2. Masuk Akal

14 3 2
                                    

Enjoy reading~!

    Udaranya cukup sejuk, kira-kira apakah kita sudah memasuki kawasan kuningan, ya? Cuacanya sangat mirip. Aku mengaduk teh manis hangatku yang kupesan barusan. Aku juga sembari menunggu Clarice dan Cheryl yang sedang membeli nasi goreng. Aku masih kenyang, maka dari itu kuputuskan untuk tidak membeli nasi. Seraya melihat pemandangan yang sangat indah. Di kota, tidak ada yang seperti ini, semuanya hanya gedung-gedung pencakar langit dengan sesekali pohon sebagai pelengkap saja, sekarang seperti diputar balikkan kegunaannya. Aku meneguk tehku pelan. Dan pandangan ku yang sebelumnya penuh dengan pepohonan hijau di samping kanan jalan tertutupi oleh seorang gadis berambut hitam lurus yang baru saja tiba, Elin duduk dihadapanku. Mau apa dia? Makan bersamaku? Tumben sekali tidak dengan teman-temannya. Tetapi sepertinya tidak makan, dia tidak membawa makanan dan minuman hanya dirinya yang kemudian menatapku.
   
    Aku kembali menaruh gelas tehku pada meja dan balas menatapnya.
“Ada apa?” begitulah aku memulai percakapan. Sebelum membuka mulutnya, Elin terlebih dahulu melihat Cheryl dan Clarice. Sebenarnya kenapa Elin ini?                                                                                                           “Hey, aku mau tanya.” Aku mengangguk.                                                                                               “Mau tanya apa? Kamu kepo soal apa, Lin?” aku sedikit tertawa setelahnya, terdengar seperti mengejeknya.                                                                                                                                          “Aku bukan kepo. Aku cuma mau tahu pendapatmu aja.” Ucap Elin, kembali melihat mereka berdua, dia sebenarnya mau apa? Dia memastikan mereka berdua masih menunggu cukup lama untuk nasi.         
“Pendapat apa? Tentang tugas OSIS? Atau Club Kimia, lagi?”                                                         “Oh, kamu udah nggak apa kalau kutanya soal club kimia?” raut wajah Elin berubah senang.                                                                                                                                               
“Sama sekali nggak, jangan berani-berani nya kamu menanyakan tentang club menyebalkan itu.” 
“Hey, nggak menyebalkan tahu. Saat itu kan mungkin nggak sengaja saja.” Aku menghela napas sebal, lalu kembali menatapnya, kali ini aku serius.                                                                      “Bisakah kamu langsung to the point dengan apa yang ingin kamu bicarakan?”                         
“Ow, baiklah.. Laurent sudah sebal, ya? Aku.. hanya merasa bahwa Clarice dan Cheryl bukan teman yang baik untukmu. Atau harus kuucapkan ‘sahabat’?” Elin menggerakkan masing masing kedua jari dari kedua tangannya ketika mengatakan kata sahabat.
“Bagaimana kamu bisa merasa sedangkan kamu saja nggak menjadi aku?”                          
“Aku merasa karena aku memperhatikanmu. Beberapa kali ketika aku berkunjung pada kursimu aku hanya bertemu denganmu duduk sendiri membaca buku sedangkan mereka berdua pergi berjalan-jalan entah kemana. Aku sama sekali nggak yakin bila kamu berkata mereka telah mengajakmu.” Tatapan Elin mengintimidasiku. Aku mengalihkan tatapanku dari netranya.              “Bagaimana bila aku menjawab aku nggak suka berjalan-jalan dan diam di kelas?”                               
“Bohong! Kamu suka jalan-jalan keliling kelas, Lau. Aku jelas ingat ketika kamu dengan semangat mengajukan diri untuk menjadi sukarelawan mempromosikan club kimia saat itu.”       
“Bisakah kamu berhenti mengatakan organisasi itu? Kamu lupa dengan apa yang terjadi denganku?” Elin terdiam. Dia menundukkan tatapannya.                                    “Maaf, aku sama sekali nggak bermaksud. Aku hanya nggak ingin kamu mempunyai sahabat namun merasa seperti nggak mempunyai sahabat.” Elin menekankan.         
“Terima kasih, Elin, aku menghargai kepedulian kamu padaku, aku hanya nggak suka bila kamu mencampuri urusan persahabatanku. "
Aku melemparkan senyumku.                               “Kamu tahu, Lau.. jika aku jadi kamu, mungkin aku sudah menendang Cheryl jauh. Lebih baik kamu tinggalkan mereka. “ Aku secara spontak menajamkan tatapanku.                          “Kamu sudah gila? Aku akan kehilangan Clarice.” Aku sedikit berteriak karena sedikit terkejut. Elin memegang tanganku.                                                                                                              “Pelankan suaramu. Kamu nggak akan kehilangan Clarice, bila Clarice bisa membedakan mana yang benar harus dia pilih. Dia akan memilihmu.”                                    “Bagaimana bila dia nggak memilihku dan memilih Cheryl?”                                                         “Tentu saja sudah jelas, dia bodoh.” Aku menepis tangan Elin, dan meminum tehku yang sedikit sudah terasa tidak hangat.                                                                                                        “Berhentilah, jangan menghinanya. Kamu nggak mengenalnya.”                                                “Aku mengenalmu, Lau, sangat. Tinggalkan mereka. Nanti kamu tambah sakit hati.”           
