Setelah melalui banyak pertemuan dan saling berbagi perasaan, kelompok "Wih, Mantap Kali!" siap menghadapi ujian semester dan presentasi proyek mereka. Jihan, Dimas, dan teman-teman merasa lebih dekat satu sama lain, tetapi tekanan untuk berhasil semakin terasa. Saat ujian semakin mendekat, Jihan merasakan campur aduk antara kegembiraan dan kecemasan.
Di pagi hari sebelum ujian pertama, Jihan bangun lebih awal. Dia melihat catatan dan video yang telah mereka buat selama beberapa minggu terakhir. Dengan semangat, dia mencoba mengingat semua materi yang telah dipelajari bersama. Saat bersiap, Jihan mengirim pesan kepada anggota grup lainnya.
"Selamat pagi, semua! Jangan lupa untuk sarapan sebelum ujian. Kita pasti bisa melakukan ini bersama!" tulis Jihan.
Beberapa saat kemudian, pesan-pesan balasan masuk. Mitha menjawab, "Selamat pagi, Jihan! Aku sudah siap dan berdoa agar kita bisa melakukan yang terbaik." Afix menambahkan, "Semangat, teman-teman! Mari kita tunjukkan hasil kerja keras kita!"
Di sekolah, suasana terasa berbeda. Jihan merasakan ketegangan di udara. Semua siswa tampak serius mempersiapkan diri untuk ujian. Jihan bertemu dengan Dimas di depan kelas. "Bagaimana? Apa kamu sudah belajar dengan baik?" tanya Jihan.
Dimas tersenyum, meskipun terlihat sedikit tegang. "Aku sudah mencoba. Semoga semua yang kita pelajari membantu."
Saat pelajaran pertama dimulai, Jihan dan Dimas merasakan ketegangan yang sama. Mereka duduk di dekat satu sama lain, siap untuk menghadapi ujian. Pengawas mengedarkan kertas ujian, dan ketegangan terasa semakin nyata.
Setelah ujian pertama selesai, Jihan merasa lega, tetapi dia tahu bahwa ini baru permulaan. Mereka semua berkumpul di kantin untuk memberi dukungan satu sama lain. Maya, yang sebelumnya merasa tegang, terlihat lebih santai. "Kita melakukannya dengan baik! Sekarang mari kita fokus pada ujian berikutnya," katanya dengan senyuman.
Afix mengangguk. "Kita masih punya banyak waktu untuk belajar sebelum presentasi proyek. Bagaimana kalau kita latihan di ruang kelas setelah sekolah?"
Jihan setuju. "Bagus! Kita bisa membagi tugas dan berlatih bersama. Ini akan membantu kita merasa lebih siap."
Hari-hari berikutnya diisi dengan ujian dan persiapan untuk presentasi. Jihan dan teman-teman merasa semakin dekat, dan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Mereka saling mendukung, berbagi catatan, dan berusaha keras untuk saling memahami materi pelajaran.
Namun, di tengah semua kebersamaan itu, Jihan mulai merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hatinya. Dia khawatir tentang Maya, yang masih tampak sedikit terasing meskipun mereka sudah berusaha menjaga hubungan. Jihan merasa perlu untuk berbicara lagi dengan Maya sebelum presentasi.
Pada malam sebelum presentasi, Jihan memutuskan untuk mengundang Maya ke rumahnya. "Maya, maukah kamu datang ke rumahku? Aku ingin kita bisa membahas presentasi proyek kita," ajak Jihan melalui pesan.
Maya terlihat ragu, tetapi akhirnya setuju. "Baiklah, aku akan datang."
Ketika Maya tiba, Jihan sudah menyiapkan beberapa catatan dan alat bantu presentasi. "Terima kasih sudah datang, Maya. Aku merasa kita perlu membahas peran kita dalam presentasi."
Maya duduk di meja belajar. "Aku merasa sedikit tidak berkontribusi, Jihan. Aku ingin melakukan yang terbaik, tetapi kadang-kadang aku tidak yakin apa yang harus aku lakukan."
Jihan merasa empati mendengar perasaan Maya. "Maya, kamu punya ide-ide yang luar biasa. Ingat saat kita syuting di taman? Konsep yang kamu usulkan sangat membantu kami. Jangan merasa tertekan untuk melakukan segalanya sendiri."
Maya tersenyum, tetapi terlihat masih ragu. "Aku hanya ingin semua orang senang. Jika aku mengecewakan kalian, itu akan membuatku merasa buruk."
Jihan mengelus bahu Maya. "Kita semua di sini untuk saling mendukung. Itu yang membuat kita menjadi grup yang hebat. Mari kita bicarakan peranmu dalam presentasi agar kamu merasa lebih nyaman."
