasa yang kadang geregetan juga sama tingkah kekanakan dia.

Sampai di ruangan Kak Alden, eh maksutnya Pak Alden, bisa gue liat Tio yang langsung mempersilakan gue dan Ciara untuk masuk lebih dalam menuju meja Pak Alden.

•••

Gimana guys menurut kalian Ciara tu pick me gak?

Vote dan komen ya

Mixed Signals (On Going)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang