Gue pikir ngegosipin orang itu udah tabiat cewe atau gimana gue juga ga ngerti, tapi itu jadi pembelajaran banget buat gue supaya hati-hati dalam bertutur kata. Karena kalo sampai orangnya tahu dan sakit hati, ya gini jadinya. Orang itu akan ngerasa kalau kita nih jadi orang fake yang kalo didepan baik, dibelakang ngomongin. Dan orang itu bisa bikin cerita jelek tentang kita ke orang lain.
Gue sangat menyadari kalau gue emang fake. Gue bisa bersikap baik didepan Ciara tapi dibelakang gue ngomongin dia. Yes, sangat sadar. Tapi gue ngomongin dia kan juga karena pekerjaannya, bukan tentang personality dia atau cara berpakaian dia dan sebagainya. Gue ngomongin dia pure soal masalah kerjaan yang kenyataannya memang gabisa dia kerjain. Jadi itu kayak bentuk luapan kekesalan gue ke Ciara. Gue juga manusia sih yang memang kehidupannya penuh dosa. Jadi mungkin ini teguran dari Yang Kuasa biar gue bisa jaga tutur kata.
Langit siang ini agak sedikit mendung memang, tapi pemandangan kota dibawah sana cukup bikin gue tenang. Kapan lagi kan menikmati indahnya kota di atas gedung ini. Apalagi cuacanya juga mendukung.
"Ngalamunin apa?" Ucap seseorang dari arah samping gue.
Gue kaget banget, ga nyangka ada orang disini dan orang itu adalah Kak Alden, maksudnya Pak Alden. Mata gue agak melotot dong abis itu ngalihin pandangan supaya ga natep wajah dia.
"Saya kalau ngalamun ga mikir apa-apa Pak," Kata gue yang bikin dia terkekeh.
"Tapi dari tadi kamu keliatan frustasi banget, kenapa? Ada masalah?" Tanyanya kalem. Dalam hati gue gondok banget, ngapain nanya gituan? Bakal bikin masalah gue selesai ga? Kalau iya gue cerita nih, kalau engga mah gausah, buang-buang waktu.
"Bapak disini udah dari tadi?" Tanya gue ngalihin topik, dia cuma ngangguk. Bisa gue liat ditangannya ada korek api yang dia mainin sampai bunyi 'ctak-ctak'. Kalau dari deket sini, bau dia memang ada sedikit bau rokok, mungkin dia baru aja ngerokok.
Sejak kapan ngerokok? Dulu waktu kuliah dia koar-koar anti ngerokok, kenapa sekarang jilat ludahnya sendiri?
"Iya, saya liat dari tadi kamu ngapain aja disini. Kenapa sih, ada masalah?" Jawabnya sambil ngeliat kedepan. Sebenernya gue ga betah banget ada dia disini tapi gue cuma males aja kalau harus turun duluan, tempatnya enak banget, anginnya sepoi-sepoi.
"Masalah mah banyak," Jawab gue datar, dia terkekeh lagi. Kenapa sih ni orang demen banget ketawa kek gitu. Ini pertama kalinya setelah hampir 6 tahun kita putus hubungan kita ngobrol kayak gini. Biasanya tentang pekerjaan doang.
"Salah satunya apa kalau boleh tahu?"
Salah satunya anda, anda yang bikin hidup saya jadi kurang menarik lagi. Ya tapi itu cuma gue batin didalem ati, yakali diomongin ke orangnya langsung.
"Kepo, saya cerita ke Bapak juga gabakal selesai masalah saya," Jawab gue dengan nada sarkas. Persetan dengan sopan santun. Pak Alden ketawa lebar sekarang, gue natap judes ke arah dia.
"Bisa kok, coba kamu ceritain tentang masalah kamu sama Ciara itu." Katanya setelah tawanya mereda, gue sih agak skeptis sama dia. Sok tahu banget deh.
"Bapak juga mau nuduh saya ngebully Ciara?" Kata gue kan, karena gue yakin banget arah pembicaraannya mau nyudutin gue.
"Kamu cerita dulu makanya biar saya tahu sudut pandang dari kamu," Kata dia lagi sambil natep mata gue.
Gue tambah males buat cerita, buat apa sih, buat menuhin rasa kepo dia gitu? Aduh males.
"Gaperlu Pak, saya mau permisi aja kalau gitu." Kata gue akhirnya tapi sebelum gue bener-bener ngelangkah buat keluar dari atap gedung ini, Pak Alden nyeletuk.
"Kamu ga pernah berubah ya Sabrina, kamu gabisa terbuka sama saya, kamu selalu berusaha untuk nyelesaiin masalah kamu sendiri, dan kamu selalu bodo amat tentang asumsi orang lain ke diri kamu,"
Gue ngerapetin gigi, dan ngepelin tangan nahan emosi. Tawa sinis gue keluarin gitu aja, bener-bener hilang rasa hormat gue.
"Bapak ga pernah kenal saya dan bapak ga pernah tau apapun tentang saya," Kata gue dingin.
"Oh ya? Terus kenapa gamau cerita?" Kata dia sambil tertawa remeh. Gue jadi makin pengen nonjok muka dia deh, tolong siapapun tahan tangan gue buat ga ngelakuin hal itu.
"Karena ini masalah saya dan Ciara, kalau saya cerita ke Bapak memang saya dapat apa?" Kata gue tanpa rasa takut. Pak Alden ketawa lagi tapi dengan nada yang sangat gue benci.
"Setidaknya saya atasan kamu yang bisa menengahi permasalahan kalian, ini menyangkut urusan pekerjaan, jangan jadi orang yang kabur dari masalah seperti sebelum-sebelumnya."
Apa-apaan itu? Seperti sebelum-sebelumnya? Kapan? Kapan gue pernah buat masalah? Dan kapan gue kabur dari masalah?
"Maksud bapak apa? Saya selalu nyelesain pekerjaan saya kalau memang ada masalah kok, saya gapernah ninggalin masalah gitu aja," Bela gue ke diri gue sendiri.
"Kenapa kamu nggak pernah menanyakan kepada saya kenapa saya ninggalin kamu?" Tanya dia sambil natep mata gue dalem banget.
Gue sempet tersihir sama mata sayu dia yang kayaknya menyimpan banyak banget rahasia yang ga tersampaikan, tapi persetan, dia yang bikin gue patah hati waktu itu.
Dia mau bahas masalalu? Dia ga ngerasa bersalah?
Gue ketawa lebar banget sampai ngeluarin air mata, perut gue tiba-tiba rasanya pengen mual. Mual banget ngeliat sikap ga bersalahnya.
"Bapak mau bahas masalalu?" Jawab gue sarkas.
Pak Alden cuma diem, nunggu ucapan gue selanjutnya.
"Jawabannya ya karena Pak Alden ga begitu penting untuk kehidupan saya, jadi ketika anda pergi, saya ga akan cari," Kata gue santai kemudian berbalik ninggalin dia menuju ke ruangan gue.
Gampang banget dia ungkit-ungkit masalalu yang mana dia sendiri adalah pelaku dari kejadian buruk yang menimpa gue. Sehat dia?
•••
Waaah, Alden pengecut banget cooo
Jangan lupa vote dan komen
KAMU SEDANG MEMBACA
Mixed Signals (On Going)
De TodoApa yang akan lo lakuin kalau ada di posisi gue, kerja bareng mantan yang pernah ninggalin lo begitu aja tanpa alasan, dan lo harus profesional saat melakukan kerja sama. Parahnya ketika lo udah mulai menata hidup lo tanpa dia, dia malah ngasih siny...