Maya mulai bersemangat saat mereka merencanakan presentasi bersama. Jihan merasa lega melihat Maya mulai percaya diri. Mereka bekerja sama hingga larut malam, dan saat waktu istirahat tiba, Jihan merasa puas dengan hasil kerja mereka.
Keesokan harinya, semua anggota grup berkumpul di ruang kelas untuk presentasi. Jihan merasakan ketegangan yang sama seperti sebelum ujian, tetapi kali ini dia merasa lebih percaya diri. Mitha, sebagai ketua kelompok, memberikan arahan. "Oke, semua! Kita akan memulai presentasi. Ingat, fokus pada pesan yang ingin kita sampaikan dan saling dukung satu sama lain."
Saat giliran mereka tiba, Jihan dan teman-teman berdiri di depan kelas. Dimas memulai presentasi dengan percaya diri. "Selamat datang, kami dari grup 'Wih, Mantap Kali!' dan hari ini kami akan mempresentasikan proyek kami tentang pentingnya kolaborasi dalam belajar."
Setelah Dimas, Maya maju ke depan untuk menjelaskan bagian yang telah mereka siapkan. Jihan merasa bangga melihat Maya tampil percaya diri. Dia menguraikan ide-ide dengan jelas, dan semua anggota grup saling mendukung dengan memberi sorakan kecil.
Jihan dan Dimas melanjutkan presentasi, dan saat mereka menunjukkan video yang telah mereka buat, seluruh kelas tampak terpesona. Momen-momen lucu dan pembelajaran yang ditangkap dalam video itu menciptakan suasana ceria di dalam kelas.
Setelah presentasi selesai, semua anggota grup saling tersenyum. Mereka merasa lega dan senang. Mitha berkata, "Kita melakukannya dengan baik! Aku sangat bangga dengan kita semua."
Namun, saat mereka kembali ke tempat duduk, Jihan melihat sekelompok teman sekelas yang sebelumnya meragukan mereka. Mereka tampak terkesan dengan presentasi mereka. "Wow, ternyata mereka benar-benar serius," salah satu dari mereka berkata.
Jihan merasa bangga dan bersemangat. "Lihat, teman-teman! Kita berhasil membuktikan bahwa kita bisa melakukannya!"
Setelah presentasi, guru mereka memberi pujian kepada kelompok "Wih, Mantap Kali!" "Saya sangat terkesan dengan kerja keras dan kolaborasi yang kalian tunjukkan. Ini adalah contoh yang baik tentang bagaimana persahabatan dan kerja sama dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa."
Jihan dan teman-teman merasa bahagia, dan mereka merayakan keberhasilan mereka di kantin. "Kita melakukannya! Ini adalah hasil dari semua usaha kita!" Afix bersorak, dan semua anggota grup mengangkat gelas minuman mereka untuk bersulang.
Maya tampak lebih percaya diri, dan Jihan merasa bahagia melihat transformasinya. "Aku merasa luar biasa! Terima kasih, teman-teman!" kata Maya.
Saat mereka berbincang dan tertawa, Jihan merasakan betapa berartinya persahabatan mereka. Dia menyadari bahwa meskipun ada tantangan, mereka selalu bisa mengatasi semuanya bersama-sama.
Namun, di balik semua kebahagiaan, Jihan juga menyadari bahwa ujian akhir semester masih menanti. Meskipun mereka telah berhasil dengan proyek mereka, tantangan lain masih ada di depan. Jihan berpikir tentang bagaimana mereka akan menghadapi ujian terakhir dan bagaimana menjaga hubungan mereka tetap solid di masa mendatang.
---
Epilog Episode 12:
Dalam episode ini, kelompok "Wih, Mantap Kali!" akhirnya berhasil menyelesaikan presentasi proyek mereka dengan sukses. Mereka belajar untuk saling mendukung, berkolaborasi, dan mengatasi tekanan dari luar. Jihan dan teman-teman semakin dekat, tetapi tantangan ujian akhir semester masih menanti mereka. Persahabatan mereka diuji, tetapi mereka telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan saling mendukung, mereka dapat mencapai tujuan bersama. Apa yang akan terjadi di masa depan? Apakah mereka akan terus bersatu menghadapi tantangan baru yang menanti?
KAMU SEDANG MEMBACA
wihhh mantap kali ya
Teen Fiction"Wih, Mantap Kali!" adalah novel yang bercerita tentang sekelompok remaja yang memiliki persahabatan erat dan penuh warna. Terdiri dari Rahul, Irvan, Afix, Hikmal, Jihan, Mitha, Nadia, dan Ila, grup ini dikenal karena kekompakan mereka dan rasa humo...