Malam sebelum ujian pertama dimulai, suasana di rumah Jihan dipenuhi oleh ketegangan dan harapan. Setelah berhari-hari belajar bersama, semua anggota grup “Wih, Mantap Kali!” berkumpul di ruang tamu Jihan untuk merencanakan strategi terakhir menjelang ujian. Lampu di ruangan itu redup, dan tumpukan buku serta catatan berserakan di sekitar mereka.
~~~Kegiatan Akhir
Mitha, yang merasa kurang percaya diri dengan pelajaran Matematika, mengusulkan untuk membahas beberapa soal terakhir. “Aku masih belum bisa mengerti soal ini. Mungkin kita bisa bahas bareng?” katanya, menunjukkan kertas soal di depannya.Dimas, yang duduk di sebelahnya, langsung merespons, “Tentu saja! Mari kita lihat bersama-sama. Jihan, Afix, bisa bantu menjelaskan ini?”
Jihan mengangguk, berusaha mengingat kembali materi yang telah mereka pelajari. “Oke, ayo kita pecahkan soal ini. Ingat, kita bisa melakukannya!”
Sambil membahas soal-soal tersebut, Jihan menyadari betapa berartinya momen ini. Mereka bukan hanya teman belajar; mereka telah menjadi keluarga satu sama lain. Dia merasa bangga melihat Mitha yang berjuang untuk memahami pelajaran.
~~~Ketegangan Malam Hari
Setelah dua jam belajar intensif, suasana menjadi lebih santai. Mereka mulai berbicara tentang hal-hal di luar pelajaran. Afix, yang biasanya humoris, kali ini menunjukkan sisi seriusnya. “Aku harap kita semua bisa meraih hasil yang baik. Tapi, yang paling penting adalah kita sudah berusaha bersama,” ujarnya dengan penuh keyakinan.Nadia, yang dari tadi terlihat cemas, akhirnya bersuara, “Aku masih merasa ragu. Apa jika kita tidak lulus? Aku tidak ingin mengecewakan kalian.”
Jihan menatap Nadia dengan penuh perhatian. “Nadia, ingatlah bahwa kita sudah berusaha keras. Ujian ini hanya satu bagian kecil dari perjalanan kita. Yang terpenting adalah kita saling mendukung.”
Nadia tersenyum kecil. “Kau benar, Jihan. Terima kasih, aku akan mencoba berpikir positif.”
~~~Sesi Santai
Malam semakin larut, dan Jihan melihat bahwa mereka semua butuh waktu untuk bersantai. “Bagaimana jika kita beristirahat sejenak? Kita bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan sebelum tidur,” usul Jihan.Mitha, yang antusias, berkata, “Aku membawa beberapa permainan papan. Mari kita main! Ini bisa mengurangi ketegangan kita.”
Mereka pun beralih dari belajar ke permainan, tawa dan canda menggantikan ketegangan. Mereka bermain sambil sesekali mengobrol tentang impian masing-masing. Dalam permainan itu, Jihan mulai merasa lebih santai dan menyadari betapa berartinya memiliki teman-teman yang saling mendukung.
~~~Momen Refleksi
Setelah beberapa putaran permainan, suasana menjadi lebih rileks. Mereka akhirnya duduk melingkar di ruang tamu, menikmati camilan yang dibawa Mitha. Jihan mengambil napas dalam-dalam dan mengajak semua orang untuk berbagi harapan mereka untuk ujian besok.“Coba kita sebutkan satu harapan kita untuk ujian besok. Aku mulai dulu. Aku berharap bisa mengerjakan semua soal dengan baik dan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan kalian semua,” kata Jihan.
Mitha menyusul, “Aku berharap bisa percaya diri dan tidak terlalu panik saat mengerjakan soal.”
Setiap anggota grup bergantian menyampaikan harapan mereka, menciptakan suasana saling mendukung. Saat tiba giliran Nadia, dia sedikit ragu. “Aku berharap bisa mengatasi rasa cemasku dan mengerjakan ujian dengan baik.”
Hikmal menepuk punggung Nadia, “Kita semua ada di sini untuk saling mendukung. Kau pasti bisa!”
~~~Malam yang Tenang
Setelah sesi refleksi itu, mereka memutuskan untuk bersiap tidur lebih awal. Jihan mengingatkan mereka semua untuk istirahat yang cukup agar tidak merasa lelah di hari ujian. Sebelum tidur, Jihan berdoa agar semua usaha mereka terbayar.Ketika Jihan berbaring di tempat tidurnya, dia merenungkan semua yang telah mereka lalui. Dia merasa bersyukur memiliki teman-teman yang selalu ada di sisinya, terutama saat-saat sulit seperti ini.
~~~Kesiapan Keesokan Harinya
Keesokan harinya, alarm berbunyi lebih awal dari biasanya. Jihan terbangun dengan perasaan campur aduk. Dia berusaha menenangkan dirinya dan bersiap-siap untuk ujian. Dia mengenakan pakaian favoritnya dan mengingat semua yang telah mereka pelajari.Di sekolah, suasana ramai karena siswa lain juga merasakan ketegangan yang sama. Jihan mencari teman-temannya di kantin. Dia melihat Mitha dan Nadia berbincang, tampak lebih santai daripada sebelumnya. “Hai, teman-teman! Bagaimana perasaan kalian?” tanya Jihan.
Nadia menjawab, “Aku merasa lebih baik sekarang. Setelah bermain kemarin, aku tidak terlalu tegang lagi.”
Mitha tersenyum, “Aku juga merasa lebih percaya diri. Terima kasih untuk semangatnya!”
~~~Saat Ujian Dimulai
Ketika bel berbunyi, mereka semua bersiap menuju kelas untuk ujian. Jihan merasa jantungnya berdebar. Namun, saat melihat wajah teman-temannya, dia merasa tenang. Mereka duduk berdampingan, saling memberikan dukungan sebelum ujian dimulai.Setelah menerima kertas ujian, Jihan menghela napas dalam-dalam dan mengingat semua yang telah mereka pelajari bersama. Saat mulai mengerjakan soal, dia merasa tenang dan fokus. Dia berusaha menjawab dengan baik, tetapi pikirannya terus melayang pada bagaimana hasilnya akan mempengaruhi mereka semua.
Epilog Episode 14
Episode ini berakhir dengan Jihan dan teman-teman sedang berkonsentrasi mengerjakan ujian. Momen malam sebelum ujian menjadi titik penting bagi mereka, di mana mereka tidak hanya belajar materi, tetapi juga saling mendukung dan membangun kepercayaan diri satu sama lain. Mereka menyadari bahwa ujian bukan hanya tentang nilai, tetapi juga tentang perjalanan dan pengalaman yang mereka lalui bersama. Apakah mereka akan berhasil melewati ujian ini dan melanjutkan persahabatan mereka?Misteri dan harapan terjawab di episode berikutnya, di mana mereka akan menghadapi tantangan baru setelah hasil ujian diumumkan.
KAMU SEDANG MEMBACA
wihhh mantap kali ya
Подростковая литература"Wih, Mantap Kali!" adalah novel yang bercerita tentang sekelompok remaja yang memiliki persahabatan erat dan penuh warna. Terdiri dari Rahul, Irvan, Afix, Hikmal, Jihan, Mitha, Nadia, dan Ila, grup ini dikenal karena kekompakan mereka dan rasa humo...