“Bisakah kamu berhenti? Jika pada akhirnya aku jadi sendiri karena meninggalkan mereka, kamu mau menemaniku?” Elin terdiam tidak menjawab.                                                                          “Nggak, bukan? Kamu pasti tetap pada sahabatmu. Begitulah denganku juga, Lin. Jangan pikirkan tentang persahabatanku lagi. Aku yang akan memutuskannya sendiri. Kamu nggak pernah merasa seperti diriku, sama seperti saat itu.“ Netraku dan netra Elin saling bertatapan. Aku menghargai kepeduliannya, tetapi aku terlihat konyol bila langsung menyetujui sarannya.           
“Pergilah, Lin. Aku akan memikirkan semua perkataan yang kamu lontarkan padaku hari ini. Dan aku yang akan memutuskannya. Jangan membuatku kecewa karena kamu teman dekatku.”
       “Tapi, Lau.. aku nggak akan pergi sebelum..” belum sempat menyelesaikan perkataannya, tiba-tiba baju Elin terkena sebuah susu. Elin berdiri, aku dan dia melihat siapa yang melakukan ini. Aku menutup mulutku karena terkejut.                                                                                                                                                  
“Ups, maafkan aku, Elin Chandara. Aku hanya kesal melihat kamu nggak beranjak pergi dari temanku padahal sudah jelas dia merasa nggak nyaman.” Cheryl tersenyum, Clarice memberi Elin tisu.                                                                                                                                       “Nggak nyaman? Aku hanya meyakinkannya untuk nggak bodoh karena mempertahankan kamu.” Alih-alih menerima tisu, Elin malah menepis tangan Clarice dan mendekati Cheryl, kuberharap mereka tidak mulai menjambak rambut.                                                         “Meyakinkan Lau agar nggak bodoh karena mempertahankanku? Penghinaan sekali, kamu putri dari seseorang yang menjunjung tinggi hukum, kamu mau kulaporkan atas penghinaan?” Elin memegang kedua pundak Cheryl kuat. Aku dan Clarice sedikit kaget.                                             
“Seharusnya kamu minta maaf padaku, baju ini berwarna putih, dan kamu melemparkan susu?”       
“Elin, ya ampun. Aku nggak melempar, aku tersandung, dan akhirnya susu itu tumpah ke bajumu. Maafkan aku.. sangat mahal, ya? Sini ku lap. “ Cheryl mengambil tisu yang tadi Elin buang ke bawah. Elin memegang tangan Cheryl kuat ketika dia ingin menyentuh baju putih Elin.                  
“Jangan kurang ajar! Gadis caper tak berperasaan.” Elin melepas tangan Cheryl kasar.                 
“Pernghinaan lagi untukku, apakah aku harus tulis dalam memo?” Cheryl membuang kembali tisu itu.
“Kamu!” Elin melayangkan tangan kanannya, semua yang berada dalam gerai itu kaget.  
“Elin, berhenti!” sergahku, aku berdiri dan memegang tangan kanannya.                                “Pergilah, kurasa sahabatmu menunggumu. Maafkan Cheryl, dia nggak sengaja. Lagipula yang dikatakan Cheryl benar, aku sangat merasa nggak nyaman selama pembicaraan tadi, jika peduli padaku jangan memperkeruh suasana.” Ucapku datar. Cheryl tersenyum bangga, mungkin dia merasa sedang dibela olehku.                                                                                                           
“Cuma karena permintaan Laurent, bila dia nggak memintaku, pipimu itu mungkin sudah merah.” Ucap Elin sangat kesal seraya menunjuk Cheryl. Tatapanku dan Elin bertemu, dia langsung pergi tanpa mengucapkan sepatah katapun padaku. Kami akhirnya kembali duduk sebelum bus mulai berangkat.
Cheryl menyodorkan sebuah roti yang masih hangat. Aku menerim roti tersebut.                          
“Maaf kamu jadi menunggu lama, Lau. Aku belikan rotinya, kebetulan itu rasa nutella, makanya tadi kami menunggu roti itu dipanggang. Karena ketika aku melihat roti, aku langsung teringat sama kamu yang suka banget roti.” Cheryl berucap, dia mulai memakan nasi gorengnya.             
“Disini ada yang jual rasa nutella? Wow, terima kasih. Kumakan.“ Aku membuka bungkus roti dan mulai memakannya. Ini enak sekali, mirip seperti roti bunch di mall. Cheryl dan Clarice tampak senang karena aku menyukai rotinya. Jika kalian menganggapku bodoh, rasakan sekarang. Aku tidak bisa melepas Cheryl karena dia sesekali bersikap seperti ini padaku. Dan aku tidak mau mengambil risiko ditinggal Clarice. Aku selalu percaya kalau Cheryl pasti akan berubah suatu saat nanti.

The AccidentTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang