"Seperti yang kamu katakan sebelumnya, mencari tahu sesuatu yang tidak ingin kamu ketahui tidak selalu baik. Tapi bukankah hidup dalam ketidaktahuan juga tidak sepenuhnya membahagiakan? Begitulah caraku mencoba memikirkan kemampuanku."
Kata-kata terakhirnya meninggalkan riak dalam hati Yuder.
'Mengetahui segala hal belum tentu baik, tetapi hidup dalam ketidaktahuan juga tidak membahagiakan.'
Jika seseorang bahkan tidak menyadari ketidaktahuannya sendiri, mungkinkah mereka benar-benar bebas dalam pencarian kebenaran? Yuder sendiri dipenuhi oleh keinginan untuk mengetahui kebenaran tentang kehidupan masa lalunya.
Dan di dalam kebenaran itu, ada hal-hal yang Kishiar dari kehidupan masa lalunya tidak diungkapkan kepadanya.
'Aku ingat merasa sangat kecewa saat itu ketika Kishiar tidak mau memberi tahuku apa pun.'
Ke mana Kishiar pergi pada larut malam, mengapa ia menyerahkan posisi komandan kepada Yuder dan berangkat ke Peletta, namun diam-diam kembali saat tidak diduga, apakah ia benar-benar merencanakan pemberontakan Semua pertanyaan yang membuat Yuder muda penasaran mulai memenuhi pikirannya.
Yuder menantang Kaisar Katchian untuk memberi Kishiar kesempatan karena dia ingin tahu. Dan dia mungkin merasa kecewa setiap kali melihat Kishiar, tepatnya karena dia tidak senang hidup dalam ketidaktahuan.
Semua ini adalah hasil dari keinginan untuk mengetahui.
Bahkan saat ini, perasaan itu masih ada, meskipun telah melupakan banyak hal dan berusaha untuk melupakan lebih banyak lagi sejak kematian. Ia tidak akan seperti ini jika ia tidak benar-benar menyesal.
Ya, itu mungkin benar sekali.
Hidup dalam ketidaktahuan tidaklah menyenangkan.
'Dan Kishiar pasti merasakan hal yang sama sekarang.'
Sama seperti Yuder yang mulai mengalami setelah mengetahui sebagian kebenaran tentang masa lalunya, Kishiar pun tidak berubah akan mampu lolos dari nasib ini, sekarang setelah ia mengetahui beberapa rahasia Yuder.
Lelaki yang menikmati permainan intelektual dan sensasi mendobrak batasan dan yang tertawa gembira saat melakukannya, akan bertindak berbeda, terutama di sekitar Yuder. Dan Yuder tahu ini lebih baik daripada siapa pun.
Apa yang ia ketahui tidak terbatas pada emosi. Perbedaan terbesar antara kehidupan sebelumnya dan saat ini adalah bahwa semua keraguan yang tersisa di antara mereka telah sirna dan mereka saling mengenal bahkan secara fisik.
Yuder mulai mengingat kembali saat-saat ketika ia sangat menginginkan pasangannya, mengabaikan semua hal lain dalam kehidupannya saat ini. Ia mengingat saat-saat ketika ia menemukan seberapa jauh ia dapat melangkah hanya karena ia menginginkan sesuatu dan seberapa besar ia dapat menginginkan orang lain saat-saat ini dipenuhi dengan kegembiraan dan air mata.
Itu lebih dari sekedar pertemuan fisik. Dia tidak bisa mengabaikan apa yang telah dia rasakan,kesatuan, rasa sakit yang dirasakan bersama sementara terus-menerus terjalin.
Yuder berdoa cukup lama.
'Baiklah... mari kita akui bahwa menunggu situasi berubah sepenuhnya sesuai keinginanku adalah keserakahan yang berlebihan.'