Aku baru saja mempekerjakan pembantu di rumahku. Aku tawari dia untuk tinggal dirumahku atau kerja pulang hari. Dia gelisah dan akhirnya memilih tinggal di rumahku, tapi aku mengatakan kalau ini hanya untuk 1 orang saja dan dia setuju.
Dia bilang dia sebatang kara dan tidak punya rumah, suami dan anaknya telah meninggal. Aku mengangguk namun masih ragu hingga akhirnya dia menunjukkan akte kematian suaminya. Aku percaya.
Setelah beberapa bulan bekerja, dia tiba-tiba meminta tambahan gaji.
"Untuk apa ? Gajimu sudah cukup, apalagi kau tinggal di rumah kami." kataku.
"Aku mengerti nyonya, tapi aku memiliki banyak keperluan yang tidak cukup dipenuhi dengan gajiku." ujarnya.
Akhirnya, karena aku rasa dia bekerja dengan memuaskan, maka aku memberinya tambahan.
Namun, itulah awal masalahnya. Setelah itu, pembantuku sering kali keluar, terkadang ia juga berbelanja lama sekali. Aku mulai curiga.
Suatu hari aku melihatnya keluar dari sebuah rumah kontrakan. Seorang wanita yang lebih tua darinya melambaikan tangan saat pembantuku meninggalkan rumah itu. Tapi aku pikir, saat itu mungkin dia memang sedang ada urusan.
Sayangnya, dugaanku meleset. Pembantuku malah terlalu sering kulihat keluar dari rumah itu. Aku benar-benar penasaran, dan akhirnya menangkap basah pembantuku.
Dia panik dan mencoba menjelaskan. Tapi aku tidak peduli. Aku membayarnya lebih, agar dia bekerja dengan baik, bukannya sering keluar dan melalaikan tugasnya.
Sesungguhnya, apakah yang terjadi ? Siapakah yang tinggal dirumah itu ?
Inspired by : Sherlock Holmes : Adventure of Yellow face.
Pencinta Holmes pasti tau ni, yokk vote & comment :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Riddle & Detective Case [End]
Misteri / Thrillerkumpulan Riddle dan detective case baru Let's solve it like a detective !!! *Thank you for all of my readers and memories with this. Love, Opang Intan.